tips skincare cegah kanker kulit

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi di seluruh dunia, dan pencegahan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah kanker kulit adalah dengan merawat kulit secara tepat dan teratur. Kamu juga bisa ikuti tips skincare untuk mencegah kanker kulit dan menggunakan skincare dengan kandungan yang tepat. Berikut ulasan lengkapnya.

5 Cara cegah kanker kulit

Berikut cara cegah kanker kulit yang bisa kamu terapkan.

1. Diet sehat

Kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan berasal dari dalam, dan itu dimulai dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran serta antioksidan tinggi tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga untuk seluruh tubuh.

Hindari makanan olahan dan pastikan sayuran berdaun hijau tua seperti brokoli, bayam dan kangkung, serta buah jeruk seperti jeruk dan grapefruit. Makanan ini mengandung nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit hingga 50 persen dan membuat kulit lebih sehat.

2. Suplemen dengan vitamin B3 (nicotinamide)

Vitamin B3, atau nicotinamide, baik untuk kulit dan sebenarnya bisa membantu mencegah kanker kulit. Sebuah studi menemukan bahwa pasien yang sebelumnya telah didiagnosis dengan kanker kulit sel basal dan sel skuamosa mengalami peningkatan perbaikan DNA dan penurunan risiko kanker kulit di masa depan dengan mengonsumsi 500 miligram vitamin B3 dua kali sehari. 

3. Pilih perawatan kulit dengan enzim perbaikan DNA.

Paparan sinar matahari, polusi, dan proses penuaan alami merusak DNA kulit kita setiap hari, dan kerusakan ini pada akhirnya dapat menyebabkan kanker pra-kulit atau kanker kulit.

Untungnya, tubuh memiliki mekanisme perbaikan alami. Saat kulit terkena sengatan matahari ringan, tubuh bekerja untuk menyembuhkan dirinya sendiri secara alami dengan enzim perbaikan DNA. 

Kamu bisa meningkatkan proses perbaikan alami pada tubuh tersebut dengan melakukan perawatan kulit topikal yang mengandung enzim perbaikan DNA yang berasal dari bahan alami, seperti alga dan plankton. Menggunakan produk ini dapat membantu memulihkan kerusakan pada kulit.

4. Gunakan tabir surya

Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang dapat timbulkan masalah pada kulit hingga sebabkan kanker kulit. 

Manfaat Titanium Dioxide Dalam Sunscreen Dan Produk Kecantikan

5. Perbaiki kerusakan kulit dengan perawatan laser

Perawatan laser resurfacing erbium dan karbon dioksida (CO2) fraksional mencapai lapisan kulit yang lebih dalam untuk memperbaiki kerusakan kulit dan mengangkat sel pra-kanker. Bekas luka, bintik-bintik coklat, warna kulit tidak merata, kerutan dan garis-garis halus dapat diperbaiki karena sel-sel yang rusak dihilangkan dan digantikan oleh sel-sel sehat dan produksi kolagen distimulasi. 

Perawatan ini tidak hanya dapat memperbaiki penampilan kulit, tetapi juga dapat membantu mencegah kanker kulit. Laser bervariasi dalam intensitasnya, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Bahan skincare yang bagus untuk cegah kanker kulit

Tips skincare untuk mencegah kanker kulit selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandungan yang ada pada produk skincare yang kamu gunakan. Kamu bisa gunakan skincare dengan kandungan retinol atau niacinamide. 

Penggunaan produk retinol seperti Retin-A untuk mencegah kanker kulit. Ini karena retinol dapat meningkatkan pembentukan sel kulit baru, mencegah kanker kulit. Namun retinol dapat membuat kulit jauh lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. 

Selain retinol, kamu juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide. 

Niacinamide (suatu bentuk vitamin B-3) telah terbukti menurunkan risiko kanker kulit tertentu pada beberapa individu yang berisiko tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, niacinamide dapat mengurangi peradangan, membangun protein di kulit dan meningkatkan kadar air kulit. 

11 Manfaat Niacinamide Untuk Wajah Glowing Bebas Jerawat

Ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, termasuk sinar matahari.

Pengaruh sunscreen untuk cegah kanker kulit

jenis sunscreen

Penelitian cukup jelas bahwa tabir surya dapat membantu mengurangi risiko setidaknya satu jenis karsinoma (kanker sel skuamosa) hingga 40 persen. Selain itu, penggunaan sunscreen secara teratur juga membawa manfaat lain, seperti mencegah penuaan kulit dini, seperti keriput, kulit kendur, dan bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

Tabir surya atau sunscreen sangat mungkin membantu mengurangi risiko kanker sehingga penggunaanya menjadi penting terutama untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Itulah beberapa tips skincare untuk mencegah kanker kulit yang bisa kamu coba. Selain penggunaan skincare, kamu juga perlu menjala gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk mengurangi risiko kanker kulit. 

—-

Penulis: Intan dwiyanti

Share artikel ini
Reference