manfaat kulit jeruk bagi kesehatan

Jeruk menjadi buah yang sangat populer dan menjadi favorit banyak orang. Rasa buahnya cenderung asam manis dan punya berbagai jenis di seluruh belahan dunia. Ternyata buah jeruk tidak hanya bermanfaat dari daging buahnya saja, lho.

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan adalah meningkatkan berbagai kondisi tubuh baik itu organ vital hingga kesehatan tubuh lainya. Penasaran dengan manfaatnya? Yuk coba simak disini~

Apakah kulit jeruk bisa dimakan?

Jeruk merupakan buah yang sangat segar dan mempunyai nutrisi yang sangat tinggi untuk kesehatan. Jeruk umumnya mudah didapat dan memiliki ragam yang variatif.

Tidak hanya daging buahnya, kulit jeruk diketahui punya manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah sakit dan bahkan bisa membantu melawan penyakit berat.

Ketahui apa saja kandungan kulit jeruk dalam daftar berikut ini. Dalam 100 gram kulit jeruk mengandung:

  • 72,5 g air
  • 97 kilokalori (kkal) energi
  • 30 mikrogram (µg) folat
  • 21 miligram (mg) fosfor
  • 10,6 g fiber
  • 161 mg kalsium
  • 25 g karbohidrat
  • 0,2 g lemak
  • 22 mg magnesium
  • 1,5 g protein
  • 212 mg potassium
  • 3 mg sodium
  • 21 µg vitamin a
  • 136 mg vitamin c
  • 0,12 mg vitamin b1
  • 0, 09 mg vitamin b2
  • 0,9 mg vitamin b3
  • 0,176 mg vitamin b6
  • 0,8 mg zat besi
  • 0,25 mg zinc

Dengan ragam nutrisi yang terkandung dalam kulit jeruk, tidak heran jika kulit jeruk mempunyai tinggi manfaat untuk kesehatan dan tentunya dapat dimakan baik itu secara langsung atau dengan olahan kulit jeruk tertentu.

Baca juga: Berapa Kalori Jeruk? Cek Faktanya Di Sini! 

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan adalah pembuktian bahwa kamu tidak perlu membuang sisa-sisa kulit jeruk karena pada dasarnya, kulit jeruk dapat bermanfaat sebagai pengobatan alami dan aman beberapa kondisi berikut ini:

1. Membantu mencegah kanker

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan yang pertama adalah mampu mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit yang menakutkan dan penyakit ini bisa disebabkan karena paparan radikal bebas.

Kulit jeruk yang mengandung berbagai nutrisi mampu mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa atau yang dapat dikenal sebagai jenis kanker kulit berat. Kandungan dalam kulit jeruk efektif mencegah aktivitas kanker dan penyebarannya.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

ciri-ciri penyakit jantung pada wanita
ciri-ciri penyakit jantung pada wanita

Kulit jeruk mengandung senyawa alami bernama bioflavonoid. Biasanya kandungan ini terdapat dalam buah sitrus. Senyawa ini dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Bahan aktif dalam kulit jeruk bahkan bisa meningkatkan kesehatan jantung yang disebabkan karena kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Penyakit Kardiovaskular adalah Gangguan Pada Jantung, Ini Faktanya!

3. Perawatan diabetes

Kulit jeruk mempunyai zat tinggi serat dengan nama pektin. Jenis kandungan ini dapat membantu mengatur gula darah sehingga baik untuk mencegah nefropati diabetic yang merupakan suatu penyakit ginjal karena diabetes.

Kulit jeruk bisa menjadi pengobatan alami untuk penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula yang tinggi.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat kulit jeruk selanjutnya juga bisa untuk menurunkan berat badan, lho. Perpaduan kalori rendah dan kaya serat bisa kamu temukan pada kulit jeruk yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.

Kulit jeruk juga bisa membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat.

5. Mencegah alergi

Reaksi alergi biasanya dipicu oleh bahan kimia histamin. Histamin dapat dilepas dengan memanfaatkan kulit jeruk sehingga bahan ini dapat digunakan sebagai anti alergi alami. 

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

penyakit pencernaan yang perlu diwaspadai

Gangguan pencernaan dapat menerang siapa saja dan kulit jeruk diketahui dapat mengatasi gangguan ini sejak zaman dulu. Kulit jeruk mempunyai sifat anti inflamasi yang fungsinya adalah mencegah diare dan mulas.

Serat dalam kulit jeruk juga menjadi alasan mengapa bahan ini aman untuk pencernaan kamu.

7. Menjaga kesehatan mata

Kandungan dalam kulit jeruk seperti decanal, citral, limonene dan bahan aktif lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mata. Sifatnya mempunyai anti inflamasi sehingga sangat mudah meningkatkan kinerja mata dan menangkal infeksi pada mata.

8. Kesehatan mulut dan gigi

Kesehatan gigi dan mulut semakin meningkatkan degan senyawa limonene dan vitamin c dalam kulit jeruk. Kulit jeruk juga diketahui dapat membantu memutihkan gigi dan membuat nafas tetap segar. 

9. Melawan peradangan

Sebagai anti inflamasi alami, kulit jeruk banyak dimanfaatkan untuk melawan radang. Fungsinya sama dengan indometasin yang digunakan sebagai anti inflamasi alami.

Sifat ini sangat baik untuk mencegah radang dan melawan berbagai penyakit karena virus dan bakteri.

Baca juga: 7 Makanan Antiinflamasi yang Bisa Kamu Konsumsi! 

10. Memelihara kesehatan kulit

Siapa yang tidak suka dengan kulit yang sehat dan cerah alami? Kandungan berbagai vitamin dalam jeruk dapat mencerahkan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti sel kulit mati, pori-pori besar, komedo, noda hitam, dan jerawat.

11. Scrub wajah dan badan

Bekas jerawat dan kulit gelap bisa dicerahkan dengan kulit jeruk. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai scrub alami wajah dan badan dengan cara mengoleskan dengan lembut kulit jeruk yang dicampur dengan minyak zaitun, dan madu.

Pijat dengan lembut dan bersihkan area scrub dengan air bersih.

12. Mencegah pigmentasi

Hiperpigmentasi Kulit
Hiperpigmentasi Kulit

Asam sitrat dalam kulit jeruk dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan meremajakan kulit. Pengelupasan kulit terluar karena paparan sinar matahari juga dapat diatasi dengan mengurangi kerutan, garis halus, dan bintik coklat sehingga wajah tampak jauh lebih bersih dan awet muda.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Buat Wajah Lebih Bersinar!

Beberapa olahan kulit jeruk untuk kesehatan

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan bisa didapat dengan mengonsumsi kulit jeruk secara rutin. Namun ada banyak orang yang bingung bagaimana pengolahan kulit jeruk sehingga bisa dikonsumsi menjadi makanan yang enak dan variatif?

  • Dikeringkan. Kulit jeruk dapat dikeringkan dan dikonsumsi secara langsung. Memang agak pahit namun kamu bisa membuat kulit jeruk kering dan disimpan dalam waktu yang lama tanpa khawatir membusuk.
  • Selai. Buat selai dari jeruk dan kulit jeruk. Masak kulit jeruk yang ditambahkan gula dan bahan lain sesuai selera agar terbentuk selai atau pasta kulit jeruk.
  • Campuran smoothies. Menggunakan kulit jeruk sebagai campuran smoothies membuat rasanya jauh lebih enak. Bersihkan dan parut kulit jeruk kemudian bubuhkan pada smoothie buah yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Permen. Membuat permen menjadi kulit jeruk bisa menjadi ide yang menarik. Rebus kulit jeruk bersama gula dalam waktu 10-60 menit. Saring airnya, biarkan memadat dan potong kecil-kecil seukuran permen.

Selain untuk makanan olahan, kulit jeruk juga bermanfaat sebagai pengharum ruangan dan pembersih kayu dan stainless steel untuk kebersihan perabot di rumah. Begitu banyak manfaat kulit jeruk bukan? Jangan buang dan manfaatkan kembali kulit jeruk di rumah kamu!

Share artikel ini
Reference