kebebasan finansial di usia muda

Mungkin kamu sudah sering mendengar banyak orang yang membahas tentang kebebasan finansial. Setiap orang mendefinisikan istilah ini dengan pemahaman yang berbeda-beda, tapi intinya sama yaitu terbebas dari beban finansial dan sadar akan manajemen keuangan.

Umumnya orang akan berada di tahap bebas secara finansial jika sudah memiliki pekerjaan stabil saat dewasa. Tapi anak muda zaman sekarang sudah banyak yang fokus untuk meraih kebebasan itu agar bisa tercapai secepat mungkin.

Apa itu kebebasan finansial?

Kebebasan finansial adalah memiliki pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya hidup. Bukan selalu tentang kamu harus menjadi kaya dan punya banyak uang, tapi kamu harus punya cukup uang untuk menutupi kebutuhan pokok.

Idealnya, ketika sudah bebas secara finansial maka kamu akan punya waktu luang untuk melakukan kegiatan yang disukai. Tidak mencurahkan seluruh waktu dan tenaga untuk mendapatkan uang menjadi salah satu pengertian dari kebebasan finansial.

Yuk, Kenalan dengan Gaya Hidup Frugal Biar Belajar Hidup Hemat!

Tingkatan kebebasan finansial

gaya hidup frugal

Kebebasan finansial tentu tidak bisa dicapai dengan mudah begitu saja, perlu kemampuan dan pengetahuan tentang manajemen keuangan. Ada tujuh tingkatan kebebasan finansial menurut Grant Sabatier, penulis buku “Financial Freedom”, yaitu:

Kejelasan

Langkah pertama adalah mengetahui situasi, berapa banyak uang yang kamu miliki, berapa banyak utang, dan apa tujuan kamu dalam hal keuangan.

Kemandirian

Selanjutnya, kamu harus memiliki penghasilan yang cukup untuk menutupi kebutuhan sendiri tanpa bantuan dari orangtua. Pada tingkat ini, Sabatier mencatat, kamu mungkin hidup dari gaji ke gaji atau mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Hustle Culture: Gejala, Penyebab, dan Dampak Buruknya

Kelonggaran finansial

Orang-orang yang ada di tahap ini masih memiliki sisa uang setelah memenuhi kebutuhan dasarnya. Sisa uang ini bisa digunakan untuk menabung atau berinvestasi.

Stabilitas

Tingkat keempat ini berarti bahwa kamu sudah terbebas dari hutang dan punya dana darurat untuk hidup selama minimal enam bulan tanpa gajian. 

Fleksibilitas

Fleksibilitas disini berarti bahwa kamu bisa terbebas dari bekerja untuk sementara. Pada tahapan ini, kamu harus punya dana darurat yang cukup untuk hidup selama dua tahun dan tidak harus selalu dalam bentuk uang tunai.

Kemandirian finansial

Tahapan ini berarti bahwa kamu sudah bisa hidup dari pendapatan hasil investasi. Bisa berupa sewa properti atau portofolio investasi dengan bunga.

Kekayaan

Tahapan terakhir ini menjadi impian semua orang, dimana kamu tidak perlu khawatir lagi tentang uang karena jumlah yang dimiliki sudah lebih dari cukup. Dana darurat, tabungan, hasil investasi, semuanya tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Kebebasan finansial di usia muda

Keuntungan hidup frugal

Mencapai kebebasan finansial di usia mudah bukan menjadi hal yang mustahil. Kamu bisa melakukannya secara bertahap hingga mencapai tingkat yang lebih baik dari waktu ke waktu. Berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk mencapainya:

1. Buat tujuan hidup

Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuat tujuan hidup secara spesifik. Sebagai gambaran, kamu bisa menuliskan tiga tujuan seperti:

  • Apa yang dibutuhkan untuk memenuhi gaya hidupmu
  • Berapa banyak yang harus kamu miliki di rekening bank untuk mewujudkannya
  • Usia berapa batas waktu untuk menabung dalam jumlah tersebut

 

2. Buatlah anggaran bulanan

Membuat anggaran bulanan dan mematuhinya adalah cara terbaik untuk menjamin bahwa semua tagihan telah dibayar dan tabungan tetap pada jalurnya. Ini juga merupakan rutinitas rutin yang bisa menjauhkan kamu dari menghabiskan uang secara royal.

3. Atur tabungan otomatis

Agar tidak lupa atau tidak tergoda dengan hal lain, kamu bisa mengatur auto-saving di rekening untuk memastikan jumlah uang tabungan kamu sesuai dengan tujuan utama yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Bayar tagihan kartu kredit jangan dicicil

Program cicilan yang ditawarkan kartu kredit memang menggoda, tapi kalau kami bisa dan punya dana lebih, lebih baik bayar tagihan secara langsung, saat itu juga! Kartu kredit dan pinjaman konsumen berbunga tinggi lainnya beracun bagi pembangunan kekayaan. Pastikan untuk melunasi saldo penuh setiap bulan, ya.

5. Mulai berinvestasi sekarang

Ada banyak platform investasi mudah yang bisa kamu andalkan saat ini. Jika masih belum terlalu paham, sebaiknya cari penasihat keuangan atau belajar dari orang-orang yang berpengalaman dalam investasi. Ingat, investasi itu penting!

6. Jaga skor kredit kamu tetap baik

Skor kredit  adalah angka yang sangat penting yang menentukan tingkat bunga yang tawarkan saat membeli mobil baru atau membiayai kembali rumah. Hal ini juga berpengaruh saat kamu ingin mengajukan KPR.

7. Tetap up to date dengan berita keuangan

Ikuti terus berita keuangan dan perkembangan di pasar saham dan jangan ragu untuk menyesuaikan portofolio investasi. Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik mencegah kamu tertipu investasi bodong.

8. Merawat properti

Merawat properti dengan baik membuat segala sesuatu mulai dari mobil dan mesin pemotong rumput hingga sepatu dan pakaian bertahan lebih lama. Biaya pemeliharaan adalah sebagian kecil dari biaya penggantian, jadi ini merupakan investasi yang tidak boleh dilewatkan.

9. Menawar? Mengapa tidak

Di Indonesia wajar jika kamu menawar atau meminta diskon. Nah, lakukan ini juga saat membeli barang yang lumayan mahal. Ada baiknya juga kamu memantau pusat perbelanjaan dan membeli barang yang kamu inginkan saat diskon.

10. Hidup di bawah kemampuan

Faktanya, sebelum menjadi kaya, banyak orang kaya yang mengembangkan kebiasaan hidup di bawah kemampuan mereka. Kamu harus pandai memilih kebutuhan dan keinginan untuk menjaga keuangan tetap pada jalurnya.

11. Jaga kesehatan

Sering terlupakan, kesehatan sebenarnya salah satu investasi termahal. Sering dijumpai, kasus seseorang yang sudah menabung banyak tapi hilang dalam sekejap karena membiayai penyakitnya. Kamu juga perlu memilih investasi dalam bentuk asuransi kesehatan, untuk menjaga biaya financial freedom tetap terjaga.

Kebebasan finansial menjadi proses seumur hidup sehingga kamu harus benar-benar mengaturnya sesuai kemampuan. Pastikan kamu menjalani setiap proses dengan disiplin untuk mencapai tujuan utama. 

 

____________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference