artis korea yang beragama islam

Dunia hiburan K-pop memang selalu menarik perhatian dan berhasil memikat hati masyarakat dunia. Tidak hanya soal musik dan drakor, kehidupan pribadi para selebriti pun banyak menjadi perbincangan. Salah satunya soal agama, banyak Kpopers Indonesia yang penasaran, apakah ada artis Korea yang beragama islam?

Para artis Korea lebih memilih untuk tidak mempublikasikan agama mereka, karena hal yang sangat pribadi. Meskipun tidak banyak, tapi ternyata ada beberapa selebriti Korea yang beragama Islam, loh!

Artis korea yang beragama Islam

Para K-popers memang senang mengulik kehidupan pribadi idolanya. Hal ini membuat mereka merasa lebih dekat dan mengenali idolanya dengan baik. Bahkan mereka berhasil menyelidiki agama beberapa idolanya, meskipun baru asumsi semata.

Beberapa selebriti Korea yang dianggap beragama islam, tidak melakukan konfirmasi langsung mengenai asumsi ini. Namun, ada juga dari mereka yang terang-terangan menunjukan bahwa mereka telah memeluk agama Islam.

1. Choi Jin Hyuk

Aktor yang membintangi drama “The Heirs” bersama Lee Min Ho ini dianggap sebagai pemeluk Islam. Anggapan ini bermula saat Choi Jin Hyuk mengatakan dirinya sudah berhenti minum alkohol. Meski begitu, tidak ada pernyataan resmi dari management maupun secara pribadi mengenai rumor ini.

2. Ayana Jihye Moon

Selebgram dan bintang iklan asal Korea Selatan yang akrab disapa Ayana Moon ini sangat terkenal di Indonesia. Ayana terkenal setelah memutuskan untuk masuk Islam dan berhijab. Penampilannya yang baru cukup menggemparkan masyarakat, terutama para penggemar K-Pop di Indonesia.

Ayana mendapat banyak tawaran iklan di Indonesia, kamu pun pasti sudah tidak asing lagi dengan wajahnya. Tidak hanya itu, Ayana juga memutuskan pindah ke Negeri Jiran untuk memperdalam agama Islam. Kabarnya, adik laki-laki Ayana belum lama ini juga ikut memeluk Islam.

3. Lee Ki Woo

Aktor senior Lee Ki Woo yang membintangi drama “18 again” ini dianggap memeluk agama Islam. Dalam sebuah wawancara, Lee Ki Woo mengaku sudah berhenti minum alkohol. Hal inilah yang membuat para penggemar berspekulasi bahwa ia memeluk agama Islam. Tidak ada konfirmasi resmi dari pihak terkait mengenai informasi ini.

4. Han Ga In

Han Ga In adalah aktris senior asal negeri ginseng, yang membintangi drama “The Moon Embracing the Sun”. Kabarnya Han Ga In memeluk agama Islam dan menjalankan ibadah puasa. Namun beberapa sumber juga mengatakan bahwa ia berpuasa karena menjalani program diet, bukan sebagai seorang muslim.

5. Jung Il Woo

Aktor muda berparas tampan ini juga dikabarkan telah memeluk agama Islam. Rumor tersebut diperkuat dengan perannya sebagai seorang muslim pada film “Flower Boy Ramen Shop”. Namun tidak ada konfirmasi mengenai kabar ini dari pihak-pihak yang berkaitan.

Islam di Korea

Korea Selatan adalah negara yang penduduknya mayoritas tidak beragama atau ateis. Negara ini menduduki posisi ke-5 dengan populasi atheis terbanyak di dunia. Pemerintah setempat juga tidak mewajibkan masyarakatnya untuk memiliki agama.

Meski begitu, masih banyak juga masyarakat yang memeluk agama termasuk Islam. Menurut Korean Muslim Federation (KMF), populasi umat muslim di Korea berjumlah 200.000 jiwa atau hanya sekitar 0.38% dari total penduduk Korea. Mayoritas dari mereka adalah pekerja dan mahasiswa yang berasal dari negara muslim seperti Uzbekistan, Turki, dan Indonesia.

Agama Islam sempat dilarang di Korea selama beberapa abad, terutama pada masa kekuasaan Dinasti Joseon (1939-1910). Namun kerjasama pemerintah Korsel dengan negara Timur Tengah telah mematahkan larangan tersebut.

Salah satu bukti kerjasamanya yaitu pembangunan Masjid Pusat Korea (1976) di Seoul, dengan dana sumbangan dari Arab Saudi dan Malaysia. Hingga kini, masjid tersebut menjadi tempat yang paling ramai untuk merayakan Ramadan bagi umat muslim Korea Selatan.

Puasa umat islam di Korea

Korea Selatan memiliki waktu puasa yang lebih lama daripada Indonesia. Berdasarkan letak geografisnya, umat muslim Korsel harus berpuasa selama 15 jam atau lebih lama 2 jam daripada Indonesia. Berikut adalah beberapa fakta bulan Ramadan di Korea Selatan yang perlu kamu ketahui:

Puasa 17 jam saat musim panas

Jika bulan Ramadan bertepatan dengan musim panas, umat muslim Korsel harus berpuasa lebih lama hingga 17 jam. Hal ini karena matahari tenggelam lebih lama, suhu musim panas bisa mencapai 25-38 derajat celcius.

Masjid ramai dari subuh hingga malam

Masjid di Korea Selatan masih terhitung sedikit, sehingga kamu akan merasakan keramaian saat Ramadan karena lebih banyak orang yang beribadah. Salah satu masjid yang paling ramai berada di Masjid Sentral Seoul, jama’ah akan lebih membludak ketika waktu tarawih tiba.

Tradisi sayembara MTQ

Korean Muslim Federation (KMF) rutin mengadakan sayembara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Masjid Sentral Seoul. Biasanya acara rutin dilakukan, seperti setiap hari Jumat pada bulan Ramadan. Kegiatan ini tentu akan mempererat persaudaraan umat muslim di Korea.

Waktu berkumpul umat muslim Korea

Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi umat muslim di Korea Selatan untuk berkumpul. Entah itu untuk acara buka puasa, tarawih berjamaah, maupun mengkaji agama bersama-sama. Acara seperti ini banyak dilakukan oleh umat muslim Korea di berbagai kota.

Berpuasa di negeri gingseng memiliki tantangan tersendiri. Selain waktu puasa yang lebih lama, umat muslim juga menjalankannya di tengah lingkungan mayoritas non muslim. Meski begitu, ibadah Ramadan masih tetap bisa berjalan dengan lancar.

Share artikel ini
Reference