kalori kacang rebus

Apakah kamu salah satu penggemar kacang rebus? Makanan yang satu ini memang gurih dan cocok banget jadi camilan untuk segala situasi. Tapi, kira-kira berapa ya kalori kacang rebus? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan berikut.

Kalori kacang rebus

penyebab alergi kacang

Mengetahui kalori makanan yang kita konsumsi sangat penting supaya kita bisa mengatur asupan jumlah kalori per harinya. Bagi kamu yang suka kacang rebus, kamu juga perlu tahu nih kalori kacang rebus ini.

Menurut Database Gizi Nasional Departemen Pertanian AS dalam setiap satu cangkir kacang rebus yang telah dikupas memiliki 572 kalori. Sedangkan untuk satu cangkir kacang rebus dengan kulitnya hanya mengandung 200 kalori.

Setiap cangkir kacang dalam cangkangnya mengandung hampir 14 gram lemak, untuk 125 kalori. Kacang ini juga memiliki lebih dari 13 g karbohidrat untuk setiap 54 kalori, dan 8,5 gram protein untuk setiap 36 kalori. 

Selain Enak, Rupanya Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Juga Banyak

Manfaat makan kacang rebus

Bukan hanya enak, kacang rebus juga memiliki sejumlah manfaat. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi kacang rebus.

1. Baik untuk gigi, tulang dan otot

Kacang rebus memiliki kandungan magnesium fosfor yang tinggi. Kedua kandungan ini baik untuk menjaga tulang dan gigi. Jadi, kamu bisa nih menjadikan kacang rebus sebagai makanan sehat yang baik untuk menjaga kekuatan otot tulang serta gigi kamu. 

manfaat vitamin D3

2. Kaya akan vitamin 

Kacang rebus juga memiliki kandungan vitamin yang berlimpah. Bahkan, makanan ini mengandung vitamin E yang dapat mencegah alzheimer. Selain itu, kacang rebus juga mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk otot dan organ tubuh.

3. Mengurangi Berat Badan

Jika kamu ingin mengurangi berat badan, kamu bisa konsumsi kacang rebus sebagai salah satu menu diet sehat.

Pasalnya, kacang rebus cukup rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi ketika diet. Ini juga bisa menjadi salah satu camilan diet yang baik.

Body Goals Atau Terlalu Kurus? Ini Berat Badan Member Blackpink

4. Menambah energi

Selain mengandung kalori, kacang rebus juga memiliki kandungan protein dan gula alami yang dapat membantu menambah energi tubuh. Jadi, kamu tidak merasa lemas selama beraktivitas seharian. 

Selain itu, makanan ini juga cocok dikonsumsi ketika kamu lapar karena dapat membuat perut kenyang lebih lama. 

5. Baik untuk pertumbuhan rambut

Bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata mengkonsumsi kacang rebus juga baik untuk rambut. Pasalnya, makanan yang satu ini diketahui dapat membantu pertumbuhan rambut karena mengandung asam amino dan protein.

6. Baik untuk ibu hamil

Manfaat kacang rebus selanjutnya juga baik untuk ibu hamil. Pasalnya, kacang rebus diketahui memiliki kandungan folat yang penting selama kehamilan. Mencukupi kebutuhan folat selama masa hamil dapat mencegah cacat tabung saraf pada buah hati. 

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Berikut Jawabannya!

Apakah merebus kacang menghilangkan nutrisinya

Setelah mengetahui kalori kacang rebus, kamu juga perlu tahu nih apakah merebus kacang bisa menghilangkan nutrisinya?

Makanan yang diolah dengan cara direbus memang dapat menyebabkan beberapa kandungan nutrisi berkurang. Misalnya vitamin C. Kandungan vitamin C pada makanan dapat berkurang jika diolah dengan cara direbus.

Pasalnya, kandungan ini akan hilang saat dimasak dengan menggunakan air. Namun jika dibandingkan dengan cara digoreng memasak kacang dengan cara merebusnya menjadi pilihan yang lebih tepat.

Pasalnya, mengolah kacang tanah dengan cara direbus dapat membuat kandungan antioksidannya lebih tinggi. Bahkan, kacang rebus dikatakan memiliki hampir empat kali jumlah antioksidan yang ditemukan pada jenis kacang lainnya. 

Nutrisi yang dimiliki kacang tanah ini dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan seperti: pencegahan kanker, pengurangan peradangan, dan pencegahan terhadap penyakit kardiovaskular.

Selain itu, mengolah kacang dengan cara direbus juga disebutkan menjadi cara pengolahan kacang yang lebih baik dari pada dipanggang karena kandungan antioksidannya yang lebih tinggi. 

Bukan hanya itu, kacang rebus juga membuat kamu lebih kenyang dan menjadi salah satu pilihan camilan sehat yang dapat membantumu mengatasi lapar, terutama ketika sedang diet.

Itulah ulasan mengenai kalori kacang rebus hingga manfaatnya untuk tubuh. Bahkan, kacang rebus bisa menjadi pilihan camilan yang menyehatkan, nih. Jadi, kamu bisa mengkonsumsinya saat lapar. Tapi ingat, ya, tetap tidak boleh berlebihan!

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference