Lumpia basah memiliki rasa dan isi yang sama dengan lumpia goreng. Bumbu pelengkap seperti sambal dan daun bawang juga cocok untuk kedua jenis lumpia ini. Lumpia basah lebih empuk, dan penggunaan minyaknya juga lebih sedikit.

Hal inilah mengapa lumpia basah lebih banyak dipilih oleh sebagian orang. Kalori lumpia basah juga cenderung sedikit, sehingga bagi orang penderita obesitas maupun kolesterol tinggi tetap bisa mengonsumsinya. Asalkan, dalam batas yang masih wajar.

Lumpia basah bisa menjadi pilihan cemilan yang tepat untuk kedua kondisi tersebut agar asupan minyak dapat terkontrol. Yuk, simak nutrisi lumpia basah dan resep membuatnya berikut ini!

Kalori lumpia basah

Dengan memilih lumpia basah dibandingkan dengan lumpia goreng maka asupan minyaknya berkurang sehingga tidak memperparah kondisi tubuh saat sedang diet penurunan berat badan atau sedang diet rendah kolesterol. Berikut adalah jumlah kalori yang ada pada lumpia basah:

1 porsi lumpia basah

Terdapat 80 kalori dalam Lumpia (1). Rincian kalori: 36% lemak, 45% karbohidrat, 19% protein.

100 gram lumpia basah

Terdapat 126 kalori dalam Lumpia Basah (100 gram).
Rincian kalori: 36% lemak, 45% karbohidrat, 19% protein.

Segini Kalori Bengkoang dengan Manfaat Untuk Kesehatan!

Gizi pada lumpia basah

4 Pilar Gizi Seimbang

Jajanan khas Bandung ini mengandung protein, serat, vitamin, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Protein dalam lumpia basah berasal dari tauge dan telur. Protein merupakan bahan dasar dalam sel dan jaringan tubuh.

Dibutuhkan untuk hampir semua proses tubuh, mulai dari pembentukan dan pemeliharaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otot, dan sebagainya.

Protein adalah senyawa paling melimpah kedua di tubuh setelah air dengan proporsi yang signifikan terdapat di kulit dan darah.

Menurut perhitungan kalori 1 lumpia basah dalam kelompok produk rendah kalori tidak membuat berat badan bertambah. Asalkan, kamu tidak makan terlalu banyak agar tidak membuat gemuk.

Kamu dapat mengkonsumsi 1 produk lumpia basah dalam jumlah yang cukup di siang hari. Menurut hasil tersebut, produk 80 kalori 1 lumpia basah tidak membuat berat badan kamu bertambah. Oleh sebab itu, aman kamu konsumsi meskipun kamu sedang menjalani program diet.

Resep lumpia basah

Berikut aneka resep lumpia basah yang enak, dan kamu bisa mencoba memasaknya sendiri di rumah.

Resep Tahu Bakso Lezat, Tapi Cek Dulu Jumlah Kalorinya

1. Resep Lumpia basah khas Bandung

Siapkan bahan:

1 bungkus kulit lumpia
1 bangku
1/4 kg telur ayam
2 potong gula merah
1 sdm tepung maizena
1 bawang putih besar
1 genggam tauge
secukupnya cabe rawit dan cabai merah
Garam dan bumbu penyedap
1 batang daun bawang
Tambahkan topping seperti sosis, bakso atau kwetiau

Cara membuat:

  • Potong bengkuang menjadi korek api kecil, lalu panaskan air, masukkan ke dalam panci kecil, masak dengan gula merah dan sedikit bawang putih sampai berubah warna menjadi coklat dan airnya surut.
  • Buat gula kental dengan cara tuang air di panci, larutkan gula merah. Tuang maizena ke dalam panci, aduk hingga mengental.
  • Tumis cabai rawit dan cabai merah hingga layu lalu haluskan bersama bawang putih. Supaya nanti warnanya jadi merona.
  • Setelah semua isian dan bahan siap, kita mulai memasak. Cuci dulu togenya.
  • Siapkan wajan, lalu tambahkan 2 sendok makan minyak goreng. Tumis daun bawang hingga harum lalu masukkan bumbu cabai dan tumis kemudian masukkan telur dan tumis.
  • Kemudian masukkan bawang bombay, tauge dan toping (bakso) tumis kembali tambahkan sedikit air dan tumis hingga layu dan tambahkan gula pasir, garam, penyedap rasa.
  • Ambil 1 lembar kulit lumpia. Olesi dengan gula kental dan tambahkan tauge yang sudah dimasak tadi lalu tumpuk lagi dengan kulit lumpia yang sudah diolesi gula kental. Keistimewaannya dibandingkan dengan memakan lumpia basah menggunakan sumpit.

2. Resep kalori lumpia basah yang rendah

Siapkan bahan:

2 sdm minyak olive oil atau minyak kelapa
1 sdm ebi, sangrai, haluskan
2 butir telur, kocok
100 g tauge
150 g bengkoang, potong kotak kecil
2 sdt kecap
½ sdm kecap manis
¼ sdt garam ½ sdt gula
⅛ sdt lada bubuk
1 daun bawang, iris
6 lembar kulit lumpia siap pakai
Daun pisang

Haluskan bumbu:

6 bawang merah
3 siung bawang putih
Saus gula merah, masak hingga kental:
200 ml air 50 gr gula merah, sisir halus 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:

  • Panaskan minyak kelapa atau olive oill supaya kalori lumpia basah lebih rendah, tumis bumbu halus dan terasi hingga harum. sisihkan ke tepi wajan. Tuang telur kocok, orak-arik hingga matang.
  • Tambahkan bengkuang, kecap asin, kecap manis, garam, merica bubuk, gula pasir, dan daun bawang yang dimasak hingga matang.
  • Ambil kulit lumpia satu lembar, letakkan di atas daun pisang. Setelah itu, olesi permukaan kulit dengan saus gula merah. Lalu tuang tumis, lipat dan bungkus.

Nah, kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk mengurangi kalorinya.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference