macam-macam make up

Entah riasan seperti apa yang akan kamu gunakan, baik itu natural, bold, korean atau gaya make up lain, ada beberapa macam makeup yang harus kamu punya. Macam-macam make up ini akan membantu memberikan riasan yang maksimal pada setiap penampilan kamu.

Yuk, simak apa saja!

10 macam produk make up dasar

Cara membersihkan kuas makeup

Berikut beberapa macam-macam make up dasar yang perlu kamu miliki:

1. Concealer

Concealer dapat menutupi lingkar hitam di bawah mata hingga bekas jerawat pada wajah. Pilih concealer yang sesuai dengan jenis kulit dan warna kulit kamu. 

2. Foundation

Foundation atau alas bedak dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah dan mulus. Sama seperti concealer, kamu juga harus memilih foundation sesuai dengan warna kulit. Supaya lebih nyaman digunakan, kamu bisa gunakan produk yang ringan. 

3. Blush

Perona pipi atau blush juga harus kamu miliki. Ini dapat membuat kulit menjadi lebih merona dan tampak lebih segar. 

Glowing Dengan Make Up Ala Korea Untuk Kulit Perempuan Indonesia

4. Translucent setting powder

Bedak yang satu ini dapat menyempurnakan riasan sekaligus mengontrol kilau minyak pada kulit ketika menggunakan make up. Kamu bisa gunakan bedak ini pada area T Zone yang mudah berkeringat. Penggunaan translucent setting powder dapat kamu pakai setelah menggunakan foundation.

5. Maskara

Bulu mata yang cantik juga akan membuat tampilan menjadi lebih menarik. Maskara dapat mempertegas mata dan mempercantik bulu mata kamu. 

6. Eye shadow

Supaya bagian mata lebih cantik, kamu juga bisa menggunakan eye shadow. Ada banyak pilihan warna eye shadow yang dapat kamu gunakan sesuai dengan makeup kamu. 

7. Eyeliner

Eyeliner dapat memperjelas garis mata sehingga mata tampak lebih tajam dan lebih tampak menarik. Ada banyak jenis eyeliner yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan. 

8. Lipstik

Lipstik adalah salah satu make up paling wajing yang harus kamu miliki. Produk satu ini juga akan membuat bibir menjadi lebih cerah. Apalagi, kini banyak jenis lipstik dan pilihan warna yang lebih beragam. 

9. Kuas rias

Untuk lebih memudahkan kamu ketika mengaplikasikan make up, kamu juga bisa menggunakan kuas rias. Misalnya, untuk mengaplikasikan bedak setelah selesai menggunakan makeup.

10. Eyeliner Brush

Jika kamu senang menggunakan eyeliner cair atau gel, maka kamu memerlukan eyeliner brush. Ini akan sangat memudahkan kamu ketika mengaplikasikan eyeliner tersebut.

Tips merawat barang makeup

cara makeup natural

Bukan hanya sekedar membeli, kamu juga perlu tahu bagaimana cara merawat macam-macam make up yang baik. Dengan begitu, make up menjadi tidak mudah rusak dan terjaga kualitasnya. Berikut beberapa tips merawat makeup. 

1. Lipstik

Kamu bisa membersihkan pegangan atau wadah lipstik menggunakan tisu atau pembersih sehingga kemasan tidak terkontaminasi bakteri. 

2. Pensil alis dan eyeliner pensil

Jangan menggunakan peralatan makeup yang satu ini secara bergantian dengan orang lain. Pertajam pensil alis dan eyeliner sebelum digunakan. Kamu juga bisa membersihkan rautan dengan alkohol terlebih dahulu sebelum digunakan. 

3. Eye shadow, blush dan bedak padat

kamu bisa bersihkan wadah macam-macam makeup ini dengan tisu bersih atau menggunakan alkohol. 

Cara Mengetahui Undertone Kulit dengan Tepat

4. Kuas dan spons

Membersihkan kuas dan spons tergantung frekuensi penggunaannya. Bersihkan seminggu sekali jika perlengkapan makeup ini digunakan selama 2-3 kali seminggu. 

5. Krim dan gel

Untuk makeup berbentuk krim dan gel jangan gunakan tangan yang kotor. Kamu bisa gunakan kuas sebagai alat bantu atau pastikan tangan kamu benar-benar bersih. 

6. Maskara

Maskara dapat menjadi tempat bersarang bakteri. Ganti maskara selama 3 bulan sekali untuk menjaga kebersihannya. 

Apa yang harus dilakukan jika make up kedaluwarsa?

Penggunaan make up kadaluawasa sangat tidak disarankan. Pasalnya, ini dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Selain itu, penggunaan makeup kadaluawasa juga dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit, bahkan sebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya. 

Selain itu, penggunaan macam-macam make up kadaluarsa juga dapat menyebabkan warna produk berubah. Salah satunya adalah foundation. Semakin lama produk ini disimpan setelah dibuka, akan menyebabkan oksidasi yang membuat perubahan warna pada foundation. 

Saat macam-macam make up yang kamu punya ternyata telah kedaluwarsa, pastikan untuk langsung menghentikan pemakaian riasan tersebut. Ini akan menghindari risiko masalah kulit seperti yang sudah dijelaskan.

Share artikel ini
Reference