Manfaat buah nangka untuk ibu hamil

Apakah kamu pernah mendengar larangan konsumsi buah nangka pada ibu hamil? Buah nangka untuk ibu hamil dianggap dapat memicu sejumlah efek buruk. Naumn, apakah hal tersebut benar dan dapat dibuktikan?

Supaya tidak salah informasi, ada baiknya cari detail penjelasannya terlebih dulu. Nah, di artikel ini, kamu akan mendapatkan penjelasan lengkapnya. Yuk, pantengin artikel ini sampai akhir!

Kenali lebih detail tentang buah nangka

Buah nangka adalah salah satu jenis buah-buahan yang cukup mudah ditemukan. Wangi dari buah nangka yang khas dapat dikenali oleh siapa saja.

Buah ini memiliki kulit berduri kecil yang tidak terlalu tajam. Dalam buah ini pun berisi banyak getah yang lengket yang menempel pada bagian dalam buah nangka.

Dari sisi cita rasa, buah dengan warna kuning ini memiliki rasa yang sangat manis dan enak untuk dikonsumsi. Karena rasanya yang manis dan lezat, biasanya buah ini sering dicampur sebagai topping atau campuran minuman lainnya, seperti es campur, es teler, dan masih banyak lagi.

Kandungan buah nangka

pohon nangka

Buah nangka ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup melimpah. Buah Nangka mengandung Folat, Tiamin, Riboflavin, Niacin dan berbagai vitamin yang membuktikan bahwa konsumsi buah ini adalah pilihan yang tepat. Dalam 100 gram buah nangka terdapat nutrisi seperti daftar berikut ini:

  • 70g air
  • 106 kalori
  • 1,2g protein
  • 0,3g lemak
  • 27,6g karbohidrat
  • 3,7g serat
  • 20mg kalsium
  • 19mg fosfor
  • 2 mg natrium
  • 407 mg kalium
  • 246,58 mg tembaga
  • 1,4 mg seng
  • Vitamin b1, b2, c
  • 1 mg niacin
  • 0,07mg tiamin

Kandungan bermanfaat dalam buah nangka dapat mendukung kesehatan sehingga direkomendasikan untuk konsumsi buah nangka dengan porsi wajar.

Kalori buah nangka

manfaat buah nangka

Kalori yang terdapat dalam buah nangka ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan. Dalam 1 porsi buah nangka dengan berat 100-150 gram, buah nangka mempunyai kalori sekitar 100-160 kkal.

Buah ini cukup banyak digemari dan banyak jenis makanan yang dapat menjadi campuran buah nangka seperti jus, es teler, sop buah dan sebagainya.

Nutrisi buah nangka cukup kompleks sehingga dapat menjadi buah yang dikonsumsi untuk kesehatan. Apa saja yang menjadi manfaat dari buah ini?

Manfaat buah nangka untuk kesehatan

Melihat kandungan dan nutrisinya, potensi manfaat dari buah nangka untuk kesehatan antara lain:

1. Melawan kanker

Radikal bebas dalam jumlah tinggi dapat memicu kerusakan sel mendatangkan stres oksidatif. Dengan adanya hal ini, penyakit seperti kanker dapat mudah menyerang. Buah nangka dapat membantu melawan radikal bebas dengan sumber fitonutrien dan antioksidan alami yang terdapat dalam buah tersebut.

2. Menjaga fungsi penglihatan

Beta karoten, lutein, zeaxanthin, serta vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Semua nutrisi itu bisa didapatkan dari buah nangka. Konsumsi rutin buah ini dapat membantu penglihatan tetap sehat.

3. Menurunkan tekanan darah

Buah nangka untuk ibu hamil dapat bermanfaat untuk dapat menurunkan tekanan darah. Seperti kita ketahui, tekanan darah yang tinggi dapat berbahaya dan mengancam nyawa. Konsumsi makanan tinggi kalium dapat membantu tekanan darah menjadi lebih stabil.

4. Mencegah anemia

waspadai tanda dan gejala anemia pada ibu hamil

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah mencegah anemia. Banyak orang yang sering mengalami anemia, terutama ibu hamil. Buah nangka mengandung zat besi dan folat cukup tinggi sehingga bisa mengatur kadar hemoglobin dalam darah. Konsumsi buah nangka bisa menjadi solusi untuk dapat mengatasi anemia parah.

5. Mempercepat pemulihan luka

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk dapat membuat kolagen sehingga dapat mempertahankan berbagai kesehatan kulit dan pembuluh darah. Selain itu, sumber vitamin C dalam nangka bisa mempercepat pemulihan luka, meningkatkan daya tahan tubuh dan luka menjadi cepat sembuh.

6. Memperbaiki sistem pencernaan

Nutrisi serat dalam nangka dapat dimanfaatkan untuk kamu yang terserang sembelit atau masalah pencernaan. Konsumsi serat harian yang cukup dapat membantu pencernaan lancar dan berat badan lebih stabil.

7. Mengontrol diabetes

diabetes kering

Buah nangka dapat mengatur gula darah jika dikonsumsi sekaligus dengan biji buahnya. Hal ini dapat membantu mengontrol diabetes karena biji nangka dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Tentunya, biji buah nangka perlu direbus terlebih dahulu supaya dapat mudah dikonsumsi.

Baca juga: Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil, Bisa Turunkan Kolesterol!

Bolehkah ibu hamil makan buah nangka?

Manfaat buah nangka untuk kesehatan pada umumnya cukup besar karena kandungan dan nutrisinya, namun bagaimana dengan ibu hamil?

Meskipun masih memiliki banyak perdebatan akan manfaat buah nangka, nyatanya buah nangka masih tetap memiliki nutrisi yang dapat membantu kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan.

Memang, buah nangka dapat menghasilkan panas dalam tubuh sehingga wajar jika tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Namun, jika dikonsumsi dengan porsi sedikit buah nangka untuk ibu hamil dapat memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menghilangkan masalah perut seperti maag
  • Membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi selama kehamilan
  • Membantu tekanan darah tetap stabil
  • Mencegah kelelahan
  • Menurunkan stress
  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah anemia

Buah nangka untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu diabetes, alergi buah, mempercepat pembekuan darah dan menyebabkan masalah pencernaan. Konsultasi dengan dokter ahli dan batasi konsumsi harian buah nangka agar manfaatnya tetap baik untuk kesehatan ibu hamil.

Share artikel ini
Reference