Manfaat beras shirataki

Beras atau nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis beras di Indonesia, seperti beras putih, beras merah dan beras coklat. Selain ketiga jenis beras tersebut, ada jenis beras lain, bahkan beras ini diyakini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, yaitu beras Shirataki.

Bukan hanya bisa membantu dalam penurunan berat badan, beras shirataki juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak penjelasan tentang apa itu beras shirataki dan apa saja manfaat beras shirataki bagi kesehatan!

Apa itu beras shirataki?

Beras Shirataki adalah beras yang terbuat dari glukomanan , yaitu sejenis tanaman akar konjac. Konjak sering disebut sebagai Konjak Yam atau Gajah Yam. Sebelum diolah menjadi nasi atau mie, umbinya dikeringkan dan digiling hingga teksturnya seperti tepung. Beras shirataki ini dijual bebas dan umumnya diolah menjadi mie atau nasi.

Di Asia, tepung konjak telah digunakan selama berabad-abad untuk membuat mie, tahu dan makanan ringan. Bahan ini juga kerap digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.
Kandungan beras shirataki

Dalam 112 gram beras shirataki, terdapat 10 kalori, 3 gram karbohidrat, dan 3 gram serat. Kandungan karbohidrat yang sangat rendah ini membuat nasi Shirataki ideal untuk mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat.

Serat yang terkandung dalam Shirataki tidak hanya rendah karbohidrat, tetapi juga merupakan jenis serat larut yang disebut glukomanan. Dengan sedikit karbohidrat yang tersedia, Shirataki tidak meningkatkan gula darah dan memiliki indeks glikemik 0. Shirataki juga secara alami bebas lemak. Namun sayang, beras shirataki tidak mengandung protein sama sekali.

Kalori beras shirataki

Glukomanan dikenal sangat rendah kalori. Bahkan, glukomanan sering disebut sebagai bahan “nol kalori” karena memiliki sangat sedikit kalori dan karbohidrat. Karena memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat rendah, glukomanan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut hasil sistematis dari 14 penelitian, glukomanan mengurangi kolesterol sebesar 19 mg/dL, kolesterol LDL “jahat” sebesar 16 mg/dL, trigliserida sebesar 11 mg/dL, dan gula darah sebesar 7,4 mg/dL. Nah, agak lebih jelas, ayo cari tahu detail tentang manfaat beras shirataki bagi kesehatan.

Manfaat beras shirataki

Ada beberapa manfaat beras shirataki bagi kesehatan, yaitu:

1. Mengontrol gula darah

Glukomanan telah terbukti membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan resistensi insulin.

Sebuah penelitian yang melibatkan penderita diabetes tipe 2 diminta mengonsumsi serat glukomanan selama tiga minggu. Hasilnya, mereka mengalami penurunan fruktosamin, penanda kadar gula darah, yang signifikan.

2. Mencegah kolesterol

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa glukomanan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Peneliti mencatat, glukomanan meningkatkan jumlah kolesterol yang diekskresikan ke dalam feses sehingga lebih sedikit yang diserap ke dalam aliran darah.

3. Meringankan sembelit

Glukomanan terbukti sebagai obat yang efektif untuk menyembuhkan sembelit pada anak dan orang dewasa. Sebuah studi menemukan bahwa sembelit parah berhasil diobati pada 45% anak yang mengonsumsi glukomanan. Pada orang dewasa, suplemen glukomanan meningkatkan frekuensi buang air besar.

Beras shirataki untuk diet

Saat ingin menurunkan berat badan, kamu harus mengonsumsi lebih sedikit kalori. Nah, salah satu manfaat beras shirataki adalah membantumu mencapai berat badan ideal karena beras ini rendah kalori, rendah lemak, serta rendah karbohidrat. Serat larut menyerap air di saluran pencernaan, memperlambat pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Cobalah makan nasi shirataki setidaknya sekali sehari saat makan siang atau makan malam untuk mengurangi asupan kalori dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, nasi shirataki juga mengobati sembelit dan diabetes, dan tidak memiliki efek kembung.

Tips mengonsumsi beras shirataki untuk kesehatan

Nah, agar kamu bisa konsumsi beras shirataki dengan rasa yang enak tanpa kehilangan nutrisinya, kamu harus tahu bagaimana cara memasaknya dengan benar.

Memasak beras shirataki dengan rice cooker

  • Siapkan 100 gram beras shirataki yang telah dibersihkan terlebih dahulu
  • Siapkan 300 ml air bersih
  • Masak beras sebagaimana kamu memasak nasi pada umumnya
  • Jika sudah matang, nasi siap disajikan

Memasak beras shirataki tanpa rice cooker

  • Siapkan beras shirataki yang telah dibersihkan sebelumnya
  • Gunakan wajan anti lengket
  • Rebus beras dengan air bersih secukupnya menggunakan wajan
  • Gunakan api besar dan tunggu sampai mendidih
  • Aduk berasa sesekalai sampai airnya susut
  • Jika air sudah menyusut, aduk terus agar nasi tidak kering di bagian bawah
  • Jika teksturnya sudah agak menggumpal, angkat nasi dan masukkan ke dalam magic com agar nasinya tetap panas
  • Nasi shirataki siap dinikmati
Share artikel ini
Reference