manfaat daun bidara untuk wajah

Manfaat daun bidara untuk wajah dan kesehatan sudah tidak diragukan lagi, tanaman ini sudah menjadi andalan masyarakat sejak dulu. Kamu juga mungkin sering mendengar kandungan ‘jojoba oil’ dalam sebuah produk perawatan kulit yang mampu mengatasi masalah kulit apapun.

Selama berabad-abad, buah jujube/bidara (Ziziphus jujuba) telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok. Buah ini mengandung saponin dan bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur juga loh! 

Apa itu daun bidara?

apa manfaat daun binahong

Jujube mungkin terdengar aneh sebagai nama tanaman tetapi merupakan penimbun nutrisi. Ini adalah makanan yang sangat kuat yang mengemas minuman sehat bagi jutaan orang yang mengetahui nilai sebenarnya. 

Jujube (Ziziphus jujuba) adalah tanaman anggota keluarga buckthorn (Rhamnaceae). Biasanya berberntuk semak gugur kecil dengan daun hijau mengkilap dengan bunga hijau kekuningan. 

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Tanaman ini berasal dari Asia selatan, termasuk Cina selatan dan tengah. Namun, kini telah diperkenalkan ke seluruh dunia, terutama Eropa, dan tersedia di banyak toko impor buah eksotis. Tidak heran jika kamu menemukan kandungan jojoba oil pada produk-produk skincare Korea Selatan favoritmu!

Manfaat daun bidara untuk wajah

Berikut adalah beberapa manfaat ekstrak daun bidara untuk kesehatan wajah:

  1. Mengurangi peradangan

Peradangan yang disebabkan oleh jerawat atau wajah bengkak karena beberapa penyebab lain, bisa diobati dengan daun bidara. Penggunaan ekstrak daun bidara secara topikal dapat membantu meredakan gejala nyeri karena peradandgan. 

  1. Obat jerawat

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan daun bidara dapat membantu mengobati jerawat, noda, dan bekas luka. Namun, penelitian langsung masih kurang di bidang ini. Bidara telah ditemukan untuk menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh eksim. Itu juga menunjukkan potensi untuk menghambat penyebaran melanoma (kanker kulit).

  1. Perawatan kulit

Daun bidara bisa digunakan secara topikal untuk mengobati berbagai iritasi dan peradangan kulit, termasuk psoriasis, eksim, dan jerawat. Ternyata manfaat lainnya untuk wajah yaitu membantu mencegah munculnya kerutan dan bekas luka, serta menjaga kulit tetap sehat dan kenyal.

Intip 8 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah, Bisa Cerahkan Wajah Lho!

Manfaat daun bidara untuk kesehatan

Tidak hanya untuk wajah, daun bidara juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

  1. Mengurangi kerontokan rambut

Saat dioleskan ke kulit kepala, ekstrak daun bidara dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Ini karena ada sistem yang teriritasi dalam tubuh sehingga penyebab utama kerontokan rambut. Daun bidara dapat menyeimbangkan dan mencegah kelebihan atau kekurangan produksi minyak alami rambut. 

  1. Meningkatkan kesehatan ovarium

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ilmu Kedokteran Teheran (Iran) menggunakan produk herbal bidara, yang disebut Shilanum, untuk mengobati kista ovarium. Pada akhir penelitian, mereka menemukan formula alami ini sama efektifnya dalam mengobati kista ovarium seperti pil KB (biasanya diresepkan untuk kondisi ini). 

  1. Membantu penderita insomnia

Bagi penderita insomnia atau gelisah, mengonsumsi ekstrak daun dan biji buah jujube bisa menjadi obat yang baik. Sifat menenangkan dari senyawa organik yang terkandung dalam buah bermanfaat ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran, jadi jika kamu merasa tidak bisa tidur di malam hari, mungkin ramuan jujube kecil adalah yang kamu butuhkan.

  1. Mengurangi stres dan kecemasan

Secara tradisional, bidara telah digunakan untuk mengobati gejala stres, kecemasan, dan depresi. Mulai dari daun, buah, dan bijinya memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Penelitian ini memang baru berhasil dilakukan pada tikus, namun tidak ada salahnya mengonsumsi ramuan bidara saat kamu merasa sangat stres.

  1. Meningkatkan Imunitas

Bidara dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dengan berbagai cara, yaitu karena kandungan antioksidannya yang tinggi, termasuk vitamin C, vitamin A, serta berbagai senyawa dan asam organik. Antioksidan ini mampu menetralkan radikal bebas, yang bertanggung jawab atas banyak penyakit kronis dan penyakit di dalam tubuh. Vitamin C juga merangsang produksi sel darah putih, garis pertahanan pertama sistem kekebalan tubuh kita.

Jika kamu ingin memulai merawat wajah dan kesehatan secara alami, penggunaan daun bidara bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menemukannya di pasar tradisional atau di toko tanaman herbal.

Share artikel ini
Reference