undertone kulit

Pada umumnya, kita bisa dengan mudah menentukan warna kulit kita, apakah termasuk putih, hitam, atau sawo matang. Berbeda dengan warna kulit, warna undertone biasanya lebih sulit untuk ditentukan. Meskipun dua orang mempunyai warna kulit yang sama, belum tentu warna undertone-nya juga sama.

Kita perlu mengetahui undertone kulit kita supaya bisa memakai produk yang sesuai. Namun, sebenarnya apa sih warna undertone kulit itu? Lalu, bagaimana cara mengetahui undertone kulit? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Apa itu undertone kulit

Undertone kulit adalah warna alami yang ada di bawah permukaan kulit. Undertone kulit tidak sama dengan warna kulit kamu. Warna kulit biasanya bisa langsung dilihat melalui cermin, apakah warnanya terang, gelap, atau sedang.

Kulit yang warnanya lebih terang, bisa memiliki warm tone. Kulit yang lebih gelap juga bisa memiliki cool tone. Dengan mengetahui warna undertone kulit, kamu dapat menentukan produk makeup yang cocok dengan warna kulit kamu. Misalnya, sewaktu kamu hendak memilih warna foundation.

Warna undertone kulit

Ada tiga jenis warna undertone kulit, yaitu:

  • Warm: Kulit kamu memiliki warna dasar kuning, peach, atau keemasan.
  • Cool: Warna alami di bawah permukaan kulit kamu adalah merah muda.
  • Netral: Campuran cool dan warm. Jika kamu memiliki undertone yang netral, berarti kamu memiliki warna undertone yang sesuai dengan warna kulit kamu.

Menentukan undertone kulit

Berbeda dengan warna kulit yang bisa berubah sejalan dengan pemakaian produk perawatan kulit, warna undertone tidak bisa berubah. Warna undertone dipengaruhi faktor genetik yang tidak bisa berubah. Karena warna undertone kulit tidak sejelas warna kulit kamu, maka kamu harus memeriksa wajah dengan lebih teliti. Jika kamu sudah bisa menentukan warna undertone kulit kamu, kamu bisa memilih busana atau produk makeup yang cocok untuk kamu.

Cara mengetahui undertone kulit

Bagaimana cara mengetahui undertone kulit kamu? Sebenarnya, kamu bisa mencari tahu sendiri dari rumah. Namun, jika masih belum bisa mengetahuinya, kamu juga bisa mengunjungi beauty counter. Biasanya, mereka dapat membantu untuk mengidentifikasi undertone kulit kamu dan mencarikan produk yang cocok dengan kulit kamu.

Beberapa hal yang kamu bisa lakukan untuk mengetahui undertone kulit, adalah:

1. Melihat warna urat nadi

Apabila kamu bisa melihat warna urat nadi kamu, mungkin kamu bisa mengetahui warna undertone kulit kamu. Apabila kamu memiliki urat nadi yang warnanya tampak kehijauan, berarti undertone kulit kamu adalah warm. Pemilik urat nadi berwarna biru atau keunguan, biasanya mempunyai cool undertone.

Undertone kulit netral biasanya dimiliki oleh orang yang pembuluh darahnya tampak tidak berwarna. Jika kamu sulit melihat apakah warna urat nadi kamu hijau atau biru, berarti kamu termasuk pemilik undertone kulit netral.

2. Mengamati pengaruh sinar matahari terhadap kulit

Melihat reaksi kulit terhadap matahari ternyata juga bisa menentukan warna undertone kulit kamu. Jika kamu memiliki cool undertone, maka kulit kamu akan terlihat berwarna pink kemerahan ketika terpapar sinar matahari, cenderung mudah terbakar sinar matahari, dan kamu akan lebih sering mengaplikasikan sunscreen. Namun, jika kulit kamu berwarna kecokelatan dan tidak mudah terbakar, kemungkinan kamu memiliki undertone kulit warm.

3. Menggunakan perhiasan

Salah satu cara mengetahui warna undertone kulit adalah memakai perhiasan perak dan emas. Jika kamu terlihat lebih cocok dengan perhiasan emas, biasanya kamu memiliki warna undertone kulit warm. Jika lebih cocok dengan perhiasan perak, maka warna undertone kulit kamu adalah cool.

Tetapi, jika kamu melihat tidak adanya perbedaan ketika memakai perhiasan emas dan perak, berarti undertone kulit kamu adalah netral. Pemilik warna dasar kulit netral biasanya cocok menggunakan perhiasan emas dan perak.

4. Mencocokkan warna baju

Jika kamu memiliki warm undertone, biasanya kamu akan cocok dengan pakaian berwarna orange, hijau, cokelat, dan kuning. Apabila kamu memiliki cool undertone, maka kamu lebih cocok mengenakan baju dengan warna biru, plum, turquoise, dan merah muda.

5. Gunakan kuteks

Gunakan kuteks berwarna hijau dan biru. Lihat mana yang lebih cocok untuk kamu. Jika kamu lebih cocok dengan kuteks warna biru, maka kamu pemilik cool undertone. Apabila kamu lebih cocok dengan kuteks berwarna hijau, maka kamu pemilik warm undertone. Jika kamu cocok dengan keduanya, kamu pemilik undertone netral.

Memilih produk sesuai undertone kulit

Penting untuk menyesuaikan produk yang kamu gunakan dengan warna kulit, termasuk undertone kulit kamu. Berikut ini beberapa tips memilih produk sesuai dengan undertone kulit.

  • Warm undertone biasanya cocok dengan blush berwarna peach dan emas. Mereka biasanya juga cocok dengan lipstik merah dengan sedikit warna orange.
  • Cool undertone lebih cocok menggunakan blush berwarna pink.
  • Undertone yang netral, kamu akan cocok dengan blush dari warna keemasan hingga pink.
  • Warm undertone bisa menggunakan foundation dengan jenis shade beige, tan, caramel, chestnut, dan jenis shade yang diawali dengan kata warm, seperti warm ivory, wam honey, dan lain-lain.
  • Cool undertone biasanya cocok dengan foundation dengan label rose, sable, porcelain, dan label yang diawali dengan kata cool seperti cool espresso, cool mahogany, dan lain-lain.
  • Undertone yang netral biasanya cocok dengan foundation berlabel nude, praline, buff, ivory, dan label lainnya tanpa kata warm dan cool di depannya.

Silahkan mencoba cara mengetahui undertone kulit yang sudah dijelaskan. Apabila kamu sudah bisa menentukan warna undertone kulit kamu yang sebenarnya, kini kamu akan lebih mudah menentukan pakaian dan produk yang cocok untuk kamu.

Share artikel ini
Reference