makeup ala korea

Demam budaya Korea telah memasuki Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tak ketinggalan tentunya gaya make up ala Korea, yang terlihat natural dan segar juga digemari. Tren makeup ala Korea ini menjadi tren karena penampilan aktris Korea yang awet muda dengan kulit glowing.

Meskipun para aktris Korea tersebut memiliki warna kulit putih, tapi kamu yang memiliki kulit sawo matang juga bisa meniru make up ala Korea ini, loh. Yang penting, gaya make up ini memiliki tampilan yang lebih lembut dan terlihat natural.

Cantik paripurna seperti aktris Korea dengan tips berikut ini!

Make up ala Korea

Make up natural ala Korea atau korean look bisa menjadi pilihan pertama kamu untuk dipelajari. Ini merupakan salah satu gaya riasan yang paling digemari oleh anak muda Indonesia.

Korean look memiliki ciri khas berupa riasan natural dan minimalis namun tetap membuat penampilan terlihat sempurna. Contohnya adalah riasan glass skin, bibir ombre dan riasan mata puppy look yang membuat mata terlihat lebih besar.

Kunci dari korean look adalah tampilan kulit tanpa cela seperti kaca atau yang populer dengan sebutan glass skin. Untuk mendapatkan tampilan ini, kamu memang harus memulainya dengan merawat kulit menjadi lebih baik dan lembap dengan deretan skincare.

Alat-alat make up ala korea

Tren kecantikan korea alias K-Beauty turut mempopulerkan alat-alat makeup yang sebelumnya kurang akrab di telinga kamu. Dari Korea lah muncul BB Cream, alias alas bedak dengan pelembap yang membuat kulit mulus tapi tetap alami. Ada juga revolusi kecantikan dengan lipstik ombre dan cushion.

Kalau kamu tak punya beauty tools tersebut, tak apa-apa, kok. Berikut adalah berbagai alat make-up yang kamu butuhkan untuk make up ala Korea, antara lain:

1. BB Cream
2. Concealer
3. Bedak tabur
4. Alis
5. Eyeshadow
6. Eyeliner
7. Blush on
8. Kontur dan highlighter
9. Lipstik

Cara mengaplikasikan make up ala korea

Tren riasan natural ala korea saat ini mungkin sedang digandrungi banyak orang. Jadi untuk mendapatkan hasil riasan Korea yang bagus, berikut cara yang bisa kamu tiru.

1. Siapkan kulit sebelum merias

Salah satu kunci untuk mendapatkan kulit Korea yang glowing adalah dengan memastikan kulit kamu lembap dan terhidrasi. Karena orang Korea lebih suka menggunakan riasan yang natural, maka dari itu mereka lebih fokus pada perawatan kulit yang bisa membuat kulitnya terlihat mulus, meski tanpa BB cream.

2. Gunakan BB Cream atau Cushion

Untuk riasan sederhana ala Korea, salah satu produk yang paling populer digunakan adalah BB cream dan cushion. Selain simpel dan hemat waktu saat digunakan, hasilnya lebih natural dibandingkan foundation.

3. Gunakan concealer

Concealer dapat membantu kamu menutupi noda membandel yang masih terlihat bahkan setelah menggunakan riasan dasar. Untuk menyamarkan bekas jerawat, mata panda, dan noda hitam.

4. Buat alis lurus

Kunci dari tampilan riasan Korea sederhana yang membuat kamu terlihat awet muda adalah memiliki alis lurus dengan ujung sedikit melengkung. Mulailah menggambar alis kamu dari tepi luar dan kemudian dengan lembut mengisi area yang jarang.

5. Riasan mata dengan warna alami

Gunakan warna-warna netral atau terang, seperti coklat, pink, atau koral. Tips memilih eye shadow alami adalah dengan menemukan warna yang sesuai dengan warna kulit kamu.

6. Gunakan blush on

Kunci untuk mendapatkan perona pipi alami adalah dengan menggunakan warna yang cocok dengan warna yang kamu aplikasikan pada bibir. Jika ingin mendapatkan tampilan yang dewy seperti habis baru mandi, orang Korea cenderung lebih memilih blush on cair.

7. Riasan gradasi di bibir

Tren riasan Korea juga dihiasi dengan riasan bibir gradien. Prinsip dasar tampilan bibir gradien adalah menggunakan warna yang lebih gelap pada bibir bagian dalam, cotton buds, atau jari kamu untuk membaurkannya dan menciptakan efek gradien.

Tips menggunakan make up ala korea

Untuk mendapatkan riasan wajah yang mulus dan cantik, kebanyakan wanita Korea sangat memperhatikan base makeup yang digunakan. Sebelum menggunakan bedak, eyeshadow, blush on, eyeliner, maskara, dan lipstik, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar hasil riasan terlihat halus dan indah, antara lain:

1. Lebih suka riasan dasar

Base makeup wanita Korea yang biasa digunakan terdiri dari serum, tabir surya, BB/CC Cream, untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan merona. Dengan makeup base yang tepat, kulit wajah akan terlihat mulus dan flawless. Jadi, dengan paduan warna riasan nanti, wajah terlihat cantik alami seperti di drama Korea.

2. Gunakan BB cream

Memakai BB Cream akan membuat hasil akhir riasan wajah terlihat glowing. Sedangkan untuk acara formal, akan ditambahkan volume dengan tekstur seperti bedak untuk membuat wajah tampak berkilau.

3. Make up mata yang natural

Selesai dengan riasan dasar, saatnya memberikan sentuhan riasan pada mata. Tidak perlu berlebihan, kamu hanya perlu membuat garis alis tipis untuk memberikan kesan tegas pada mata.

Garis alis tidak dibuat dengan gerakan melengkung ke bawah, melainkan dibuat garis lurus dengan lekukan lembut ke bawah.

Kemudian, buat garis mata yang tipis dan buat ujungnya sedikit lebih runcing. Pilih warna eyeshadow yang natural, kamu bisa memilih warna gold atau coklat muda.

4. Lipstik merah muda

Agar tampilan riasan tetap terlihat natural, warna-warna lembut juga dipilih untuk riasan ala Korea. Warna soft pink, coral khas, dan natural peach juga dipilih untuk melengkapi riasan.

Hasil warna lipstik gradasi alias warna bibir dalam yang lebih gelap dari bibir luar masih menjadi favorit wanita Korea. Wanita Korea tidak terlalu menyukai lipstik matte berwarna gelap, karena dianggap membuat penampilan lebih tua.

5. Pipi merona alami

Blush on alami bukan tanpa riasan, loh, kamu bisa menggunakan warna peach atau pink. Ini dioleskan ringan pada tulang pipi untuk menonjolkan kesan blush on alami pada wajah. Kamu juga bisa mencoba trik mengoleskan perona pipi di bagian atas rahang, untuk membuat kesan wajah lebih tirus.

Tren kecantikan saat ini lebih ke arah make up ala Korea yang membuat perempuan cantik alami. Tak ada salahnya mencoba berbagai tren dan menemukan yang paling cocok untuk kamu.

Share artikel ini
Reference