melentikkan bulu mata

Berbagai cara untuk melentikkan bulu mata banyak dilakukan oleh para wanita, baik secara alami maupun melalui perawatan khusus. Kalau bisa melentikan bulu mata alami tanpa maskara, mengapa tidak kan?

Maskara dan bulu mata palsu menjadi jalan ninja untuk mendapat bulu mata lebat dan lentik dalam sekejap. Dua cara tersebut biasanya digunakan untuk melengkapi eye make up. Namun jika kamu ingin bulu mata yang lentik alami, yuk simak beberapa tipsnya disini.

Cara melentikkan bulu mata

"<yoastmark

Cara melentikkan bulu mata yang paling populer yaitu menggunakan penjepit bulu mata, perawatan lash lift, dan ekstensi bulu mata. Yang paling mudah dan bisa kamu lakukan sendiri tentunya dengan mengandalkan penjepit bulu mata. Namun teknik yang kurang tepat mungkin tidak akan banyak mempengaruhi bulu mata kamu.

Ikuti tips berikut agar bulu mata lentik seharian penuh:

  • Pilih penjepit yang tepat

Lebih baik gunakan penjepit tradisional dengan genggaman yang nyaman dan bantalan berkualitas. Hal yang paling penting yaitu menyesuaikan bentuk penjepit dengan lekukan kelopak mata kamu. 

  • Perhatikan posisi menjepit

Sebelum menjepit bulu mata, pastikan bantalan penjepit dibersihkan terlebih dahulu. Posisikan penjepit di atas garis bulu mata (kelopak), ayunkan penjepit beberapa kali sebelum melepaskannya, daripada hanya menahannya.

Ini Cara Mengecilkan Kantung Mata dengan Mudah, Bye Mata Panda!

  • Aplikasikan lash primer

Langkah ini hanyalah opsi untuk membuat bulu mata lebih berdimensi. Ingat, cukup oleskan sedikit primer saja dan jangan berlebihan. 

  • Aplikasikan maskara

Agar bulu mata tetap lentik, carilah formula volumizing, curl-locking, formula tahan air. Aplikasikan dengan perlahan mengikuti bentuk kelopak yang telah terbentuk oleh penjepit. 

Tips natural membuat bulu mata lentik tanpa maskara

Tips natural membuat bulu mata lentik tanpa maskara
Tips natural membuat bulu mata lentik

Jika kamu sedang menghindari penggunaan maskara untuk menyelamatkan bulu mata dari kerontokan, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat makeup mata tetap lentik:

1. Gunakan sendok bersih

Meski terdengar konyol, tapi cara ini sudah mendapat validasi dari penata rias dunia seperti Miranda Kerr (model dan pendiri KORA Organics) dan Jenny Patinkin. Caranya yaitu:

2. Ambil sendok teh atau sendok parfait, karena sisi-sisinya lebih tipis dari sendok makan.

3. Angkat pangkal bulu mata menggunakan sendok dan tahan, kamu boleh menempelkannya ke kelopak dengan lembut.

4. Ulangi beberapa kali sampai kamu merasa bulu mata sudah cukup lentik.

5. Gunakan minyak jarak

Minyak jarak atau castor oil dapat membuat bulu mata terangkat alami tanpa alat bantu apapun. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan spoolie, cotton bud, atau langsung dioleskan dengan jari. Perlu pemakaian rutin untuk mendapat hasil maksimal.

6. Cotton bud

Gunakan batang cotton bud yang kapasnya sudah dibuang, lalu panaskan dengan korek api secukupnya dan jangan terlalu panas. Aplikasikan batang yang panas untuk melentikan bulu mata, cara ini cukup ampuh mengangkat bulu mata seharian.

Cara dapatkan bulu mata lebat dan lentik di rumah

menjaga kesehatan mata

Beberapa teknik berikut bisa membantu kamu mendapat bulu mata yang lebat dan lentik hanya dengan perawatan di rumah. 

  • Oleskan treatment oil 

Kamu bisa menggunakan minyak alami seperti minyak jarak, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Beberapa manfaat umumnya yaitu melembabkan bulu mata, mendukung pertumbuhan yang sehat, dan menghindari kerontokan. 

  • Melembapkan dengan lidah buaya 

Metode DIY lainnya untuk menghidrasi dan memperkuat bulu mata yang kering dan rapuh adalah menggunakan gel lidah buaya. Baik menenangkan dan melembabkan, lidah buaya meningkatkan kolagen, yang memberi nutrisi pada bulu mata. 

  • Rawat dengan serum pertumbuhan bulu mata

Mengaplikasikan serum pertumbuhan dapat membantu mengobati kerontokan dan menghasilkan bulu mata yang lebih panjang. Umumnya serum mengandung nutrisi yang mendukung 

  • Pertimbangkan suplemen 

Suplemen seperti kolagen dan biotin dapat mendukung proses pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata. Sebelum mengonsumsi suplemen baru, konsultasikan dengan dokter untuk menentukan suplemen mana yang terbaik dan tinjau setiap potensi efek samping.

Menggunakan maskara terlalu sering dapat berpotensi membuat bulu mata kering dan rontok. Selain itu, maskara yang tidak dibersihkan dengan baik berpotensi membuat kelopak mata terinfeksi bakteri.

Share artikel ini
Reference