kalori bubur ayam

kalori bubur ayam

Bubur ayam jadi menu sarapan yang praktis dan lezat. Apalagi, semangkuk buburnya terisi dari berbagai pelengkap yang membuat perut jadi lebih kenyang dan berenergi untuk memulai hari.

Namun, apakah kamu pernah mengetahui berapa jumlah kalori yang ada di dalam semangkuk bubur ayam?

Apakah makanan ini termasuk rendah kalori dan cocok untuk dikonsumsi setiap harinya? Nah, supaya kamu jadi semakin paham, kita akan membahasnya di artikel ini. Yuk, simak!

Kalori bubur ayam

Secara singkat, kalori yang terkandung di dalam semangkuk bubur ayam adalah 215 kalori. Selain itu, ada juga kandungan nutrisi lain berupa:

  • Kandungan Lemak total 7,06 gram
  • Kolesterol sebesar 33 miligram
  • Sodium 2.853 miligram
  • Karbohidrat sekitar 24.12 gram, protein sebanyak 14.1 gram, dan
  • Potassium sebanyak 261 gram.

Resep bubur ayam taiwan

Jadi, bubur ayam masih menjadi makanan yang aman untuk kamu konsumsi saat sarapan. Sebab, kandungan protein di dalamnya cukup tinggi sehingga bisa membuat tubuh jadi lebih kenyang.

Namun, supaya bisa menjadikan menu sarapan bubur semakin sehat, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Ingin membuat bubur ayam yang gurih tanpa banyak bumbu? Maka, kamu bisa memasak bubur ayam taiwan.

Sebab, jenis bubur ini dibuat dari kaldu ayam kampung. Jadi, rasa gurihnya bisa membuat lidah ingin terus memakannya.

Sebelum memasak, pastikan kamu menyiapkan bahan-bahannya, seperti di bawah ini.

  • 500 gram dada ayam
  • 100 gram beras pulen
  • 500 ml kaldu ayam
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir telur
  • 3 sdm kecap asin
  • 1 cm jahe
  • Garam dan merica

Jika seluruh bahan sudah tersedia, kamu bisa mengikuti resep bubur ayam di bawah ini.

  1. Rebus seluruh dada ayam dengan bawang, 1 sdm kecap asin, dan tambahkan sejumput garam. Tunggu dadanya hingga empuk dan matang. Jika sudah, kamu bisa tiriskan, suwir-suwir, dan saring kaldunya.
  2. Tuang kaldu ayam ke panci dan tambahkan air matang secukupnya.
  3. Cuci beras hingga bersih.
  4. Masukkan beras yang sudah bersih ke dalam panci berisi kaldu dan air.
  5. Masukkan jahe, kecap asin, merica, dan garam.
  6. Masak bubur dengan api kecil.
  7. Jika teksturnya sudah kental dan terasa matang, kamu bisa mematikan apinya.
  8. Tuang bubur ke dalam sebuah mangkuk dan sajikan dengan ayam suwir.

Pelengkap bubur ayam

pelengkap bubur ayam
pelengkap bubur ayam

Memang, menikmati semangkuk bubur ayam rasanya kurang lengkap jika tidak diisi dengan berbagai pelengkapnya. Lantas, apa saja pelengkap bubur ayam yang bisa kamu hidangkan?

1. Kacang goreng

Kacang goreng menjadi pelengkap bubur ayam yang memiliki tekstur keras saat masuk ke dalam mulut. Meskipun demikian, pelengkap yang satu ini sangat digemari banyak orang karena memberikan sensasi kriuk saat dikunyah. Selain itu, kacang juga memiliki kandungan protein di dalamnya sehingga menyehatkan tubuh.

2. Irisan daging ayam

Tentu, menikmati bubur ayam rasanya kurang lengkap jika tidak menaburkan irisan daging ayam di atasnya. Kamu bisa mengiris daging ayam secara tipis-tipis supaya lembut saat dimakan.

3. Cakwe

Siapa yang tak kenal dengan cakwe? Pelengkap bubur ayam satu ini terbuat dari tepung terigu yang digoreng hingga mengembang. Saat dimakan, potongan cakwe bisa membuat bubur jadi terasa lebih penuh sehingga perut bisa jadi kenyang.

4. Seledri

Seledri termasuk ke jenis sayuran yang banyak digunakan sebagai pelengkap makanan, termasuk dalam bubur ayam. Apalagi, seledri memiliki aroma yang harum sehingga membuat kita jadi lebih semangat saat makan.

5. Sate telur puyuh

Telur puyuh mengandung protein yang cukup tinggi. Untuk memenuhi nutrisi di pagi hari, kamu bisa mengonsumsi semangkuk bubur ayam dengan sate telur puyuh yang biasanya dimasak dengan kecap sehingga berwarna kecokelatan.

6. Sate jeroan

Selain telur puyuh, bubur ayam juga bisa diisi dengan sate jeroan yang terdiri dari usus, ati, dan juga ampela. Dengan menambahkan sate jeroan, kamu bisa merasa lebih kenyang saat sarapan bubur ayam di pagi hari.

7. Kerupuk

Siapa yang tak suka kerupuk? Yap! Pelengkap makanan ini hampir selalu disukai dan ada di setiap jenis makanan, termasuk bubur ayam. Sebab, kerupuk mampu memberikan tambahan rasa kriuk dan gurih.

Share artikel ini
Reference