kalori ikan bakar

Jika membahas kalori ikan bakar, mungkin hal yang terpikir olehmu adalah kalorinya yang tidak terlalu tinggi dibandingkan ikan goreng. Jawabannya tentu saja benar, banyak orang memilih ikan bakar sebagai menu diet sehat mereka.

Tidak hanya enak, ikan bakar juga mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, terutama kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Pastikan kamu memilih ikan yang tepat dan proses pembakaran yang benar agar tidak menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh.

Berapa kalori ikan bakar?

manfaat ikan pollock untuk kesehatan

American Heart Association menyarankan agar mengonsumsi berbagai jenis ikan seperti salmon, makarel, herring, trout danau, sarden, dan tuna albacore untuk mendapatkan dosis omega-3 yang sehat. Ikan-ikan tersebut memiliki kandungan omega-3 tinggi dengan kalori yang rendah.

Secara umum, kalori ikan bakar fillet yaitu sekitar 123 kkal. Angka ini tentunya cukup rendah karena diimbangi dengan kandungan tinggi nutrisi lainnya. Berbeda dengan produk ikan siap saji seperti stik ikan yang dilapisi tepung roti, tenderloin ikan, dan roti ikan sering kali mengandung lemak dan kalori yang lebih tinggi.

Ikan yang diolah seperti itu juga tidak memberikan manfaat kesehatan sebanyak ikan yang diolah dengan metode rendah kalori. Sebagai contoh, fillet ikan yang dilapisi tepung roti mengandung sekitar 350-400 kalori dan 17-25 gram lemak dan hingga 5 gram gula.

Suka dengan Lele Garing? Yuk, Perhatikan Jumlah Kalorinya!

Manfaat makan ikan bakar

Membakar ikan paling baik menggunakan ikan utuh atau filet yang tebal seperti steak. Berikut adalah manfaat ikan bakar yang bisa kamu dapatkan:

1. Tinggi protein

Faktanya, ikan merupakan sumber protein yang baik. Nutrisi penting ini akan membantu meningkatkan pembentukan energi serta meregenerasi sel-sel yang rusak dengan yang baru.

Sebagai tips, kamu bisa mengonsumsi ikan bakar bersama dengan makanan berprotein lainnya seperti kacang-kacangan untuk makanan sehat setiap hari.

2. Rendah lemak

Jika kamu sedang menjalani diet, maka mengonsumsi ikan bakar bisa menjadi pilihan yang tepat karena kandungan lemaknya yang rendah. Selain itu, rasa lezat dari ikan bakar akan menambah cita rasa yang enak.

3. Sumber asam lemak omega-3

makanan yang mengandung omega 3

Salah satu manfaat kesehatan dari ikan bakar adalah sebagai sumber asam lemak omega-3. Nutrisi penting ini berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena kemampuannya untuk mengurangi tingkat tekanan darah. 

4. Sumber vitamin D

Ternyata ikan bakar memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Salah satunya ikan salmon, memiliki nutrisi yang paling tinggi termasuk kandungan asam lemaknya. Dalam 4 ons salmon yang dimasak, kamu bisa mendapatkan 100% asupan vitamin D. 

5. Sumber kalsium

Tidak dapat dipungkiri bahwa ikan bakar mengandung sumber mineral yang tinggi. Ikan bakar mengandung kalsium yang dapat meningkatkan struktur tulang yang kuat dan kepadatan tulang. Mengonsumsi makanan olahan susu pada saat yang sama akan menambah manfaat sehatnya.

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Maag Agar Tak Kambuh Lagi!

Jenis ikan yang cocok dibakar

Jika kamu bosan makan ikan bakar yang itu itu saja, cobalah beberapa ikan yang cocok untuk dibakar berikut ini:

Makarel 

Ikan dengan rasa yang kuat ini mengandung omega-3 yang menyehatkan jantung, sumber protein yang baik-menghasilkan 20 gram dalam fillet seberat 3 ons-dan cocok dipadukan dengan bumbu yang kuat.

Salmon

Salmon kalengan bukan hanya sumber lemak omega-3 yang baik, tetapi juga salah satu sumber kalsium non-dairy terbaik. Satu porsi 3 ons mengandung 18% kebutuhan harian, sangat cocok untuk kamu memilih pola makan sehat.

Sarden

Ikan ini mengandung hampir 1.200 mg lemak omega-3 per porsi dan merupakan salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D. Ikan ini juga merupakan salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung kalsium tinggi, dengan kandungan 33% dari kebutuhan harian per sajian.

Ikan trout

Ikan trout berada di bawah salmon merah muda kalengan dalam hal kandungan omega-3 dan merupakan sumber kalium, selenium, dan vitamin B6 yang baik, serta menawarkan lebih dari satu hari kebutuhan vitamin B12.

Ikan haring

Ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi daripada ikan sarden, ikan trout, dan ikan kembung. Ikan ini juga merupakan sumber vitamin D dan selenium yang sangat baik. Kamu biasanya akan menemukan ikan haring yang sudah dikalengkan, diawetkan, atau diasapi pada menu restoran.

Selamat mencoba!

___________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference