Kalori kwetiau rebus
Hidup Sehat Nutrisi

Berapa Kalori Kwetiau Rebus? Amankah Dikonsumsi saat Diet?

Putri Aprillia | Januari 28, 2022
Share

Apakah kamu salah satu penggemar kwetiau? Hidangan ini memang banyak disukai oleh orang Indonesia. Rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal membuatnya digemari banyak orang. Nah, jika kamu suka makan kwetiau, apakah kamu tahu berapa jumlah kalori kwetiau rebus?

Karena penting untuk mengatur asupan kalori yang dikonsumsi setiap hari, ada baiknya kamu mengetahui jumlah kalori dan kandungan yang ada pada kwetiau rebus. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu kwetiau?

Kwetiau merupakan mie yang dibuat dari tepung beras, warnanya putih, bentuknya pipih dan lebar. Kwetiau cukup populer di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Biasanya, kwetiau disajikan dengan cara digoreng, namun kwetiau juga bisa dihidangkan dengan kuah bersama dengan saus cabai. Kwetiau memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Ketika dihidangkan, kwetiau bisa ditambahkan daging, telur, bakso, tauge, dan bawang goreng.

Karena kwetiau kaya akan kalori, hidangan ini kurang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, obesitas, dan orang yang membutuhkan treatment khusus terkait kesehatannya. Ada dua jenis kwetiau, yaitu kwetiau kering dan kwetiau basah. Umur simpan kwetiau basah sekitar 1-2 hari. Kwetiau kering merupakan kwetiau basah yang telah dikeringkan. Hidangan ini juga cukup populer di kalangan keturunan Cina.

Bahan pembuat kwetiau

Bahan-bahan untuk membuat kwetiau antara lain:

  • Tepung beras
  • Tepung maizena
  • Tepung terigu
  • Air
  • Telur

Kwetiau basah dan kwetiau kering dibuat menggunakan bahan yang sama, yaitu tepung beras, tepung terigu, tepung maizena, air, dan telur. Namun, yang membedakannya, adalah takaran airnya.

Saat membuat kwetiau kering, jumlah air yang dicampurkan ke adonan harus lebih sedikit daripada bahan-bahan keringnya. Tujuannya, agar adonannya kalis. Sebaliknya, saat membuat kwetiau basah, jumlah airnya harus lebih banyak agar adonannya kental.

Kandungan dalam kwetiau rebus

Dalam kwetiau rebus, terdapat beberapa kandungan berikut ini.

Kalori

Kalori menunjukkan berapa jumlah energi yang bisa diperoleh dari makanan atau minuman. Kandungan ini penting untuk memenuhi energi yang dibutuhkan saat melakukan aktivitas. Selain itu, energi ini juga akan digunakan untuk mendukung performa organ tubuh.

Karbohidrat

Agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh memerlukan karbohidrat. Kandungan ini juga terdapat pada kwetiau rebus. Glukosa pada karbohidrat dapat diubah menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh.

Lemak

Lemak merupakan zat yang dapat memberikan energi yang tinggi bagi tubuh. Bahkan, bisa lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat dan karbohidrat. Lemak juga dapat ditemukan pada kwetiau rebus.

Protein

Salah satu kandungan lainnya yang ada pada kwetiau rebus adalah protein. Protein penting dalam membangun dan menjaga otot, kulit, organ, dan hormon. Zat ini juga diperlukan oleh jaringan tubuh.

Kalori kwetiau rebus

Dalam satu porsi kwetiau rebus terdapat 409 kalori. Selain itu, dalam satu porsi kwetiau juga terdapat 10,2 gram lemak, 52,6 gram karbohidrat, dan 26,2 gram protein. Lantas, apakah kwetiau rebus tinggi kalori?

Dilansir dari Alodokter, salah satu makanan yang memiliki kalori yang tinggi adalah nasi. Berdasarkan data yang dicatat pada Fat Secret, satu porsi nasi putih memiliki 135 kalori. Buah alpukat juga termasuk buah dengan kalori tinggi.

Buah alpukat dengan ukuran 200 gram memiliki kurang lebih 332 kalori. Seperti yang telah dibahas, kwetiau rebus memiliki 409 kalori. Dibandingkan makanan tinggi kalori lainnya, seperti buah alpukat dan nasi putih, ternyata kwetiau rebus memiliki kalori yang lebih tinggi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kwetiau rebus merupakan makanan tinggi kalori. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan kesukaanmu, termasuk kwetiau rebus. Namun, perlu diingat bahwa kwetiau termasuk dalam kategori makanan tinggi kalori. Jadi, jangan konsumsi kwetiau secara berlebihan, ya.

 

Reference
Share