Mungkin sebagian dari kamu pernah merasakan tumit kaki sakit. Ternyata, bisa jadi karena kamu melakukan jalan kaki, dan berlari. Tentu hal ini akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari, bukan? Padahal, tumit merupakan tulang terbesar di kaki, hal ini diimbangi dengan tugas berat menopang tubuh saat berdiri atau berjalan.

Jika kita terlalu sering berjalan, berjalan dengan alas kaki yang buruk atau mengalami cedera pada tumit, maka hal-hal tersebut dapat menyebabkan nyeri tumit. Nyeri pada tumit akan bervariasi, dari ringan hingga berat hingga kamu tidak bisa berdiri apalagi berjalan. 

Dalam kebanyakan kasus, ketika seseorang mengalami nyeri tumit, diperlukan bantuan spesialis dalam mendiagnosis penyebab dan mengobatinya. Nyeri tumit bisa berasal dari tulang, otot, atau tendon. 

Nyeri tumit memiliki banyak penyebab yang biasanya berhubungan dengan penggunaan tumit yang berlebihan. Misalnya, berjalan di permukaan yang kasar, kelebihan berat badan, atau memakai sepatu yang tidak sesuai dengan standar kesehatan, adalah penyebab yang sering terjadi. Yuk, cari tahu lebih lanjut penyebab tumit kaki sakit di bawah ini!

Nyeri tumit adalah

Nyeri tumit sering terjadi saat kamu selesai berolahraga atau berdiri dalam waktu yang lama. Umumnya, rasa sakit di bagian permukaan tumit maupun di belakang tumit, tapi ada juga yang mengalami rasa sakit di kaki sebelah tumit. 

Kondisi nyeri tumit umum terjadi pada semua orang mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua, namun umumnya menyerang orang tua dan orang dewasa yang pernah mengalami cedera tumit. Meskipun nyeri tumit jarang disebabkan oleh kondisi yang serius, namun dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terutama saat berolahraga.

Nyeri tumit umumnya meningkat intensitasnya dari waktu ke waktu jika tidak ditangani dengan benar. Rasa sakit yang timbul umumnya mengganggu aktivitas dan terutama dirasakan saat beban tubuh bertumpu pada tumit. 

Biasanya nyeri tersebut dapat dialami pada pagi hari setelah bangun tidur dan berangsur-angsur akan membaik saat melakukan aktivitas. Nyeri seringkali hanya terjadi satu kali dan hilang dengan cepat tetapi dapat muncul kembali kapan saja.

Penyebab umum tumit kaki sakit

Penyebab utama nyeri tumit adalah penggunaan yang berlebihan, berat badan yang tidak proporsional, dan cedera terus-menerus yang disebabkan oleh aktivitas fisik seperti berlari dan jogging.

Hal ini karena tumit menyerap sebagian besar berat badan seseorang dan berlari memberi lebih banyak tekanan pada tumit. Dalam hal ini, atlet cenderung memiliki risiko lebih besar terkena kondisi ini. 

Penyebab tumit kaki sakit paling umum, baik pada atlet maupun non-atlet adalah plantar fasciitis yang merupakan jaringan fibrosa yang terletak di bawah kaki, dirancang untuk menopang bagian bawah dan lengkungan kaki. 

Melompat dan berlari yang berlebihan, pronasi kaki yang berlebihan dan kelebihan berat badan dapat menyebabkan plantar fasciitis menjadi terlalu teregang dan rusak, menyebabkan peradangan dan nyeri pada kaki dan tumit.

Nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis, biasanya terasa di bawah tumit, umumnya terkait dengan berlari dan lebih sering terjadi pada wanita. Nyeri tumit jarang terjadi secara bersamaan di kedua kaki. Jika kedua kaki terasa nyeri, bisa disebabkan oleh kondisi sistemik, seperti peradangan atau gangguan saraf .

Plantar fasciitis, ditandai dengan rasa sakit saat bangun di pagi hari atau setelah periode istirahat. Rasa sakit biasanya membaik setelah peregangan dan berjalan, tetapi membawa beban berat untuk waktu yang lama membuat rasa sakit semakin parah.

Faktor risiko tumit kaki sakit

Ada berbagai macam penyebab tumit kaki sakit, pastikan kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu apa yang membuat tumit kamu sakit. Berikut 6 penyebabnya, di antaranya:

1. Keseleo 

Salah satu penyebab nyeri tumit yang paling umum adalah karena keseleo. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk tumit. Tingkat keparahannya juga bisa bervariasi, mulai dari gejala ringan hingga berat.

2. Pronasi berlebihan

Pronasi berlebihan adalah suatu kondisi di mana kaki menekuk ke dalam, menyebabkan ligamen dan tendon di bagian belakang tumit meregang terlalu banyak. Ini dapat terjadi ketika cedera pada tulang belakang, pinggul, atau lutut mengubah cara seseorang berjalan.

3. Tendinitis achilles

Tendinitis achilles atau radang tendon Achilles yang merupakan jaringan ikat yang membentang di sepanjang bagian belakang tumit, menghubungkan tulang tumit ke otot betis. Sering terjadi pada orang-orang yang aktif, suka berolahraga seperti jogging, pelari, penari, maupun atlet profesional lain. 

Meskipun gejalanya biasanya ringan, kamu harus segera menghubungi dokter jika:

  • Sakit tumit sangat buruk
  • Rasa sakit yang muncul tiba-tiba
  • Ada kemerahan di tumit
  • Sakit tumit disertai pembengkakan
  • Tumit sakit saat jalan
  • Rusak karena tekanan yang berlebihan

Fraktur stres pada tumit sering terjadi pada atlet atau pelari jarak jauh, yang terus meningkatkan jarak lari mereka dalam waktu singkat. Tekanan berlebihan yang selalu diterima oleh tulang di bagian tumit, lama kelamaan menyebabkannya patah.

4. Taji tumit

Kondisi ini terlihat sebagai benjolan, dan terbentuk di lokasi fasia yang menghubungkan ke tulang tumit. Disebabkan oleh ketidakseimbangan biokimia tubuh, olahraga seperti lari atau jogging, dan seringnya memakai sepatu yang tidak pas. Hal ini tentu menjadi penyebab tumit kaki sakit dan tidak nyaman.

5. Bursitis

Tumit bursitis terjadi ketika ada peradangan pada bagian belakang tumit yang disebut bursa. Bursa adalah kantung yang terbuat dari serat berserat dan berisi cairan.

Bursitis dapat terjadi jika kamu mendarat di posisi yang salah setelah melompat, atau jika kamu memberi tekanan pada kaki kamu. Jika kamu mengalami kondisi ini, rasa sakit akan terasa di belakang tumit, atau hanya di dalam tumit.

Bursitis juga terkadang menyebabkan pembengkakan pada otot Achilles. Jika tidak segera diobati, rasa sakit di tumit akan semakin parah.

Untuk mengurangi tekanan pada tumit, hindari bertumpu pada kaki kamu dan lebih memilih untuk duduk. Dalam beberapa kasus, penyebab tumit kaki sakit terkadang adalah tidak menggerakkan kaki selama beberapa hari. Menggunakan kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan.

Share artikel ini
Reference