kalori ikan goreng

Indonesia merupakan negara maritime yang popular dengan beragam ikannya. Ikan menjadi salah satu menu harian yang kerap dijumpai di rumah-rumah. Dengan jenisnya yang beragam, ikan juga dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan penggugah selera, salah satunya ikan goreng.

Namun kamu perlu hati-hati dan waspada akan berapa banyak asupan ikan goreng yang kamu santap karena ini erat kaitannya dengan kalori ikan goreng yang cukup besar, yuk simak berapa batasan kalori ikan goreng agar tidak menjadi penggagal diet kamu!

Berapa kalori ikan goreng?

Ikan yang digoreng memang jadi lebih menggugah selera ya? Apalagi jika dimakan saat panas, dengan nasi hangat dan sambal bawang. Siapapun tentu akan semakin bersemangat dalam menyantapnya. Namun untuk kamu yang sedang dalam program diet dan ingin menurunkan berat badan, kalori ikan goreng wajib kamu kurangi.

Menurut Fatsecret dalam setiap menu ikan terdapat kalori yang perlu kamu ketahui. Beberapa daftar jenis ikan goreng yang sering kamu santap memiliki nilai kalori sebagai berikut:

  • Ikan tongkol goreng memiliki 200 kkal 
  • Ikan mujair goreng memiliki 169 kkal 
  • Ikan kembung memiliki 167 kkal kalori
  • Ikan layang memiliki 112 kkal kalori
  • Ikan mas goreng memiliki 100 kkal kalori
  • Ikan bandeng goreng memiliki 233 kkal kalori
  • Ikan belanak goreng memiliki 169 kkal kalori

Baca juga:

Kandungan nutrisi ikan goreng

kaloti ikan goreng

Selain itu, pada jenis ikan goreng fillet sebanyak 85 gram mengandung:

  • Kalori 211kkal
  • Lemak total 11 gram 
  • Lemak jenuh 2,5 gram 
  • Karbohidrat 15 gram
  • Protein 13 gram
  • Serat 1/2 gram 
  • Natrium 484 mg 
  • Kolesterol 31 mg 

Batasan kalori yang perlu kamu ketahui saat diet adalah 1 porsi atau sebanyak 3 ons saja. Jumlah ini sudah cukup untuk dikonsumsi satu kali makan. Beberapa hidangan mungkin menyajikan porsi ikan goreng yang besar sehingga kalorinya akan bertambah lebih banyak.

Kalori ikan goreng yang disajikan bersama dengan bahan pelengkap lain seperti saus sambal, mayones, keju, kentang goreng tentu akan menyumbang lebih banyak kalori sehingga perlu diseimbangkan dengan konsumsi banyak buah dan sayur pelengkap.

Pedas Menggigit, Ini Kalori Ayam Geprek yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat mengonsumsi ikan

ikan

Menggoreng merupakan salah satu jenis atau cara pengolahan makanan. Namun yang perlu diketahui adalah bahwa terkadang cara masak tertentu dapat menghilangkan nutrisi yang terdapat dalam bahan makanan, khususnya ikan.

Menyantap kalori ikan goreng tidak direkomendasikan secara berlebihan dan sebaiknya diolah dengan cara lain sehingga manfaat ikan goreng dapat terasa lebih baik untuk kesehatan. Manfaat mengonsumsi banyak ikan antara lain:

Membantu pertumbuhan otak anak

Ikan mengandung tinggi asam lemak omega 3, salah satu zat gizi terbaik agar dapat menjaga kesehatan otak baik pada anak-anak hingga orang dewasa. Fungsi otak akan bekerja lebih baik dan meningkat jika sering mengonsumsi berbagai jenis ikan. 

Menurunkan risiko alzheimer

Manfaat ikan untuk dewasa juga tak kalah penting. Ikan dipercaya dapat memberikan dan meningkatkan ingatan dalam pembelajaran. Terdapat kaitannya erat antara konsumsi ikan dengan meningkatkan daya ingat seseorang. Ikan juga dipercaya dapat menurunkan risiko alzheimer dan penurunan fungsi kognitif tubuh manusia.

Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Ikan dikenal memiliki kandungan vitamin d yang baik untuk penyerapan mineral. Kesehatan gigi dan tulang akan semakin terjaga saat kamu sering mengonsumsi kalori ikan goreng. Kesehatan sistem gerak, gangguan tulang dan pertumbuhan gigi akan semakin baik dengan nutrisi dari beragam olahan ikan.

10 Makanan yang Mengandung Mineral dan Manfaatnya!

Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengutip dari kementerian Kesehatan RI dan the American heart association, mengonsumsi ikan 2x seminggu dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Hal ini disebabkan ikan memiliki kandungan tinggi magnesium, kalium dan kalsium yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Asam lemak omega 3 pada ikan dapat mengontrol kolesterol dan lemak sehingga tetap stabil dan terjaga.

Meningkatkan kualitas tidur

Ikan dikenal sebagai salah satu makanan penyumbang vitamin d yang tinggi. Kekurangan dalam mengonsumsi vitamin ini akan menyebabkan tidur menjadi tidak berkualitas.

Jika kamu mengalami masalah ini, cobalah konsumsi jenis ikan goreng favorit kamu untuk meningkatkan nilai gizi harian, memperbaiki kualitas tidur dan menurunkan berbagai risiko penyakit

Mengonsumsi ikan goreng pada batas wajar tentu saja masih dibolehkan asal dimasak dengan cara yang benar, minyak yang dipakai merupakan jenis minyak baru dan rendah kalori serta dimasak dengan waktu yang sesuai agar nutrisi ikan goreng tetap terjaga. 

Share artikel ini
Reference