Menu sahur sehat
Gaya Hidup Hidup Sehat

10 Manfaat Menu Sahur Sehat untuk Keluarga, Catat Yuk!

Putri Aprillia | Maret 31, 2022
Share

Menjelang bulan Ramadhan, tentu kamu akan mulai terbiasa untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka selama sebulan penuh ya ladies. Salah satu yang paling penting ketika menjalani puasa adalah memilih menu sahur sehat sebagai bekal menjalani puasa selama seharian.

Jenis makanan apa saja yang direkomendasikan untuk makan sahur dan apa manfaat konsumsi menu sehat di bulan puasa? Simak yuk dan segera buat daftar menu sahur sehatmu!

Kenali menu sahur sehat

Menu sahur penting disiapkan sebagai bekal menjalani puasa. Banyak orang yang menganggap remeh makan sahur padahal manfaatnya sangat besar. Dibutuhkan makan makanan sahur sehat karena nutrisinya penting untuk membantu tubuh tetap fit berpuasa selama seharian.

Kamu wajib mengenal jenis makanan apa saja yang harus ada di meja sahurmu. Kandungan dan nutrisi apa saja untuk menu sahur yang sehat? Makanan untuk sahur wajib mengandung:

Makanan sumber karbohidrat kompleks sebagai energi utama seperti nasi merah, gandum, sereal, kentang dan sebagainya.

  • Makanan sumber protein, seperti ayam, ikan, daging tanpa lemak, susu, keju, kacang dan biji.
  • Sumber vitamin, zat besi, kalium, asam folat dan magnesium, seperti buah dan sayuran.
  • Air putih untuk cegah dehidrasi dan memperlancar metabolisme tubuh.

Apa saja menu sahur sehat

Menu makanan untuk sahur tentu saja harus sehat dan bisa memberikan kecukupan energi. Menu sahur harus mencukupi makanan berikut ini:

Sayur-sayuran dan buah-buahan

Buah dan sayur sangat penting sebagai menu sahur sehat karena dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat, vitamin, mineral dan fitokimia penting untuk kesehatan tubuh selama berpuasa.

Nasi dan alternatifnya

Menu makan untuk sahur harus mengandung karbohidrat dengan serat tinggi, jika tidak ingin makan nasi, pilih bahan makanan lain yang mempunyai kandungan sama seperti beras merah atau roti gandum. Bahan makanan ini membantu kenyang lebih lama dan tingkat energi tubuh lebih tinggi.

Daging dan alternatifnya

Sumber protein harus cukup dalam menu makan sahur yang sehat. Selain daging, ikan, ayam atau produk susu rendah lemak bisa menjadi pilihan. Kandungan dalam bahan makanan ini bisa membuat kekebalan tubuh terjaga, membangun jaringan tubuh dan memperbaikinya.

Jenis makan sahur sehat ini bisa dimasak dengan cara sehat juga seperti membatasi penggunaan minyak dan memilih kukus, panggang atau rebus. Jika ingin memakai minyak, maka gunakan minyak tinggi lemak tak jenuh, pilih minyak kedelai atau canola agar masakan jauh lebih sehat.

10 Manfaat menu sahur sehat

Mengapa makan sahur sangat penting untuk menjaga kestabilan dan energi tubuh? Berikut manfaat sahur dengan makanan sehat untuk kamu dan keluarga:

1. Mempersiapkan tubuh untuk berpuasa

Sahur bisa dikatakan sebagai cara tubuh untuk menyiapkan perubahan pola makan. Tubuh akan memulai detoksifikasi dari makan 3-4 kali sehari menjadi 2 kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Sahur bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan puasa.

Sahur akan mencegah tubuh kamu mengalami kelaparan ekstrem dan menggunakan lemak yang disimpan sebagai cadangan dalam tubuh. Makanan sehat dibutuhkan agar tubuh dapat beradaptasi dengan perubahan besar ini.

2. Mencegah hipoglikemia

Sahur merupakan waktu untuk dapat mengisi energi tubuh. Tubuh membutuhkan glukosa darah untuk membuat semua sel bekerja. Tanpa adanya makan sahur, tubuh mungkin mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan gemetar, pusing, lemas, keringat dingin dan gejala kekurangan glukosa lainnya.

3. Menghindari penurunan berat badan drastis

Penurunan berat badan bisa terjadi selama bulan puasa. Makan menu sahur sehat membantu tubuh untuk menghindari penurunan berat badan secara ekstrem yang akan beresiko buruk untuk kesehatan.

4. Mencegah dehidrasi

Setiap hari, tubuh membutuhkan 2 liter air agar dapat menjaga kecukupan cairan tubuh. Kesempatan minum air saat bulan puasa menjadi berkurang sehingga makan sahur dibutuhkan agar tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Dehidrasi dapat menyebabkan badan lemas, rasa haus, dan kurang konsentrasi.

5. Mencegah asam lambung naik

Asam lambung bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati, mual, muntah, rasa terbakar di dada dan sebagainya. Makan sahur saat menjalani puasa dapat mencegah asam lambung naik berlebihan dan membuat puasa menjadi lebih lancar.

6. Mencegah tubuh kehilangan massa otot

Sahur dengan makanan sehat bisa menjadi cara untuk memperbaiki metabolisme serta massa otot yang berkurang selama berpuasa. Sebaiknya, saat makan sahur perbanyak makanan mengandung protein agar bisa membantu kenyang lebih lama dan meningkatkan massa otot saat berpuasa.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menu sahur sehat bisa membantu daya tahan tubuh meningkatkan dan mencegah berbagai penyakit datang. Selalu ingat untuk makan menu sahur segar dengan gizi dan nutrisi seimbang.

8. Menghindari penyakit akibat sindrom metabolic

Makan sahur sehat dapat membantu tubuh untuk menghindari risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan stroke yang biasanya disebabkan karena sindrom metabolic. Sindrom ini adalah kondisi kesehatan yang memburuk secara bersamaan. Indikasinya berupa kolesterol, gula darah, tekanan darah hingga penumpukan lemak.

9. Mencegah gangguan pencernaan

Pola makan yang teratur seperti sahur dan buka dapat menghindarkan kamu dari gangguan pencernaan. Pastikan hanya makan makanan yang sehat dan bergizi agar dapat menjalani puasa dengan lancar.

10. Melancarkan program diet

Bagi kamu yang berdiet, sahur bisa menjadi cara agar tujuan program diet kamu lancar. Sebaiknya dukung dengan hanya makan makanan sehat bergizi agar tubuh tetap bisa langsing tanpa kehilangan energi.

Makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur

Menu sahur sehat mudah ditemukan dan diolah ya, namun apakah ada menu atau bahan yang sebaiknya dihindari saat sahur? Yuk simak daftarnya:

  • Makanan kering. Jenis makanan ini akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga tubuh akan mudah lelah. Makanan yang digoreng bisa dimakan sebagai menu makan malam.
  • Minuman yang mengandung sukrosa. Makanan mengandung sukrosa tidak cukup untuk tubuh yang membutuhkan fruktosa dan glukosa seperti kurma dan tidak merekomendasikan teh dengan gula.
  • Makanan dengan lemak jenuh. Saat sahur dan berbuka, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dapat dicerna bertahap dan perlahan. Kamu dapat mengonsumsi makanan protein rendah lemak agar tubuh tidak cepat lelah.
  • Makanan pemicu asam lambung. Hindari makanan yang dapat memicu asam lambung baik saat sahur atau berbuka. Contohnya adalah makanan asam, pedas dan mengandung kafein.
  • Makanan yang menimbulkan gas. Hindari makanan yang bisa menimbulkan gas seperti durian, nanas, dan minuman berkarbonasi. Hindari makanan tinggi kalori karena bisa menyebabkan dehidrasi dan proses detoksifikasi tubuh.

Menu sahur sehat wajib ada di meja sahurmu ya ladies. Menu sahur yang sehat dapat membantu tubuh tetap dapat beradaptasi selama berpuasa dan membantu kesehatan tubuh saat mengalami perubahan pola makan selama bulan ramadhan.

Reference
Share