makanan untuk penderita maag

Penyakit maag atau sakit maag merupakan penyakit pada saluran cerna yang paling banyak diderita orang. Pada kebanyakan orang, penyakit maag tidak menimbulkan masalah yang serius.

Penyakit ini akan sembuh dengan cepat setelah diberikan obat (obat asam lambung), namun pada sebagian kecil orang, hal ini dapat menimbulkan masalah serius hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. hari.

Jika tidak ingin gejala maag kambuh, jangan konsumsi makanan pantangan bagi penderita asam lambung, tapi konsumsilah makanan yang dianjurkan saja. Yuk, simak rekomendasi makanan untuk penderita maag, biar nggak asal-asalan lagi!

Rekomendasi makanan untuk penderita maag

pertolongan pertama saat maag kambuh

Makanan berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung karena dapat membantu mengurangi pembentukan asam berlebih pada lambung, makanan tersebut antara lain:

1. Pisang

Merupakan buah yang banyak mengandung potasium. Satu buah pisang berukuran yang sedang memiliki kandungan 422 mg potasium. Bagi penderita asam lambung, potasium pada pisang dapat membantu menetralkan kelebihan asam di lambung.

2. Blewah

Dalam 100 gram melon terkandung 309 mg potasium. selain dapat menetralkan asam lambung, melon juga merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik.

3. Kentang

Mengandung potasium, tapi potasiumnya tidak sebanyak pisang, 100 gram kentang mengandung 200 mg potasium. Selain sebagai sumber potasium, kentang juga merupakan sumber karbohidrat yang baik.

4. Brokoli

Merupakan sayuran yang mengandung sulforaphane, yaitu suatu senyawa bakterisida yang mematikan kuman Helicobacter pylori. Dengan mengkonsumsi brokoli dua kali sehari dapat membantu menyembuhkan penyakit maag.

5. Yoghurt

Yoghurt memiliki bakteri baik yang meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri di perut. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan berbagai buah-buahan seperti pir, apel, dan pepaya. Makanan lain yang mengandung probiotik yakni kombucha, dan kefir bisa kamu konsumsi.

Yogurt Rendah Lemak, Asupan Bernutrisi untuk Diet

6. Daging sapi, ikan, dan ayam

Daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, atau ikan dianggap aman dikonsumsi oleh penderita maag. Namun ingat, kamu disarankan untuk memilih protein yang rendah lemak. Selain itu, daging yang tidak digoreng seperti dipanggang atau direbus sangat dianjurkan.

7. Melon

Melon adalah sumber vitamin A, vitamin C, thiamin, magnesium, folat, dan potasium yang sangat baik. Melon juga dianjurkan untuk penderita asam lambung karena 100 gram melon mengandung 280 mg potasium.

Hindari makanan ini untuk penderita maag

contoh makanan lemak jenuh

Makanan berikut merupakan makanan yang dilarang bagi penderita asam lambung karena dapat meningkatkan pembentukan asam lambung dan mengiritasi lambung, makanan yang dimaksud antara lain:

1. Makanan berminyak dan berlemak

Makanan untuk penderita maag yang sebaiknya kamu hindari seperti gorengan dan jeroan hewan juga merupakan makanan pantangan karena mengandung lemak trans yang jika dikonsumsi penderita asam lambung dapat mengiritasi lambung.

Makanan keras dan sulit dicerna seperti talas, singkong, beras ketan juga pantangan karena makanan tersebut dapat langsung melukai lambung, dan ini akan membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencernanya dengan cara meningkatkan produksi asam lambung.

2. Minuman mengandung kafein

Seperti kopi, teh, cola juga pantangan karena kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan produksi asam lambung.

5+ Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati

3. Makanan yang mengandung alkohol

Aneka makanan seperti tape singkong, tape ketan, manisan sayur, manisan buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena kandungan alkoholnya dapat langsung meningkatkan asam lambung dan mengiritasi lambung.

4. Buah asam

Seperti belimbing wuluh, nanas, lemon, kedondong, belimbing wuluh, mangga muda sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena kadar asam pada buah ini dapat meningkatkan suasana asam di lambung.

Cara cepat menyembuhkan maag

Selain konsumsi makanan untuk penderita maag yang direkomendasikan, cara mengobati sakit maag umumnya akan bergantung pada tingkat keparahan penyakit dan sudah berapa lama kamu mengalami kondisi ini. Jika gejalanya ringan dan jarang terjadi, perubahan gaya hidup dapat meredakan tukak lambung.

Kamu dapat meredakan sakit maag dengan cara:

  • Hindari makanan atau minuman yang dapat memicu gangguan pencernaan, seperti makanan pedas, asam, tinggi lemak, kopi
  • Sering makan porsi kecil yakni 5-6 kali
  • Mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol dan kafein
  • Tidur cukup setiap malam minimal 7 jam

Pada kasus maag yang parah, kamu harus merubah gaya hidup lebih sehat. Selain itu, dokter juga akan memberikan resep obat seperti:

  • Antasida, seperti kalsium karbonat, loperamide, simetikon atau natrium bikarbonat.
  • Antagonis reseptor H2, seperti cimetidine, famotidine, nizatidine atau ranitindine Proton-Pump
  • Inhibitors (PPIs), seperti esomeprazole, lansoprazole, omeprazole atau pantoprazole Prokinetik, seperti bethanechol, metoclopramide digunakan untuk membantu mengosongkan perut.
  • Antibiotik, seperti amoksisilin, klaritromisin, metronidazol, tetrasiklin atau tinidazol, jika penyebabnya adalah infeksi bakteri

Sakit maag terjadi akibat kadar asam lambung yang berlebih. Pasalnya, asam lambung bisa memecah dinding lambung sehingga menyebabkan iritasi dan peradangan.

Hal ini berakibat pada proses pencernaan yang terjadi di lambung terganggu sehingga muncul gejala maag.

Umumnya, maag memang penyakit ringan yang tidak memerlukan pemeriksaan dokter. Namun demikian, beberapa kasus maag lebih parah sebaiknya pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

___

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference