pantangan haid

Saat haid, tak jarang wanita merasakan nyeri, kembung, dan perubahan suasana hati. Salah satu cara untuk mengurangi keluhan tersebut adalah dengan menghindari pantangan saat haid. Pasalnya, beberapa makanan disinyalir dapat memperburuk keluhan menstruasi yang kamu alami. 

Yuk, cari tahu apa saja pantangan saat haid.

Berbagai macam pantangan saat haid

Berikut beberapa macam pantangan ketika menstruasi:

1. Garam

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi patut dihindari baik menjelang menstruasi maupun ketika sedang haid. Ini berguna untuk mengurangi rasa kembung dan berkumpulnya cairan pada pembuluh darah. 

Kamu bisa mengkonsumsi makanan rendah garam dengan mengurangi camilan dengan kandungan garam tinggi seperti kentang goreng. 

2. Kafein

Baik menjelang haid ataupun ketika haid, kamu juga sebaiknya menghindari minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti kopi. Pasalnya, kafein dapat memicu rasa gelisah dan cemas sehingga dapat menyebabkan sulit tidur. Hal ini dapat berpengaruh buruk pada mood. 

Kafein

Bukan hanya itu, kandungan kafein juga dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat menimbulkan maag sehingga rasa tidak nyaman ketika menstruasi dapat meningkat. 

Batasi makanan atau minuman dengan kandungan kafein seperti kopi, minuman berenergi, minuman bersoda atau makanan dengan kandungan kopi di dalamnya. 

3. Lemak

Pantangan saat haid selanjutnya adalah makanan berlemak. Pasalnya, makanan ini dapat menyebabkan kembung ketika menstruasi. Makanan berlemak yang sebaiknya kamu hindari adalah keju, sosis, daging berlemak, dan makanan bersantan. 

4. Alkohol

Minuman beralkohol juga harus dihindari saat kamu menstruasi. Pasalnya, alkohol dapat memperburuk rasa sakit PMS. Bukan hanya itu, alkohol juga menyebabkan gula darah turun sehingga meningkatkan rasa gelisah, sensitif, sakit kepala dan cepat marah. 

Apa yang harus dikonsumsi saat haid? 

Beberapa makanan memang sebaiknya dihindari ketika haid, namun ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi ketika sedang menstruasi, diantaranya:

1. Buah

Buah yang kaya akan kandungan air seperti semangka dan mentimun akan membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, manis alami dari buah juga dapat menjadi alternatif untuk mengurangi konsumsi gula rafinasi. Pasalnya, gula ini dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat meningkatkan kadar zat besi yang dibutuhkan tubuh. Apalagi, ketika haid, tubuh kerap mengalami penurunan kadar zat besi ini. Hal ini dapat menyebabkan nyeri, kelelahan dan pusing. 

3. Jahe

Jika perut terasa tidak nyaman ketika haid, kamu bisa minum jahe hangat yang menenangkan rasa mual dan tidak nyaman pada perut. Namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut. 

4. Ayam

Ayama kaya akan zat besi dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan protein pada ayam juga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Alhasil, kamu bisa menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman pantangan saat haid. 

5. Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3, zat besi dan protein. Kandungan zat besi dapat mengatasi penurunan kadar zat besi dalam tubuh ketika haid. Omega-3 bermanfaat untuk mengurangi intensitas nyeri haid. Selain itu, omega-3 juga dapat membantu mengatasi perubahan suasana hati ketika haid. 

6. Kunyit

Sudah sejak lama, kunyit dijadikan sebagai bahan alami untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid dan mengatasi gejala PMS lainnya. Ini karena kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan kurkumin yang dapat mengurangi gejala haid yang parah. 

Tips menghindari pantangan saat haid

Tips menghindari pantangan haid

Menghindari beberapa pantangan saat haid mungkin bukan hal yang mudah. Kamu bisa mencoba beberapa tips ini untuk menghindari pantangan tersebut:

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur, buah, gandum utuh dan kacang-kacangan
  • Kunyah makanan perlahan
  • Alihkan rasa ingin makan makanan pantangan ketika haid dengan minum air putih
  • Kelola stres dengan baik. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa ingin makan berlebih
  • Lakukan olahraga teratur dan terapkan pola makan sehat. Cara ini akan mengurangi rasa sakit ketika nyeri haid muncul. 

Period Talk: Kata pakar tentang pantangan haid

Menurut dr. Wisniaty Condro, cara mudah untuk menangani pantangan haid adalah melalui makanan.

“Selama haid, wanita mengalami kehilangan darah dan perubahan hormonal. Pada waktu yang bersamaan hindari lah beberapa makanan,” ujar dr. Wisniaty.

Apa saja makanan pantangan haid? Seperti berikut ini :

  • Makanan yang mengalami banyak proses pengolahan seperti penambahan gula, garam, dan lemak (Processed foods)
  • Permen dan cemilan
  • Alkohol
  • Makanan pedas
Dr. Wisniaty mengatakan, konsumsi makanan tersebut akan semakin memperberat gejala kembung dan mual selama haid, loh. Selain itu, mengonsumsi garam dan kafein saat menstruasi dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan retensi cairan dan membuat kamu menjadi kembung.
“Juga, kafein dalam jumlah berlebih dapat memicu nyeri kepala dan masalah pada pencernaan. Jadi konsumsilah garam dan kafein dalam porsi yang cukup,” kata dr. Wisniaty.
Jika kamu masih punya banyak pertanyaan seputar menstruasi, jangan lewatkan series Period Talk bersama dr. Wisniaty Condro di media sosial Yoona, ya.
Share artikel ini
Reference