minum air hangat saat haid

Yoonies, apakah kamu suka minum air hangat saat haid? Minum air putih hangat menjadi salah satu pilihan karena memang dapat menenangkan tubuh dan perut.

Kondisi haid yang disertai dengan berbagai gejala menyebabkan otot perut kram sehingga terasa sangat nyeri pada awal siklus dimulai.

Apa saja manfaat minum air hangat saat haid dan jenis minuman apa saja yang dianjurkan saat kamu sedang datang bulan. Berikut ulasannya!

Manfaat minum air hangat saat haid

minum air hangat saat haid

Pada saat menstruasi, berbagai gejala memang sangat umum menyertai, seperti sakit kepala, tubuh pegal-pegal, nyeri perut, dan berbagai kondisi tidak nyaman lainnya.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, terkadang minum air hangat saat haid bisa menjadi solusi yang tepat.

Air putih memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Para tenaga kesehatan juga merekomendasikan minum air dalam sehari sebanyak 2 liter atau disesuaikan dengan berat badan tubuh. Beberapa manfaat minum air hangat, khususnya pada saat haid antara lain:

1. Mengatasi sakit kepala

Wanita yang sedang haid terkadang mengalami sakit kepala hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Minum air hangat dapat memberikan kenyamanan dan mengurangi sakit kepala dengan cepat.

2. Meredakan stress

Beberapa wanita pada saat haid mengalami perubahan suasana hati yang signifikan hingga menimbulkan stress. Air hangat dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat otot lebih relaks. 

7 Penyebab Haid Hanya 1 Hari, Faktor Stres Ternyata Berpengaruh!

3. Mengatasi mual

Terkadang wanita yang sedang haid juga mengalami mual. Mual dapat diatasi dengan minum air putih hangat secara berkala. Manfaatnya tak hanya melawan dehidrasi, namun juga sebagai obat alami tubuh.

4. Meredakan nyeri perut dan sendi

Wanita haid pada awal siklus sering mengalami nyeri perut hingga nyeri sendi sehingga membuat badan pegal-pegal. Air hangat dapat meredakan ketegangan saraf, mengatasi dehidrasi dan meredekan nyeri perut.

5. Meredakan gejala flu

Tak hanya gejala haid yang dapat diredakan, ternyata air hangat juga dapat meringankan gejala flu dan batuk.

Jika kondisi tubuh sudah tidak enak, cobalah konsumsi air hangat secara berkala agar mengurangi dehidrasi dan gejala flu.

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

6. Melegakan tenggorokan

Salah satu obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan adalah dengan minum air hangat. Gangguan tenggorokan akan dapat diatasi dengan mudah karena otot tubuh lebih rileks dan nyaman.

Minuman lain yang dapat dimanfaatkan antara lain jahe hangat yang dicampur madu dan perasan jeruk nipis.

7. Melancarkan aliran darah

Untuk kamu yang sering minum air hangat, tentu peredaran darah lebih lancar bukan?

Sirkulasi atau peredaran darah akan lebih lancar karena pembuluh vena dan arteri melebar saat tubuh mengonsumsi air hangat.

Secara tidak langsung manfaatnya juga dapat mencegah penyakit hipertensi hingga penyakit kardiovaskular.

8. Mengatasi sembelit

Jika kamu sering terserang sembelit, cobalah untuk mengonsumsi air hangat lebih sering. Air hangat dapat membawa manfaat yang baik untuk pencernaan sehingga mengatasi pencernaan yang terhambat.

Air hangat juga dipercaya dapat mengurangi partikel yang dapat membuat pencernaan terhambat dalam sistem tubuh.

Perut Kembung Saat Haid, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

9. Mengeluarkan racun tubuh

Pembuangan racun dalam tubuh dapat dibantu dengan konsumsi air hangat. Pembuangan racun dapat terjadi saat keringat keluar dan memperlancar proses detoksifikasi tubuh. 

10. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi air putih hangat sangat tepat untuk kamu yang sedang berdiet. Air hangat dapat membantu pencernaan lebih lancar sehingga prosesnya akan jauh lebih cepat dan perut semakin terasa lega.

Selain dengan minum air hangat saat haid yang penuh manfaat, kamu juga perlu tahu beberapa minuman yang dianjurkan untuk diminum saat haid. Apa saja jenis minuman itu?

4 Minuman yang Dilarang Saat Haid, Bisa Timbulkan Dehidrasi!

Minuman yang baik diminum saat haid

Minum air hangat saat haid memang sangat membantu kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Air putih hangat juga dapat meredakan berbagai keluhan haid hingga menghindarkan tubuh dari dehidrasi, kelelahan hingga nyeri.

Beberapa rekomendasi minuman saat haid untuk membantu mengurangi keluhan, seperti:

  • Jus buah. Kandungan buah-buahan yang bermanfaat dapat kamu nikmati juga dalam segelas jus.  Tubuh akan tetap terhidrasi dan membantu asupan gula dengan cara yang sehat.
  • Coklat panas. Segelas coklat hangat akan memberikan kehangatan dan kenyamanan untuk tubuh. Zat besi dan magnesium yang terkandung didalamnya dapat membantu gejala haid terasa lebih ringan.
  • Teh herbal. Teh herbal peppermint dapat mengurangi gejala haid dan mengatasi kelelahan, nyeri hingga diare yang dapat muncul pada wanita haid. 
  • Teh jahe. Jahe merupakan salah satu tanaman bermanfaat. Sifat anti inflamasi pada jahe dapat memberikan rasa nyaman dan nyeri menstruasi dapat lebih ringan. 
  • Kunyit. Kunyit dapat memengaruhi estrogen dan progesterone dalam tubuh sehingga memberikan rasa nyaman pada saat haid. Kunyit hanya perlu direbus dan tambahkan madu agar terasa lebih enak.
  • Yogurt. Kandungan magnesium dan kalsium pada yogurt dapat membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Nyeri perut dapat terasa lebih ringan dan kandungan nutrisinya juga sangat menyehatkan.

Minum air hangat saat haid bisa menjadi pilihan tepat untuk mengurangi berbagai gejala haid. Banyak minum air putih juga membantu tubuh lebih rileks dan menghiasinya dengan cepat. Jangan lupa selalu minum air ya, Yoonies!

Share artikel ini
Reference