Setelah melahirkan, tubuh ibu akan mengalami banyak perubahan, termasuk pada siklus atau periode menstruasi.

Hal tersebut mungkin bisa menyebabkan ibu hamil belum haid setelah melahirkan. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang bisa memicu kondisi tersebut. Cari tahu informasi lengkapnya di bawah ini!

Penyebab setelah melahirkan belum haid

penyebab belum haid setelah melahirkan

Faktanya, periode menstruasi yang masih belum teratur antara satu hingga tiga bulan setelah melahirkan masih bisa dikatakan normal.

Rata-rata ibu yang tidak menyusui, karena bayi diberi susu formula atau alasan lainnya, baru akan mulai haid 5-6 minggu setelah melahirkan. 

Namun, jika kamu tidak haid selama tiga bulan setelah melahirkan, segera konsultasikan dengan dokter. Umumnya, ada beberapa penyebab mengapa belum haid setelah melahirkan. Ini penyebabnya. 

1. Ibu masih menyusui

Salah satu kondisi yang menyebabkan menstruasi tidak kunjung datang setelah melahirkan adalah ibu masih menyusui.

Kondisi yang disebut lactational amenorrhea ini terjadi karena hormon yang memproduksi susu dan prolaktin, menghentikan periode ovulasi. Akibatnya, menstruasi tidak terjadi. 

2. Konsumsi pil KB

Konsumsi pil KB juga bisa menjadi penyebab belum haid setelah melahirkan. Kandungan hormon dalam pil KB bisa memengaruhi siklus menstruasi atau haid.

Beberapa wanita bisa menstruasi lebih sering, mengeluarkan lebih banyak darah, atau tidak haid sama sekali setelah rutin minum pil KB. 

8 Efek Samping Pil KB Yang Wajib Kamu Ketahui

3. Kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan yang terlalu banyak bisa mempengaruhi hormon tubuh dan memperlambat siklus menstruasi.

Hal ini terjadi karena lemak tubuh dapat memproduksi estrogen yang berlebihan dan mengganggu keseimbangan hormon tubuh .

4. PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan masalah kesehatan akibat hormon pria berjumlah lebih banyak daripada wanita.

Ibu yang baru saja melahirkan dan mengalami PCOS besar kemungkinan akan mengalami siklus haid tidak teratur. Ini karena PCOS merangsang pemicu kista ovarium yang menyebabkan tubuh sulit melepaskan sel telur. 

7 Penyebab Haid Hanya 1 Hari, Faktor Stres Ternyata Berpengaruh!

Apakah bisa hamil bila setelah melahirkan belum haid?

Ya, kamu bisa hamil dalam waktu tiga minggu setelah melahirkan, jika masih menyusui atau belum haid setelah melahirkan. Ini karena kamu subur ketika berovulasi sekitar 14 hari sebelum haid. 

Menyusui memang untuk sementara bisa menghentikan tubuh berovulasi selama beberapa bulan setelah persalinan. Namun, jika tidak menyusui, kamu bisa berovulasi hanya dalam beberapa minggu setelah melahirkan. 

Ladies, Ini Tanda-Tanda Menstruasi pada Ibu Menyusui

Kapan menstruasi datang setelah melahirkan?

Faktanya, kamu bisa kembali haid lagi sebulan hingga lebih dari setahun setelah melahirkan. Hal ini akan sangat bergantung pada bagaimana kamu memberi makan bayi karena menyusui biasanya menghentikan ovulasi sementara dan bisa menunda haid. 

Jika memberikan susu formula, haid mungkin akan kembali dalam enam hingga delapan minggu setelah melahirkan.

Bila memberikan ASI secara eksklusif, kamu mungkin perlu menunggu beberapa bulan hingga satu tahun sebelum kembali haid. 

Haid Pertama Setelah Melahirkan, Apakah Akan Ada Bedanya?

Cara alami mengembalikan siklus haid kembali normal

Walaupun belum haid setelah melahirkan adalah hal yang lumrah, kamu mungkin ingin mencoba mengembalikan siklus menstruasi.

Hal ini tentu akan membantu kamu menjalankan KB alami setelah melahirkan atau ingin mencoba hamil kembali. Untungnya, ada beberapa cara alami untuk membantu mengatur siklus haid kamu. Apa saja?

1. Pola makan sehat

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi, termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein sehat. Hindari makanan olahan, makanan cepat saji, dan gula berlebihan.

2. Kelola stres

Stres dapat memengaruhi hormon dalam tubuh dan mengganggu siklus haid. Lakukan kegiatan relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau olahraga ringan, untuk mengurangi stres.

3. Jaga berat badan seimbang

Kondisi berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi siklus haid. Usahakan untuk menjaga berat badan dalam rentang yang sehat dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur.

Moms, Seperti Ini Durasi Darah Nifas Dan Berapa Banyaknya

4. Hindari zat kimia berbahaya

Hindari paparan zat kimia berbahaya, seperti merokok, minuman beralkohol, dan obat-obatan terlarang, karena dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

5. Rutin berolahraga

Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan secara keseluruhan. Pilih jenis olahraga yang kamu nikmati, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap perubahan pada siklus haid perlu waktu untuk beradaptasi. Jika kamu merasa khawatir belum kunjung haid setelah melahirkan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference