cara sayang diri sendiri

Ketika kamu memiliki self love yang kuat, kamu akan memahami nilai diri sendiri dan memperlakukan diri sendiri dengan cara yang penuh kasih. Lalu, bagaimana cara menyayangi diri sendiri dan kenapa penting self love? Yuk, cek penjelasan lengkapnya! 

Kenapa harus self love?

Mungkin kamu merasa, kenapa harus menerapkan self love? Bagaimana jika kita telah merasa cukup mendapatkan kasih sayang dari orang lain, seperti orang tua, saudara, teman atau pasangan?

Mengembangkan hubungan yang baik dengan diri sendiri sangat penting untuk kesehatan mental yang baik. Bersikap baik kepada diri sendiri dapat mengurangi kecemasan dan stres, serta membantu membangun harga diri. 

Selain itu, jika kamu tidak mengembangkan hubungan yang baik dengan diri sendiri, kemungkinan kamu jatuh pada kebiasaan buruk yaitu menyenangkan orang lain dan perfeksionisme yang semakin tinggi. 

Mencintai diri sendiri berarti memiliki pemahaman yang baik tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Self love juga terbukti memiliki efek positif yang tinggi pada kesejahteraan, kesehatan mental, dan hubungan sosialmu.

Apa Itu Self Love dan Bagaimana Menerapkannya dalam Hidup? Yuk Simak!

7 cara menyayangi diri sendiri

cara menyayangi diri sendiri dan alasan pentingnya self love

Setelah mengetahui apa itu self love dan alasan pentingnya menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu penasaran bagaimana cara menyayangi diri sendiri? Berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Ketika iri dengan pencapaian teman yang ditampilkan di media sosial, sedangkan kita merasa hidup berjalan di tempat, tanpa disadari ini menghancurkan dirimu sendiri dan menyebabkan stres.

2. Tetapkan batasan (boundaries)

Kamu tentu tahu mana dan hal-hal apa yang bisa kamu tolerate dan diterima dan yang kamu tegaskan untuk dibatasi. Ini penting untuk mengurangi rasa cemas dan stres pada diri sendiri.

3. Maafkan dirimu

Berhenti membenci diri sendiri dalam bentuk apa pun. Maafkan dirimu sendiri atas kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu. Ini adalah cara terbaik menerima diri sendiri.

Yang berlalu biarlah berlalu, jangan merenungkan kesalahan dan penyesalan di masa lalu yang mustahil diubah. Daripada menyalahkan diri sendiri untuk hal-hal yang mungkin di luar kendalimu, maafkanlah diri sendiri dengan merancang masa depan yang lebih baik. 

4. Kelilingi diri dengan orang-orang yang mendukung dan mencintaimu

Lingkungan yang baik dan sehat akan memengaruhi caramu mencintai diri sendiri. Selain berusaha menerapkan self love, memilih lingkungan tinggal, bersoasialisai hingga menjalin kasih adalah hal yang sangat penting. 

Meskipun ada kalanya kita tidak bisa memilih lingkungan kita, misalnya ketika kamu memiliki lingkungan keluarga yang toxic, tentu saja kamu bisa memilih untuk mengurangi berinteraksi dengan mereka. 

Orang-orang yang mencintaimu dengan tulus akan berperan penting untuk memperkuat kepercayaan diri, meningkatkan potensi dalam dirimu sehingga kamu dapat menjadi pribadi yang lebih dari yang pernah kamu bayangkan sebelumnya. 

5. Ganti pola pikir yang negatif

Berpikir positif bukan berarti mengabaikan masalah. Itu berarti memilih untuk memiliki pandangan positif sebagai pendekatan hidup dengan rasa syukur dan terbuka dengan peluang terhadap banyak kemungkinan dan beragam solusi dari suatu masalah. 

Katakan hal-hal baik pada diri sendiri. Lakukan afirmasi positif untuk meningkatkan harga diri dan mengurangi rasa takutmu. Ingatkan diri sendiri bahwa kamu adalah orang baik yang melakukan hal baik. 

6. Beri pujian pada diri sendiri

Cara menyayangi diri sendiri ini efektif membuat diri merasa lebih baik dan pada akhirnya meningkatkan rasa percaya diri kita. Kamu bisa meluangkan waktu khusus untuk memuji diri sendiri, seperti di pagi hari atau di malam hari sebelum tidur. 

Kamu juga bisa menuliskannya di diary atau menempelkan catatan kecil di cermin kamar mandi atau dekat meja belajar sebagai pengingat bahwa kamu bangga atas pencapaian kecil pada hari tersebut. 

7. Batasi waktu penggunaan media sosial

Media sosial seperti dua mata pisau yang tajam. Di satu sisi dapat mempermudah orang berkomunikasi dan membagikan informasi serta kebahagian, sayangnya sisi lainnya membuat orang membandingkan dirinya dengan orang lain. 

Inti dari self love adalah menahan diri membandingkan diri sendiri dengan orang lain, apalagi saat kamu sering menggunakan media sosial. Selain itu, membatasi waktu di media sosial dapat mengurangi rasa kesepian, cemas, depresi, dan kehilangan.

Self Acceptance Adalah Hal Penting, Apakah Kamu Memilikinya?

Sekarang kamu sudah tahu kan alasan pentingnya menerapkan self love dan cara menyayangi diri sendiri? Sebelum bahagia terhadap diri sendiri dan mencintai orang lain, cobalah cara menyayangi diri sendiri di atas.


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference