Setiap orang pasti pernah berada dalam situasi sulit yang menyebabkan perasaan panik, khawatir dan stres berkumpul menjadi satu. Biasanya munculnya perasaan tersebut disertai dengan jantung yang berdebar kencang. Dalam hal ini, menerapkan metode menenangkan hati adalah kunci untuk mengatasinya segera.

Stres yang berlanjut ternyata bisa meningkatkan tekanan darah. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan gejala fisik termasuk sakit kepala, sakit perut, nyeri dada, dan sulit tidur.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa stres bisa menyebabkan gejala atau penyakit tertentu menjadi lebih buruk. Ada berbagai cara menenangkan pikiran agar kamu merasa tenang secara perlahan, yuk simak cara selengkapnya di bawah ini!

Penyebab pikiran tak tenang

apakah stres mempengaruhi haid

Kecemasan tanpa sebab menurut psikologi disebabkan oleh respons terhadap stres. Agitasi merupakan gejala gangguan mood yang muncul sebagai respon terhadap stres yang berasal dari diri sendiri atau lingkungan.

Terkadang agitasi juga bisa muncul tanpa ada pemicunya. Gejala agitasi yang biasanya muncul seperti gelisah, gugup, bicara berlebihan, tidak tanggap terhadap orang lain, mudah tersinggung, dan tantrum. Berikut ini adalah berbagai penyebab pikiran tidak tenang, di antaranya:

1. Stres yang tidak dikelola dengan baik

Ini bisa menjadi salah satu gejala mental yang serius seperti skizofrenia atau gangguan bipolar, efeknya antara lain: suasana hati buruk, mudah tersinggung, tidak sabar, berperilaku agresif, dan sering mondar-mandir.

2. Gangguan Saraf

Gangguan saraf bisa menjadi penyebab seseorang mengalami agitasi saat menghadapi tekanan, akan mempengaruhi kondisi emosional penderitanya.

3. Kecanduan

Kecanduan mempengaruhi pengendalian diri dan emosi seseorang. Contoh kecanduan adalah ketergantungan pada alkohol, pornografi, atau obat-obatan. Kecanduan membuat penderitanya merasa cemas ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkan.

9 Cara Mengatasi Stres Kerja yang Efektif dan Patut Dicoba

20 cara menenangkan pikiran

Berikut berbagai cara yang bisa langsung kamu coba untuk membantu menenangkan pikiran.

1. Tarik napas

Ada berbagai teknik pernapasan untuk membantu menenangkan diri. Salah satunya adalah cara menenangkan pikiran dengan pernapasan tiga bagian. Menerapkan teknik pernapasan ini mengharuskan kamu menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan napas sambil merilekskan tubuh.

Setelah kamu merasa nyaman dengan pernapasan dalam, kamu dapat mengubah rasio napas masuk ke hembusan napas menjadi 1:2 atau memperlambat napas.

2. Akui bahwa kamu cemas atau marah

Biarkan diri mengatakan bahwa kamu cemas atau marah. Biarkan diri mengungkapkannya, kecemasan dan kemarahan yang kamu alami dapat berkurang.

Perbedaan Stres dan Depresi, Begini Penanganannya!

3. Visualisasikan diri kamu lebih tenang

Setelah menarik napas dalam beberapa kali, pejamkan mata dan bayangkan diri tenang. Lihat tubuh kamu rileks, dan bayangkan diri kamu bekerja melalui situasi stres atau penyebab kecemasan dengan tetap tenang dan fokus.

Dengan membuat gambaran mental tentang bagaimana rasanya tetap tenang, kamu dapat merujuk kembali ke gambaran itu saat cemas.

4. Rilekskan tubuh

Berbaringlah di lantai dengan tangan di samping tubuh. Pastikan kaki kamu tidak disilangkan dan tangan kamu tidak terkepal. Mulailah dari jari kaki kaki dan katakan pada diri sendiri untuk melepaskan perasaan negatif itu. Naikkan tubuh hingga mencapai kepala.

5. Turunkan bahu

Duduk tegak, tarik napas dalam-dalam, dan jatuhkan bahu. Untuk melakukan ini, kamu bisa fokus menyatukan tulang belikat lalu turun. Ini menarik bahu kaki ke bawah. Ambil beberapa napas dalam-dalam.

6. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi kecemasan (bahkan meningkatkan suasana hati dan produktivitas). Faktanya, penelitian menunjukkan orang yang mengunyah permen karet secara teratur biasanya tidak terlalu stres dibandingkan orang yang tidak mengunyah permen karet.

7. Dengarkan musik

Setiap kali perasaan marah atau cemas meningkat, coba pasang headphone di telinga dan dengarkan musik favorit kamu. Padahal, mendengarkan musik bisa memberikan efek yang sangat menenangkan tubuh dan pikiran.

Manfaat Singing Bowl untuk Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

8. Buat catatan

Cobalah membuat jurnal dan menuliskan pemikiran kamu. Tulis saja, tanpa pedulikan tata bahasa yang berlaku. Menulis membantu kamu menyingkirkan pikiran negatif.

9. Mengobrol dengan orang terpercaya

Mengobrol dengan seseorang yang kamu percaya dapat membuat nyaman. Kamu bisa mencurahkan apa yang kamu rasakan atau pikirkan agar beban terasa berkurang.

10. Coba ubah fokus

Tinggalkan situasi atau penyebab perasaan tidak nyaman tersebut. Coba cari di tempat lain, jauh dari pikiran negatif, atau keluar ruangan.

11. Hindari pikiran negatif

 

 

 

Ketika mengalami hal ini, berhentilah dan cobalah berpikir panjang dan keras tentang dampaknya sebelum melakukan hal-hal yang tidak kamu inginkan.

 

12. Lepaskan penyebab perasaan tidak tenang

Lampiaskan perasaan pada hal-hal positif, misalnya melakukan berbagai aktivitas fisik dapat melepaskan serotonin untuk membantu menjadi tenang dan merasa lebih baik. Selain berolahraga, kamu juga bisa bermeditasi atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

13. Mencari udara segar

Cobalah untuk keluar dan mencari udara segar. Ini termasuk cara menenangkan pikiran yang dapat menghilangkan hambatan mengganggu dalam proses berpikir kamu saat sedang cemas atau marah.

14. Jangan menunda pekerjaan

Pasalnya, menunda pekerjaan atau dikenal dengan istilah menunda-nunda bisa menjadi salah satu pemicu stres dan pikiran yang terus berfluktuasi.

15. Kurangi konsumsi kafein

Mengurangi konsumsi kafein dianggap sebagai cara untuk menenangkan pikiran agar tidak stres. Sebab, kafein merupakan stimulan yang bisa menimbulkan kecemasan jika dikonsumsi berlebihan.

16. Ikuti kelas yoga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan suasana hati, yang dikatakan sama efektifnya dengan antidepresan untuk mengobati depresi.

17. Menggunakan minyak aromaterapi

Terkadang cara terbaik untuk menghindari stres saat sedang banyak pikiran adalah dengan menghirup aroma yang menenangkan. Nyalakan diffuser berisi air dengan beberapa tetes minyak esensial pilihan kamu.

Manfaat Aroma Lavender, Mampu Redakan Stres dan Gangguan Kecemasan

18. Berolahraga

Cara menenangkan pikiran lain yang bisa menghilangkan stres dengan berolahraga. Para ahli menyebutkan, orang yang rutin berolahraga memiliki risiko lebih kecil mengalami depresi dan kecemasan akibat terlalu banyak pikiran.

19. Coba bersosialisasi

Tenangkan pikiran dengan bersosialisasi, seperti nongkrong di warung kopi, atau menghadiri undangan acara keluarga dan teman.

20. Bantu orang lain

Jika rutinitas harian mulai mengganggu, cobalah alihkan perhatian kamu dengan membantu orang lain yang kamu bisa. Orang yang dibantu bisa dimulai dari orang-orang terdekatnya, termasuk teman dan keluarga.

Sebenarnya, ada berbagai cara lain untuk bisa menenangkan pikiran. Namun, jika cara-cara di atas tidak berhasil, pergi ke psikiater mungkin bisa jadi solusinya.

Share artikel ini
Reference