toxic adalah perilaku yang merugikan

Kamu mungkin tidak asing lagi saat mendengar istilah toxic. Kalau diartikan, pada dasarnya toxic adalah perilaku yang “beracun”.  Artinya, orang yang memiliki sifat ini akan merugikan orang lain dan meracuni lingkungan di sekitarnya. 

Nah, supaya lebih paham mengenai apa itu toxic hingga cara menghadapinya, kamu wajib baca artikel ini sampai tuntas ya, Yoonies.

Toxic adalah perilaku yang merugikan

Definisi perilaku toxic mengacu pada seseorang yang perilaku dan tindakannya menyebabkan kerugian bagi orang lain secara fisik atau mental. Orang-orang tersebut bisa menyebabkan stres atau trauma negatif kepada orang lain.

Perilaku toxic ini tidak dianggap sebagai gangguan mental tetapi disebabkan oleh masalah mental yang sebagian besar tercermin dalam gangguan kepribadian dan sifat-sifat yang tidak biasa dalam perilaku manusia.

Pada titik tertentu dalam hidup kita, ada kalanya kita bertemu dengan seseorang yang menyebabkan banyak masalah dalam hidup kita. Mereka mungkin menimbulkan masalah dan menjadi alasan di balik beberapa konflik. Orang-orang tersebut sebenarnya adalah individu yang toxic

Orang-orang toxic biasanya tidak mendukung, tidak menyenangkan, manipulatif, menghakimi, dan egois. Selain itu, mereka menjadi penyebab berbagai perasaan dan emosi negatif yang mungkin orang sekitarnya alami, seperti depresi, kecemasan, ketidakberdayaan, dan ketidakbahagiaan.

Ghosting Adalah Saat Seseorang Menghilang, Apa Ciri-Ciri Lainnya?

Apa saja ciri-ciri orang toxic?

ciri-ciri orang toxic adalah penuh drama

Setelah mengetahui toxic adalah perilaku yang dapat merugikan banyak orang, selanjutnya kamu perlu mengetahui ciri-ciri mereka untuk mendeteksi dan membuat kita terhindar dari orang-orang tersebut. Berikut ciri-ciri yang perlu kamu ketahui.

1. Biasanya mereka inkonsisten

Dalam kehidupan, kita pasti mengalami pasang surut, seperti merasa terkadang merasa baik-baik saja dan pada waktu lainnya kita merasa sebaliknya. Selain itu, salah satu ciri orang toxic adalah mereka biasanya inkonsisten.

Perilaku orang-orang toxic tidak menentu dan tidak dapat menjaga komitmen serta memegang janji. Saat menghadapi orang-orang toxic, kamu tidak pernah tahu apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.

2. Selalu ingin jadi pusat perhatian

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa seseorang hanya menghubungimu saat ia membutuhkanmu saja? Namun, saat kamu terpuruk, orang tersebut tidak ada untuk mendukungmu. Mereka juga ingin selalu menjadi pusat perhatian dengan menunjukkan kehebatan mereka sendiri untuk mencari validasi. Ciri-ciri yang satu ini dikaitkan dengan gangguan kepribadian narsistik.

3. Penuh dengan drama

Salah satu ciri orang toxic adalah mereka suka berada dan terlibat dalam situasi dramatis. Mereka juga rela membakar emosi, menciptakan konflik, dan memperkeruh suasana untuk melihat apa yang terjadi. 

4. Tidak tahu batasan

Ciri-ciri lain orang yang toxic adalah mereka tidak tahu batasan. Jika kamu telah berkali-kali menjelaskan kepada seseorang tentang kebutuhan dan kepentinganmu, tetapi mereka tidak dapat menahan diri, artinya mereka adalah orang yang toxic.

Hubungan yang sehat didasarkan pada kepercayaan dan kemampuan untuk menghormati dan memahami batasan. Nah, orang-orang yang toxic tidak bisa melakukan hal tersebut dengan baik.

5. Memanipulasi orang lain untuk mendapatkan yang mereka inginkan

Apakah kamu sering merasa dimanfaatkan? Atau sering merasa dimanipulasi? Sayangnya, meski mereka tahu kamu adalah korban, kamu tidak bisa menolak untuk masuk ke dalam perangkap mereka. Mereka suka memanipulasi orang-orang di sekitar mereka untuk mendapatkan yang mereka inginkan. 

Ini berarti bisa jadi mereka berbohong, mebelokkan kebenaran, melebih-lebihkan, atau menghilangkan fakta sehingga kamu mengambil tindakan tertentu atau memiliki pendapat tertentu tentangnya. Mereka akan melakukan apa pun untuk memenuhi hasrat mereka walau itu menyakitkan orang lain.

Komitmen Adalah Kunci Sukses Hubungan, Apa Ciri-Cirinya?

Bagaimana cara menghadapinya?

Saat bertemu dengan orang-orang yang “beracun”, pertanyaan yang muncul di benakmu adalah cara menghadapinya. Jika kamu bertemu dengan orang tersebut, berikut cara yang bisa kamu lakukan.

1. Hadapilah mereka

Setelah melihat perilaku yang toxic, kumpulkan keberanianmu, dan jangan takut untuk menghadapi orang tersebut. Beri tahu mereka bahwa kamu tidak menyukai perilaku mereka dan kamu tidak nyaman dengan sikap mereka. Ini menunjukkan kepada mereka bahwa kamu memperhatikan perilaku mereka dan kamu memberi mereka kesempatan untuk menjelaskan atau meminta maaf.

2. Buat batasan yang lebih ketat

Jika kamu menemui mereka, buatlah batasan yang lebih ketat kepada mereka. Hal ini agar mereka tidak menilaimu sebagai sasaran empuk. 

Jelaskan juga bahwa kamu tidak akan bisa mentolerenasi perilaku mereka yang terlalu dramatis atau menyebarkan desas-desus tentang orang lain. Batasi waktumu dengan mereka sampai mereka bisa berubah.

3. Hapus mereka dari hidupmu

Jika beberapa cara di atas tidak berhasil dan menyebabkan lebih banyak rasa sakit atau kekecewaan, ini saatnya untuk menghapus mereka dari hidupmu. Jauhkan diri kamu dari mereka agar kamu tidak berhubungan atau berinteraksi lagi dengan mereka.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu toxic dan ciri-cirinya. Agar tidak menjadi korban, pastikan kamu berpegang teguh pada dirimu dan jangan ragu melakukan cara-cara di atas.


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference