manfaat menikah

Hands with wedding rings. Modish groom putting a golden ring on the bride’s finger during the wedding ceremony. Loving couple, a girl in a wedding dress and handsome man in a stylish blue suit, closeup on the wedding day.

Menikah adalah salah satu impian banyak orang. Menghabiskan sisa hidup dengan orang terkasih dan menemani saat senang dan duka. Bukan hanya membuat hati bahagia, ternyata ada banyak manfaat menikah untuk kesehatan mental dan tubuh. 

Manfaat menikah untuk kesehatan mental

frekuensi hubungan suami istri

Pernikahan atau menikah adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau yang dilaksanakan oleh dua orang, yakni pria dan wanita dengan maksud untuk meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, hukum, dan juga norma sosial. 

Menghabiskan waktu bersama orang yang membuat kita jatuh cinta dalam hubungan pernikahan adalah hal yang membahagiakan. Apalagi, menikah juga baik untuk kesehatan mental. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengurangi stres

Menikah ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi stres. Dalam The Journal of Marriage and Family, mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan manfaat tersebut, kuncinya adalah menjalani pernikahan yang bahagia. 

Pasalnya, pernikahan yang tidak bahagia dapat menyebabkan tingkat stres meningkat bukannya menurun. Ketika pasangan akhirnya menikah dalam pernikahan yang bahagia, mereka akan saling mendukung dan juga berempati pada satu sama lainnya ketika mengalami hal-hal buruk. Berbagai dukungan moril yang diberikan ini dapat membantu mengurangi stres serta membantu mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan stres. 

2. Mengurangi gangguan kecemasan

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu mengurangi gangguan kecemasan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam BMJ, mengungkapkan bahwa mempunyai pasangan yang selalu memberi dukungan sosial dapat membuat kondisi mental seseorang menjadi lebih stabil. Dengan begitu gangguan kecemasan dapat berkurang. 

Manfaat menikah untuk tubuh 

Cara meningkatkan kuliatas hubungan suami istri

Bukan hanya baik untuk kesehatan mental, pernikahan yang sehat juga dapat memberi manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Menikah dipercaya dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung. Bukan hanya itu, menikah juga diyakini dapat menurunkan risiko stroke dan berbagai kondisi masalah kesehatan lainnya seperti hipertensi, darah tinggi, serta kelebihan berat badan. Pernikahan yang bahagia akan menjaga tubuh tetap sehat. 

2. Mengurangi risiko kanker

Manfaat menikah untuk tubuh selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko kanker. Orang yang menikah juga diyakini lebih jarang memiliki penyakit yang parah seperti kanker. Bukan hanya itu, pernikahan yang bahagia dan harmonis juga dapat membantu penderita kanker merasa lebih bahagia. Dengan begitu, mereka dapat hidup lebih lama dan membantu mencegah penyakit berkembang semakin parah. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat ini secara pasti. 

3. Hidup lebih lama

Orang yang menikah juga dikatakan memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan pasangan yang belum menikah. Ini dapat disebabkan karena memiliki pasangan dalam kehidupan pernikahan dapat membantu kamu merawat diri dengan lebih baik serta menghindari risiko yang tidak diperlukan dan juga membuat kamu dapat menjalani hidup lebih sehat dan hidup lebih lama. 

4. Merawat diri sendiri dengan lebih baik

Menurut statistik, wanita dan pria yang telah menikah ternyata menjalani hidup  yang lebih sehat dan lebih lama. Ini karena mereka mengambil lebih banyak tanggung jawab terhadap pasangan dan juga pada anak-anak mereka. Selain itu, mereka juga cenderung tidak menyakiti diri sendiri serta dapat merawat diri sendiri dengan lebih baik.

5. Menurunkan risiko penyakit menular seksual

Pria dan wanita yang sudah menikah dikatakan memiliki risiko penyakit kelamin menular yang lebih rendah. Ini karena kehidupan seks menjadi lebih teratur dan stabil. 

Selain itu, pasangan yang telah menikah juga memiliki kepuasan yang lebih besar karena hubungan seks yang mereka lakukan dengan pasangan didasari dengan cinta dan percaya. Selain itu, pernikahan juga membuat pasangan tidak bergonta ganti pasangan seks sehingga dapat mengurangi risiko PMS yang disebabkan karena hubungan seks yang tidak aman. 

6. Kesehatan yang lebih baik

Manfaat lainnya dari menikah adalah wanita dipercaya memiliki kesehatan yang lebih baik. Ini karena seks yang baik dalam pernikahan dapat berkontribusi pada rasa bagagia dan kepuasan yang lebih besar sehingga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa pasangan yang sudah menikah memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik daripada mereka yang tidak menikah.

7. Membantu mengurangi konsumsi alkohol

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa pria dan wanita yang telah menikah cenderung lebih sedikit mengkonsumsi alkohol. Ini karena orang yang sudah menikah jarang mengalami depresi atau beralih ke alkohol. Mereka percaya bahwa hidup memiliki kepuasan dan kebahagiaan yang jauh lebih banyak tanpa harus mengkonsumsi alkohol.

Share artikel ini
Reference