Apa itu Self Love?

Pernahkah kamu mendengar apa itu self love? Istilah ini cukup sering dibicarakan oleh banyak orang saat ini. Self love bisa diartikan sebagai bentuk mencintai diri. Hal tersebut sangat penting untuk kesehatan menta dan fisik kamu, lho.

Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin menerapkan konsep mencintai diri sendiri. Namun, supaya tak salah dalam mengartikan dan menerapkannya, ada baiknya simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Apa itu self love?

Self love artinya suatu tindakan atau penghargaan kepada diri sendiri. Tindakan mendukung diri sendiri ini bisa berupa dukungan pertumbuhan fisik, mental dan spiritual. Mencintai diri sendiri sangat penting dilakukan untuk dapat menjaga kebutuhan dan tidak mengorbankan kesejahteraan hanya untuk menyenangkan orang lain

Self love dapat diartikan sebagai tindakan yang memberikan kepada diri sendiri suatu hal yang pantas didapatkan. Proses mencintai diri sendiri antara satu orang dengan orang lain berbeda sesuai dengan cara hidup masing-masing. Penting bagi kamu mengetahui bagaimana ciri self love agar dapat lebih mencintai diri sendiri.

Ciri ciri self love

Mencintai diri sangat penting agar dapat menjaga keutuhan diri sendiri. Seperti apa itu self love dan ciri ciri dari cinta diri? Sebagai permulaan kamu dapat melakukan ciri self love yaitu sebagai berikut:

  • Prioritaskan diri sendiri
  • Membebaskan diri dari penilaian diri sendiri
  • Jujur pada diri sendiri
  • Bersikap baik pada diri sendiri
  • Menetapkan batasan yang sehat
  • Memaafkan ketika melakukan kesalahan pada diri sendiri
  • Mendengarkan kebutuhan tubuh
  • Beristirahat saat tubuh melewati batas
  • Jauhi hal-hal yang menghilangkan fokus pada diri sendiri
  • Terhubung dengan orang lain
  • Melakukan sesuatu yang menyenangkan diri sendiri
  • Makan dengan sehat
  • Manjakan diri sendiri secara wajar

Tidak mudah memang melewati proses apa itu self love sehingga dapat menerima dan mencintai diri sendiri, namun semua itu bermanfaat untuk perkembangan diri kamu sendiri, lho.

Manfaat self love bagi kesehatan mental dan fisik

Manfaat mencintai diri sendiri itu tidak hanya sehat fisik, namun juga dapat menjaga kesehatan mental dan spiritual kamu. Apa saja manfaat mencintai diri sendiri?

Kepuasan hidup

Manfaat mencintai diri sendiri adalah bisa mendapatkan kepuasan hidup. Dapat menerima setiap tahapan dan kondisi hidup, serta dapat bertanggung jawab untuk diri sendiri. Jika sudah mencintai diri sendiri, maka gairah, kebahagiaan, dan cinta akan dapat dirasakan dan didapatkan dengan sendirinya.

Mengembangkan diri yang sehat dan bahagia

Ketika mencintai diri sendiri, maka seseorang akan mengutamakan kebahagiaan dirinya sendiri. Berbeda dengan egois, tentunya self love tidak merugikan orang lain, namun tetap fokus pada perkembangan diri sendiri.

Jika mencintai diri sendiri, maka apapun yang dilakukan akan bisa berguna dan bermanfaat seperti makan sehat dengan cukup, istirahat, menjaga kesehatan tubuh, menjalani gaya hidup sehat yang tentunya dapat dirasakan oleh diri sendiri.

Belajar hadapi kesulitan

Self love akan berkaitan dengan penerimaan diri sendiri. Jika mengalami kegagalan, kesulitan, persaingan atau semacamnya, maka ada cara sendiri untuk dapat terus bangkit dan bagaimana menghadapi segala situasi meskipun sulit. Stres akan berkurang karena dapat menerima kegagalan dan menghadapi kesulitan yang terjadi.

Manfaat dan apa itu self love nyatanya memang penting untuk kesehatan dalam segala aspek diri kamu. Self love juga dapat menjadi cara bagaimana kamu bisa memahami dan apa yang kamu inginkan dalam hidup. Lalu bagaimana menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari?

Tips menerapkan self love

Tidak perlu ragu menerapkan apa itu self love karena hal tersebut berguna untuk kesejahteraan diri sendiri. Bagaimana cara mencintai diri sendiri?

  • Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Percayalah bahwa dirimu sama berharganya dengan orang lain. Berhenti membandingkan dan tetap menjadi diri sendiri.
  • Tidak khawatir dengan penilaian orang lain. Setiap orang berhak menilai namun kamu juga berhak tidak terlalu fokus pada penilaian orang lain yang tidak memberikan manfaat untuk diri kamu sendiri.
  • Mengizinkan diri sendiri membuat kesalahan. Tidak perlu terpaku dan kaku untuk terus melakukan hal yang benar. Kesalahan tidak akan mengurangi diri kamu jika bisa belajar darinya.
  • Mengingatkan diri bahwa nilai tidak terlihat dari penampilan. Penampilan tidak akan membuktikan siapa dirimu, yang terpenting adalah nilai apa yang kamu tunjukkan dan ingin kamu kembangkan.
  • Jangan takut meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat untuk sendiri. Tinggalkan sesuatu atau orang yang hanya memberikan efek negative pada hidupmu.
  • Menghadapi ketakutan diri sendiri. Hadapi ketakutan dan kamu akan tahu di mana letak kekuatanmu. Tidak perlu menghindar dan malu dengan rasa takut.
  • Berikan kepercayaan pada diri untuk membuat keputusan baik. Tidak perlu ragu mengambil pilihan untuk diri sendiri. Kamu yang paling mengerti bagaimana yang terbaik dan apa yang kamu butuhkan.
  • Ambil setiap kesempatan yang datang atau membuat kesempatan. Ambil setiap kesempatan yang datang untuk menemukan di mana mimpi dan tujuanmu. Jika tidak ada kesempatan, maka buatlah sendiri kesempatan itu.
  • Utamakan diri sendiri. Tidak perlu merasa buruk dengan mengutamakan diri sendiri. Hal ini dapat menyehatkan mental dan spiritual kamu, lho.
  • Merasakan sedih dan gembira yang seutuhnya. Rasakan gembira, bahagia, duka, luka dan sebagainya untuk menjadi seutuhnya. Tidak perlu membohongi diri sendiri dan bertingkah laku sesuai emosi kamu.

Mencintai diri terkadang sulit dilakukan jika masih menomor-duakan diri sendiri. Ketahui apa itu self love dan bagaimana cara menerapkannya dalam hidup agar kesehatan fisik, mental dan spiritual kamu tetap terjaga, ya.

Share artikel ini
Reference