kacamata untuk wajah bulat

Kacamata datang dalam berbagai bentuk, dan yang paling populer memiliki nama dan sejarah yang khas. Kamu mungkin pernah mendengar tentang beberapa karya klasik: browline, kacamata mata kucing, kacamata bulat, dan banyak lagi.

Sayangnya, tidak semua kacamata cocok untuk bentuk wajah tertentu terutama untuk kamu yang berwajah bulat. Jadi bagaimana cara tepat memilih kacamata untuk wajah bulat? Cek rekomendasinya!

Model kacamata untuk wajah bulat

Saat memilih kacamata, aturan praktisnya adalah memilih bentuk kacamata atau kacamata hitam yang kontras dengan fitur wajah.

Jika tinggi dan lebar wajah hampir sama, jika tulang pipi tidak terlalu terlihat dan tidak ada ciri khas bersudut, kemungkinan besar kamu memiliki wajah bulat! Tidak seperti bentuk persegi, wajah bulat tidak akan memiliki garis rahang atau tulang pipi yang menonjol.

Jadi pertimbangkan beberapa saran berikut.

1. Pilih bentuk bingkai bersudut

Dengan kata lain, untuk wajah bulat pilih bingkai persegi atau persegi panjang , yang menyeimbangkan fitur dan memberikan struktur pada wajahmu yang lembut.

2. Pilih bingkai yang memiliki bantalan hidung

Bantalan hidung bagus untuk dipilih jika kamu memiliki pipi yang besar atau hidung yang rata. Juga, bantalan hidung adalah salah satu gaya pas terbaik untuk tipe wajah Asia, yang biasanya memiliki batang hidung yang lebih rata.

3. Pilih warna dan pola yang berani

Tonjolkan warna kulit dan warna matamu dengan memilih rona yang tepat untuk bingkai kacamata. Kamu bahkan dapat membuat ilusi optik dan membuat mata tampak lebih besar.

4. Hindari kacamata bulat atau kecil

Lensa bundar akan mengarahkan perhatian ke arah kebulatan wajah, sehingga menonjolkan fitur wajah. Alih-alih membuat wajah terlihat lebih bulat, kamu dapat menghadirkan struktur dan definisi dengan menambahkan beberapa sudut tegas.

Macam-macam model kacamata

Kalau masih penasaran dengan apa saja model kacamata, simak ulasan ini untuk tahu apa model dan jenis kacamata yang paling pas untuk bentuk wajah kamu.

Kacamata Persegi Panjang

Seperti namanya, lensa kacamata ini lebih lebar daripada tingginya, dengan pinggiran lurus dan sudut membulat. Bentuknya sederhana, tapi bisa membuatmu tampak lebih profesional, elegan, dan cerdas.

Kacamata Persegi

Lebih bersudut daripada sepupu persegi panjang mereka, kacamata persegi memiliki lensa dengan tinggi dan lebar yang kira-kira sama. Bentuknya yang berbentuk kotak dapat menambah keunggulan pada fitur wajah yang lembut dan bulat. Bentuk ini berani dengan daya tarik jadul.

Kacamata Bulat

Untuk bentuk yang sederhana seperti itu, lingkaran membutuhkan kepercayaan diri tertentu untuk menariknya. Kacamata kawat bundar memiliki kesan vintage yang berwibawa dan memesona, sedangkan bingkai asetat yang lebih tebal membawa semangat yang lebih maju.

Cat eye

Kacamata mata kucing atau cat eye memiliki sudut atas (yang paling dekat dengan pelipis) dengan bentuk terangkat, hampir seolah menyiratkan bulu mata tebal. Alisnya yang melengkung dan khas membuatnya dicirikan sebagai gaya kacamata feminin, tetapi, siapa pun dapat mengenakan mata kucing untuk efek yang luar biasa.

Kacamata pilot

Kacamata pilot juga dikenal sebagai kacamata penerbang. Dalam inkarnasi paling awal, kacamata ini adalah kacamata hitam berwarna yang dikenakan oleh pilot militer. Sekarang mereka tersedia sebagai gaya kacamata resep biasa serta kacamata hitam.

Penglihatan Buram Salah Satu Tandanya, Apa Saja Ciri Ciri Kanker Mata?

Kacamata Oval

Sedikit lebih lebar daripada bingkai bundar, dan lebih bulat daripada bingkai persegi panjang, kacamata oval memiliki tampilan halus dan apik yang cocok dengan fitur yang lebih tajam atau bersudut. Bingkainya bisa tebal atau setipis kawat, menjadikannya pilihan fleksibel yang menarik bagi pemakainya.

Kacamata browline

Kacamata browline, sesuai dengan judulnya, memiliki bingkai yang menguraikan alis dan bagian bawah lensa sebagian besar tanpa bingkai atau dengan garis yang lebih tipis. Kacamata ini diasosiasikan dengan gaya akademik, dan sangat populer di tahun 1950-an.

Kacamata Geometris

Kacamata geometris mencakup bentuk yang tidak biasa — segi enam, segi delapan, dasar bulat dengan puncak miring, dan banyak lainnya. Jika batas lensa memiliki lebih dari empat sisi yang berbeda, atau bentuk yang tidak mudah dikategorikan, kemungkinan besar itu adalah bingkai geometris. 

Gaya kacamata ini untuk siapa saja yang benar-benar ingin menonjol di tengah keramaian.

Kacamata Oversize

Kacamata besar tidak terbatas pada satu bentuk bingkai. Seperti yang tersirat dari namanya, fitur yang membedakan mereka adalah ukurannya yang cukup besar. Lensa besarnya memberikan bidang pandang yang luas dan menjadikannya aksesori yang mencolok untuk set fashion-forward.

Cara membersihkan kacamata

Ikuti 7 langkah ini untuk membersihkan lensa dan bingkai kacamata tanpa merusak lensa.

1. Cuci dan Keringkan Tangan

Sebelum membersihkan kacamata, pastikan tanganmu bersih. Hilangkan kotoran, debu, losion, atau apa pun yang dapat memengaruhi lensa. Gunakan cairan pencuci piring atau sabun bebas losion dan handuk bersih yang tidak berbulu untuk mencuci tangan.

2. Bilas Kacamata 

Bilas kacamata di bawah aliran air hangat dari keran. Ini membantu menghilangkan debu dan kotoran lain yang dapat menggores lensa.

Jangan gunakan air panas. Hal ini dapat merusak beberapa lapisan lensa kacamata.

3. Oleskan Cairan Pembersih ke Kacamata 

Oleskan sedikit sabun bebas lotion atau cairan khusus ke setiap lensa kacamata. 

4. Bersihkan Lensa

Bersihkan kedua sisi lensa dan seluruh bingkai kacamata dengan lembut selama beberapa detik. Pastikan kamu membersihkan setiap bagian dengan hati-hati, termasuk bantalan hidung dan ujung pelipis yang berada di belakang telinga.

Juga, bersihkan bagian tepi pertemuan lensa dengan bingkai. Di sinilah debu, kotoran, dan minyak berkumpul dengan mudah.

5. Bilas Lensa

Cuci kedua sisi bingkai dan lensa secara menyeluruh. Pastikan untuk membasuh semua bekas sabun juga. Jika tidak, kacamata akan tercoreng saat Anda mengeringkannya.

6. Goyangkan Kacamata dengan Perlahan

Menggoyangkan kacamata dengan lembut dapat menghilangkan sebagian besar air dari lensa. Setelah melakukan ini, periksa kacamata untuk memastikannya bersih.

7. Keringkan Lensa

Keringkan lensa kacamata secara menyeluruh dengan kain pembersih atau handuk bersih bebas serat. Pastikan kain bersih belum dicuci dengan pelembut kain. Larutan ini dapat mengotori lensa kacamata. dapat menggores lensa.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference