Cara Menghilangkan Stretch Mark

Kamu memiliki stretch mark dan ingin mengetahui cara menghilangkannya? Jika kamu memiliki stretch mark, kamu tidak perlu khawatir karena ini adalah kondisi umum bagi banyak orang. Stretch mark juga bukan merupakan gejala adanya penyakit tertentu.

Jadi, apa itu stretch mark dan mengapa begitu banyak orang memiliki stretch mark? Bagaimana cara menghilangkan stretch mark? Simak fakta stretch mark pada artikel berikut!

Apa itu stretch mark?

Stretch mark adalah goresan yang biasanya muncul pada kulit bagian tubuh yang berlemak seperti payudara, perut bagian atas, lengan atas, paha, dan bokong. Goresan tersebut bisa berwarna merah, merah muda, atau ungu yang semakin lama berubah menjadi warna putih atau abu-abu.

Meskipun tidak berbahaya secara medis, banyak orang khawatir ketika mereka menemukan stretch mark di tubuh mereka. Stretch mark dianggap mengurangi kecantikan, sehingga beberapa orang rela membayar perawatan medis untuk menghilangkan stretch mark, seperti mikrodermabrasi.

Penyebab stretch mark

Nah, sebelum tahu bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara efektif, kamu harus tahu dulu apa penyebab stretch mark sebenarnya.

Tidak semua orang mendapat stretch mark. Biasanya stretch mark muncul pada orang yang kulitnya mengandung sejumlah kecil kolagen. Stretch mark biasanya muncul karena ukuran tubuh meningkat lebih cepat daripada perkembangan dan elastisitas kulit.

Secara lebih detail, di bawah ini merupakan beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko seseorang mendapatkan stretch mark:

  • Kehamilan
  • Kenaikan berat badan secara drastis
  • Pubertas
  • Warna kulit terang
  • Riwayat keluarga dengan stretch mark
  • Konsumsi obat-obatan kortikosteroid yang tidak sesuai resep dokter

Ciri-ciri stretch mark

Ciri-ciri kulit akibat stretch mark berbeda-beda untuk setiap orang. Ini biasanya tergantung pada kapan stretch mark muncul, penyebab stretch mark, bagian tubuh yang terkena, dan jenis kulit orang yang mengalami stretch mark. Warnanya pun bisa berbeda-beda. Ada stretch mark putih dan stretch mark merah. Beberapa ciri yang bisa terlihat pada kulit adalah:

  • Terdapat garis-garis berindentasi di kulit
  • Warna garis-garis tersebut adalah merah muda, merah, biru, ungu, atau hitam
  • Adanya garis terang yang memudar dan menjadi warna yang lebih terang seiring berjalannya waktu
  • Garis-garis tersebut biasanya berada di kulit perut, payudara, bokong, bokong dan paha

Cara menghilangkan stretch mark

Ada beberapa cara menghilangkan stretch mark. Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan stretch mark, tapi kamu dapat menguranginya. Selain itu, cara berikut juga dapat membantumu mencegah munculnya stretch mark baru di kemudian hari.

Menjaga berat badan

Stretch mark biasanya disebabkan oleh kenaikan berat badan yang cepat. Jadi, jaga agar berat badanmu tetap stabil ya! Jika ingin menurunkan berat badan, lakukan secara bertahap. Cobalah untuk tidak kehilangan lebih dari 0,5 kilogram per minggu.

Selama kehamilan, kenaikan berat badan dapat terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Konsultasi dengan dokter perihal diet dan aktivitas fisik yang dapat kamu jalani selama kehamilan.

Menerapkan pola makan sehat

Saat berbicara tentang kesehatan kulit, pembahasannya pasti tidak jauh dari penerapan pola makan sehat. Untuk mencegah munculnya stretch mark, makanan dengan nutrisi yang cukup dan sehat juga memiliki peranan penting.

Makanan sehat dan segar dapat menjaga kesehatan kulit dan menghindari munculnya stretch mark. Biasakan makan makanan yang kaya vitamin E, vitamin C, protein, dan zinc untuk meningkatkan kolagen pada kulit.

Menjaga asupan cairan

Minum banyak air juga akan membantu menjaga kulitmu terhidrasi. Hal ini akan membantumu mencegah munculnya stretch mark karena kulit yang terhidrasi dengan baik tidak rentan terhadap stretch mark.

Kamu juga harus mengurangi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, karena dapat meningkatkan risiko munculnya stretch mark. Jika kamu kesulitan mengurangi asupan kafein, cobalah minum cairan tanpa kafein untuk menetralisirnya.

Bahan alami untuk menghilangkan stretch mark

Selain cara-cara di atas, kamu juga dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut sebagai cara menghilangkan stretch mark.

Gula

Beberapa orang percaya bahwa gula dapat digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan stretch mark putih pada remaja. Untuk mencobanya, coba langkah-langkah berikut:

  • Campurkan 1 cangkir gula dengan 1/4 cangkir emolien seperti minyak kelapa atau minyak almond.
  • Tambahkan perasan lemon.
  • Gosok campuran tersebut ke stretch mark di kulitmu selama 8-10 menit.
  • Lakukan secara rutin selama beberapa kali seminggu.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai masalah kulit. Tanaman ini juga dipercaya dapat menyembuhkan luka dan menghaluskan kulit. Berbagai penelitian juga telah menunjukkan efektivitas lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark secara alami pada remaja.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Setelah mandi, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung ke stretch mark. Lakukan setiap hari hingga stretch mark di kulitmu memudar.

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dianggap sebagai pengobatan alami untuk stretch mark. Hal ini karena efek minyak kelapa disebut efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka kulit, dan manfaat ini juga didukung oleh penelitian pada hewan laboratorium yang menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mempercepat proses penyembuhan luka kulit.

Mengoleskan minyak kelapa pada stretch mark dipercaya dapat meredakan kemerahan. Namun, jangan gunakan bahan ini jika terdapat reaksi alergi.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa kamu coba. Siap mencegah dan memudarkan stretch mark yang mengganggumu selama ini?

Share artikel ini
Reference