manfaat madu hitam

Manfaat madu hitam bagi kesehatan sangatlah melimpah karena kandungan nutrisinya yang kaya. Madu dengan rasa yang pahit ini diambil dari perasan pohon mahoni yang mengandung zat alkaloid  yang tinggi.

Madu hitam merupakan salah satu jenis madu dari nectar bunga mahoni, sehingga warnanya akan cenderung terlihat lebih hitam dan juga pekat. Selain bunga mahoni, lebah madu juga mengkonsumsi nektar dari bunga paitan, kaliandra, dan bunga singkong karet.

Kandungan nutrisi pada madu hitam

Madu hitam memiliki rasa yang lebih pahit jika dibandingkan dengan jenis madu lainnya yang biasanya sangat manis. Sumber rasa pahit ini berasal dari sebuah senyawa yang disebut dengan alkaloid yang ada pada pohon mahoni.

Madu ini memiliki kandungan asam fenolat yang merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan. Senyawa ini juga berperan sebagai antioksidan alami yang dapat menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan juga berguna sebagai penghilang kanker, anti inflasi, memperkuat sistem imun tubuh sehingga dapat menghambat terjadinya penyumbatan darah dan membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Manfaat madu hitam

Manfaat madu hitam sudah terkenal sejak zaman dahulu, madu ini sudah dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan oleh leluhur kita. Khasiatnya yang sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan dari luka ringan bahkan dari luka pasca operasi, karena madu hitam sangat kaya akan vitamin C.
  • Memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang berguna untuk mengurangi aksi radikal bebas, mencegah risiko kanker, mengurangi tanda-tanda penuaan dan berguna sebagai antivirus dan anti bakteri.
  • Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang baik dikonsumsi oleh anak-anak dan orang tua dengan sistem imun yang belum sempurna atau sistem imun yang menurun. Sehingga, bisa mencegah berbagai penyakit yang menyerang.
  • Dapat membantu kamu supaya tetap fokus dalam melakukan pekerjaan dan meningkatkan semangat untuk melakukan aktivitas dan menjaga kebugaran tubuh.
  • Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada madu hitam juga bisa meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang dapat membantu sel-sel otak untuk lebih rileks dan memiliki mood yang bagus.
  • Meringankan gejala asam urat yang disebabkan oleh adanya lemak yang menumpuk pada persendian dan membuat sendi sulit dan sakit untuk digerakan.
  • Membantu menurunkan kadar lemak darah yang tinggi dengan konsumsi madu hitam secara rutin. Selain itu, bisa juga membantu mencegah penyakit kronis dalam tubuh seperti serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi hingga kanker.
  • Membantu pengobatan maag serta mengurangi gejalanya seperti sakit perut, kram perut atau yang lainnya.
  • Sangat bagus untuk kesehatan hati karena data membantu membuang racun yang bertumpuk dalam hati dengan lancar dan alami. Sehingga, kesehatan tubuh bisa meningkat secara alami.
  • Membantu menetralkan asam lambung yang tinggi. Dengan konsumsi madu hitam secara rutin kamu bisa mencegah penyakit GERD karena konsumsi makanan dan minuman yang mengiritasi lambung.

Beberapa tips aman mengonsumsi madu hitam

Mengonsumsi madu jenis apa saja termasuk madu hitam tentunya akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Tetapi, perlu kamu ingat jenis madu tetap harus dipilih secara selektif sebelum dikonsumsi.

Jangan sampai kamu tertipu karena tidak bisa membedakan jenis madu. Karena madu hitam terkenal memiliki manfaat yang lebih banyak dan lebih kuat dibanding madu jenis lainnya yang sering ditemui.

Madu yang palsu akan dijual dengan harga yang lebih murah karena terbuat dari pemanis buatan dan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Sehingga bisa saja kandungan gizi dan nutrisi pada madu sudah berkurang atau bahkan hilang.

Meskipun madu tidak akan pernah basi, tetapi tetap saja kamu perlu memperhatikan penyimpanan dan pengemasannya. Simpan madu di wadah yang tertutup rapat dengan suhu yang sejuk sekitar 10 hingga 20 derajat celcius.

Madu hitam memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga mengonsumsinya secara rutin merupakan hal yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Share artikel ini
Reference