kalori gula merah

Kalori gula merah sering kali dianggap remeh, padahal ini penting untuk diketahui terutama oleh pecinta makanan-minuman manis. Pasalnya, terlalu banyak gula dalam makanan dapat meningkatkan kemungkinan penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Tentunya tidak ada yang menginginkan ini, kan? Kamu bisa terus melanjutkan bacaan di bawah ini untuk mengetahui jumlah kalori dalam gula merah, perbedaan gula merah dengan gula putih, risiko, dan alternatif gula merah bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi jenis gula ini.

Kalori dalam satu sendok gula merah

Fakta nutrisi dan kalori dalam gula merah

Ukuran Porsi: 1 sendok makan (11 gram)

Kalori 42

Kalori dari Lemak 0

Total Lemak 0gr 0% Nilai Harian

Kolesterol 0mg 0% Nilai Harian

Sodium 3.1mg 0% Nilai Harian

Kalium 15mg % Nilai Harian

Total Karbohidrat 11gr 4% Nilai Harian

Gula 11 gram

Vitamin A 0%

Vitamin C 0%

Kalsium 0,7%

Besi 0,4%

Adakah Gula Diabetes Yang Aman? Yuk Kenali Jenisnya

Gula merah vs gula putih

Gula merah vs gula putih

Produsen membuat semua gula dengan mengekstraksi jus gula dari bit gula atau tanaman tebu. Nah, selama proses produksi, produsen memisahkan kristal gula dari molase, sirup kental berwarna coklat tua yang secara alami terdapat dalam bit gula dan tebu.

Molase tebu memiliki rasa manis, tetapi molase bit gula tidak terlalu manis, dan produsen menggunakannya untuk pakan ternak dan industri lainnya. Jumlah molase menentukan warna, rasa, dan kadar air gula. Memiliki lebih banyak molase memberi gula warna dan rasa yang lebih kaya.

Lantas, gula apa yang bagus untuk makanan atau minuman?

Sugar Association memberikan beberapa saran tentang jenis gula putih dan gula merah mana yang lebih cocok untuk makanan dan resep tertentu.

Berapa Kalori Martabak Manis? Yuk, Intip Disini!

Jenis gula putih

  • Gula pasir: Orang biasanya menggunakan gula pasir untuk minuman panas atau kue.
  • Gula buah: Kristal yang lebih kecil menjadikannya lebih cocok untuk campuran makanan kering, makanan penutup seperti puding, dan minuman bubuk.
  • Gula prima atau gula kastor: Jenis gula ini memiliki kristal yang lebih kecil, sehingga sangat membantu dalam menyiapkan makanan penutup yang lembut seperti mousse atau puding.
  • Confectioners atau gula bubuk: Gula pasir halus ini berasal dari gula yang digiling dan diayak. Orang menggunakannya dalam permen, lapisan gula, dan krim kocok.

Jenis gula merah

Gula merah cenderung menggumpal karena mengandung lebih banyak uap air daripada gula putih. Inilah yang membuatnya lembab dan kenyal.

  • Gula merah muda: cocok untuk makanan yang dipanggang dan saus.
  • Gula merah tua: Memiliki warna yang lebih dalam dari gula merah standar. Selain itu, rasa molase membuatnya cocok digunakan dalam resep roti jahe, kacang panggang, dan makanan panggang.
  • Gula Muscovado: Ini adalah gula tebu mentah yang masih mengandung molase alami. Akibatnya, kristalnya sedikit lebih kasar dan lengket daripada gula merah biasa, dan umum digunakan dalam resep yang membutuhkan rasa molase yang kuat.
  • Gula Turbinado: Memiliki warna pirang dan rasa yang ringan. Produsen hanya memproses sebagian gula turbinado, yang juga mereka sebut demerara atau gula tebu mentah. Kristal gula ini lebih besar daripada gula merah dan lebih cocok untuk topping streusel.

Manfaat gula merah

1. Sumber energi dan penambah nafsu makan

Gula merah menawarkan beberapa manfaat kesehatan seperti menjadi sumber energi dan dapat mendorong nafsu makan.

Jadi, bila kamu kesulitas memenuhi gizi harian, menambahkan gula merah dalam jumlah yang tepat akan sangat membantu. Gula merah mempermanis makanan seperti oatmeal atau sayuran yang mungkin kamu hindari.

2. Mencegah gula darah rendah

Gula darah rendah atau hipoglikemia, terjadi ketika kadar gula darah tubuh turun di bawah normal. Meskipun ini bisa terjadi pada siapa saja, gula darah rendah sangat umum di antara penderita diabetes.

Ketika memiliki gula darah rendah, kamu memiliki berbagai gejala yang mengganggu aktivitas harian seperti kecemasan atau penurunan energi. Jika kamu memiliki gula darah rendah, sangat penting untuk makan glukosa yang bekerja cepat seperti gula merah.

Manfaat Beras Merah untuk Diabetes, Intip Tips Mengonsumsinya!

Potensi risiko dan alternatif gula merah

Meskipun gula merah dapat membantu mempermanis makanan sehat, perlu diingat bahwa porsi gula merah yang sehat cukup kecil. Sementara banyak resep mungkin membutuhkan setengah cangkir atau lebih gula merah, satu porsi gula merah adalah satu sendok teh.

Terlalu banyak gula dalam makanan dapat meningkatkan kemungkinan penyakit jantung, diabetes, dan obesitas, jadi penting untuk membatasi porsimu.

Jika kamu khawatir dengan gula darah, alternatif gula merah yang bisa kamu konsumsi adalah Stevia. Para ahli mengatakan gula ini lebih baik daripada gula asli untuk penderita diabetes atau pradiabetes.

Jika kekhawatiran adalah tentang nutrisi atau penambahan berat badan, maka lebih baik untuk mengonsumsi buah, baik segar atau beku. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti buah beri dan melon segar, serta saus apel dan pisang, untuk mempermanis makan.

Share artikel ini
Reference