cara menghilangkan ngantuk dengan jari pijatan

Terkadang pada saat bekerja atau belajar, rasa kantuk tidak dapat dihindari sehingga perlu penyegaran energi kembali.

Jika banyak orang memilih kopi sebagai pengusir kantuk, namun ternyata ada orang yang menghindari kopi karena kandungan kafeinnya yang ada Batasan konsumsi setiap harinya.

Cara menghilangkan ngantuk dengan jari atau pijatan diperlukan agar kantuk segera menghilang. Cara ini juga sangat ampuh untuk orang yang tidak suka minum kopi dan menghindari minuman tinggi kafein ini. Penasaran? Yuk simak dulu caranya!

Cara menghilangkan ngantuk dengan jari (pijatan)

cara pijat untuk menghilangkan kantuk

Cara menghilangkan ngantuk dengan jari atau pijatan pada area tertentu disebut dengan metode akupresur.

Terapi pemijatan ini berupa tekanan pada area tertentu pada titik tubuh sehingga dapat menghilangkan kantuk dan mendapatkan energi tambahan.

Cara memijat ini cukup mudah dan instan dilakukan jika dipraktekkan dengan cara yang benar, yaitu:

1. Pijatan antara jari telunjuk dan jempol

Memijat area tubuh yang berhubungan dengan urat ngantuk dapat memulihkan tenaga, menambah energi, dan menghilangkan kantuk, lesu, Lelah.

Memijat area jari telunjuk dan jempol dapat dengan mudah mengusir kelelahan dan keinginan tidur di saat beraktivitas atau bekerja.

2. Pijatan di area tengah kepala

Memijat bagian tengah kepala bisa menjadi cara ampuh untuk melawan kantuk dan mendapatkan energi dengan cepat.

Pijatan ini dapat dilakukan dengan memejamkan mata agar dapat rileks, mengusir kantuk dan menurunkan stres.

Leher Pegal Akibat Salah Bantal? Ini Titik Refleksi untuk Pijat!

3. Pijatan pada telapak kaki

Untuk mengusir kantuk dengan cepat, pijatan pada area telapak kaki dapat membantu rasa kantuk segera menghilang.

Rasa ini juga sering dilakukan dan dibantu dengan sandal Kesehatan yang merangsang titik pada area telapak kaki menjadi lebih aktif kembali.

4. Pijatan pada bawah lutut

Selanjutnya, cara menghilangkan ngantuk dengan jari pijatan dapat dilakukan pada area bawah lutut. Memijat area bawah lutut dapat menjadi cara mudah untuk mengusir kantuk.

Cara ini mudah dilakukan karena dapat dicoba langsung sambil duduk dan mengerjakan pekerjaan. Energi akan kembali terisi dan kantuk akan menghilang dengan cepat.

5. Pijatan di belakang leher

Memijat bagian leher belakang atau dasar tengkorak dapat memulihkan kembali tenaga dan mengusir rasa kantuk. Cara ini relative mudah dilakukan karena dapat dipraktikkan dimana saja dan kapan saja. 

Pijatan pada beberapa titik tertentu di bagian tubuh ini bisa menjadi cara mudah memulihkan kembali energi dan tenaga.

Namun untuk kamu yang ingin mengatasi kantuk dengan cara lain, kamu bisa coba beberapa cara mudah di bawah ini.

5 Penyebab Sering Mengantuk, Berikut Cara Mengatasinya!

Cara lain mengatasi ngantuk yang aman

kenapa kita mudah lelah

Cara menghilangkan ngantuk dengan jari bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selain minum kopi sebagai penghilang kantuk instan, kamu juga dapat mencoba beberapa cara berikut agar rasa kantuk sulit menghampiri, yaitu:

1. Minum air putih

Lelah menyebabkan tubuh mengantuk dan umumnya hal ini disebabkan tubuh kurang terhidrasi. Minumlah air putih untuk mengaktifkan kembali sel tubuh dan menghindari kelelahan. Minum air dingin akan terasa lebih segar dan kantuk pun akan segera hilang.

2. Tidur siang

Tidur siang selama 10-20 menit merupakan cara ampuh untuk dapat melawan kantuk pada saat bekerja atau beraktivitas.

Gunakan alarm agar tidur dapat diatur waktunya. Tidur siang dapat menjernihkan kembali pikiran dan fokus pada pekerjaan.

Biasanya di kantor terdapat ruangan tidur siang yang diperuntukkan untuk pekerja dapat beristirahat sejenak dari kelelahan.

Jarang Diketahui, Ini 3 Manfaat Tidur Tanpa Bantal!

3. Mencuci muka

Jika kamu merasa mengantuk dan sulit berkonsentrasi, cobalah untuk mencuci wajah dengan air dingin tanpa harus minum kopi.

Basuh wajah dan cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan kembali energi dan semangat dalam tubuh untuk beraktivitas kembali.

4. Makan cemilan

Jika menghilangkan ngantuk dengan pijatan jari belum berhasil, cobalah makan sedikit cemilan.

Makan cemilan dapat mengurangi rasa lapar dan keinginan makan karbo terlalu banyak. Hal ini dapat membantu menghindari rasa kantuk datang pada saat bekerja atau beraktivitas.

Cobalah makan cemilan seperti buah, granola, yogurt rendah lemak, biskuit atau roti gandum yang akan menambah energi dengan cepat dan melawan rasa kantuk.

5. Sarapan pagi

Melewatkan sarapan ternyata membuat perut lebih lapar dan energi mudah terbuang sehingga memicu kantuk datang.

Makan dan rutin sarapan pagi agar energi dapat optimal untuk beraktivitas setiap hari. Hindari makanan tinggi karbohidrat dan lebih banyak mengonsumsi sereal, buah, roti dan jenis makanan lain penambah energi.

Nafsu Makan Anak Menurun? Atasi dengan Sarapan

6. Olahraga ringan

Melakukan Gerakan olahraga ringan pada saat bekerja dapat mencegah kantuk datang. Aktivitas fisik akan membuat sel lebih aktif dan energi tubuh kembali terisi.

Olahraga ringan juga dapat mengurangi stress, rasa cemas hingga menjaga kualitas tidur semakin baik.

Lakukan peregangan ringan pada saat rasa kantuk menyerang atau berolahraga secara rutin pada pagi hari sebelum berangkat bekerja.

7. Dengarkan musik

Mendengarkan music dengan beat atau tempo yang cepat dapat meningkatkan energi dan melawan rasa kantuk. Hindari alunan musik yang menenangkan agar tidak memperparah rasa kantuk yang datang.

8. Hirup aromaterapi

Menghilangkan rasa kantuk dapat dilakukan dengan menghirup aromaterapi dengan wangi eucalyptus, peppermint atau lemon.

Minyak atau aromaterapi ini dapat disemprotkan pada area kerja atau menggunakan air diffuser agar udara lebih bersih dan segar.

Melakukan cara mudah untuk mengusir kantuk seperti cara menghilangkan ngantuk dengan jari, pijatan lembut atau cara lain tanpa kopi ini bisa dilakukan di tengah aktivitas bekerja atau belajar. Cara ini cukup mudah dilakukan dan dapat mengatasi kantuk dengan cepat.

Share artikel ini
Reference