kalori singkong goreng

Orang Indonesia memang sangat menyukai gorengan, termasuk singkong goreng. Namun, masih banyak di antara kita yang tidak tahu berapa jumlah kalori singkong goreng yang dikonsumsi.

Jenis umbian ini merupakan sayuran akar yang umum digunakan di seluruh dunia, dan merupakan salah satu makanan paling menakjubkan untuk memperoleh nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Singkong juga merupakan sumber pangan terbesar ketiga di daerah tropis.

Nah, supaya tidak lepas kendali saat memakan singkong goreng yang renyah, yuk intip jumlah kalori dan fakta unik singkong di bawah ini.

Berapa Kalori Tahu Goreng? Apakah Sehat untuk Dikonsumsi Setiap Hari?

Kalori dan nutrisi dalam singkong goreng

Berikut ini nutrisi singkong goreng untuk ukuran porsi 100 gram:

Kalori 290,4 [Kalori dari Lemak 165,6 (57%)]

Jumlah Lemak 18,4g

Lemak jenuh 1,2g 

Lemak tak jenuh tunggal 13,1g 

Lemak tak jenuh ganda 3,2g

Lemak trans 0,1g

dari kebutuhan nilai harian 

Natrium 294,2mg 123%

Kalium 219,8mg 47%

Karbohidrat 30,8g

Karbohidrat bersih 29,4g

Gula 1,3g

Serat 1,4g 59%

Protein 1,1g

Cara penyajian singkong yang sehat

Untuk memembuat sajian singkong yang sehat, kamu bisa memulainya dari memilih singkong tersebut.

Singkong memiliki lapisan lilin di bawah kulitnya, jadi pilihlah singkong yang keras dan bebas dari noda atau bintik-bintik lembut. Bagian dalam singkong juga harus memiliki aroma segar dan bersih.

Cara terbaik untuk memeriksa apakah singkong masih bagus adalah dengan memotong ujungnya. Jika dagingnya memiliki bintik hitam, garis, atau perubahan warna apa pun, maka harus dibuang. 

Singkong busuk memiliki bintik-bintik coklat lembut dan bau busuk. Kamu juga dapat menemukan bitnik-bintik ini pada singkong beku yang sudah dikupas dan dipotong.

Singkong yang belum dikupas harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering seperti kulkas sehingga singkong dapat bertahan selama satu minggu. 

Semetara setelah dikupas, singkong akan bertahan dua sampai tiga minggu di lemari es bila ditambahkan dengan air yang diganti setiap dua hari. Singkong juga bisa dibekukan selama tiga bulan.

Mempersiapkan singkong

Sebelum mengolah, singkong perlu dikupas, dipotong, dan dimasak. Tidak seperti saat mengupas kentang dan sayuran lainnya, alat terbaik untuk mengupas singkong adalah pisau. Karena kulit tebal dan lapisan lilin pelindungnya, pengupas sayuran sangat tidak dianjurkan.

Daftar Kalori Gorengan yang Selalu Bikin Nagih!

Kupas Singkong

Sebelum dikupas, singkong harus dibilas dan dipotong ujungnya. Akan lebih mudah dikupas dalam ukuran yang lebih kecil, jadi iris menjadi empat hingga enam sentimeter. 

  • Iris secara vertikal kulit singkong dari pangkal hingga ujung. Cukil sedikit bagian yang diiris untuk memudahkan pengelupasan. Kamu bisa menggunakan tangan atau pisau untuk membantu mengelupas. 
  • Mulailah dari sisi yang lebih tebal, gunakan ibu jari untuk masuk ke bawah tepi tempat kamu memotong, ke bawah kulit cokelat dan lapisan putih pertama, dan kupas kulitnya.

Kamu juga bisa membuang inti singkong jika mau. Meskipun bisa memasak singkong terlebih dahulu lalu membuang intinya, disarankan untuk membuang intinya sebelum dimasak untuk mempertahankan bentuknya. 

Memasak singkong

Karena rasanya yang ringan dan konsistensi teksturnya, umbi ini dapat digunakan dalam berbagai resep. Kamu bisa mengukus, menghaluskan, atau merebusnya. Singkong juga sering digoreng dan dibuat menjadi keripik.

Singkong juga bisa dimakan mirip dengan kentang tumbuk, dikombinasikan dengan mentega, bawang putih panggang, atau keju parut, atau diberi taburan minyak zaitun extra-virgin atau sesendok besar karamel.

Setelah singkong dimasak, warnanya berubah dari putih salju menjadi kuning pucat. Singkong juga digunakan untuk membuat tapioka dan farina dan dihaluskan menjadi tepung untuk digunakan dalam roti, makanan yang dipanggang, dan sebagai pengganti bebas gluten.

Merebus Singkong

Singkong direbus dengan cara yang sama seperti kentang. Singkong rebus dapat dimakan apa adanya, dibumbui dengan bahan lain, dihaluskan dan dibumbui, dan digunakan dalam resep yang mengharuskan singkong direbus terlebih dahulu.

  • Masukkan potongan singkong yang sudah dipotong dan dikupas ke dalam panci, tutup dengan air dingin, bumbui dengan garam, dan didihkan.
  • Kecilkan api dan didihkan sampai empuk, sekitar 20 menit. Tiriskan setelahnya.
  • Menggoreng Singkong
  • Tiriskan singkong rebus dengan baik dan keringkan.
  • Panaskan minyak sayur setinggi kurng lebih 4cm dengan suhu 176Co.
  • Masukkan singkong ke dalam minyak panas secara bertahap, pastikan panci tidak terlalu penuh. Goreng sampai berwarna cokelat keemasan, balik sesekali.
  • Tiriskan hingga singkong tampak kering.

Singkong bisa mematikan?

Jumlah zat beracun yang terdeteksi dalam dua akar singkong cukup untuk membunuh orang dewasa atau membuatmu rentan terhadap penyakit.

Ternyata Ini Jumlah Kalori Pisang Goreng, Awas Kaget!

Umbi ini mengandung konsentrasi selulosa yang tinggi dan tidak larut, merupakan jenis serat makanan yang membantu pencernaan, dan membantu mengurangi sembelit dan penyakit divertikular.

Namun begitu, singkong memiliki racun alami yang jika tidak ditangani dengan tepat dapat membahayakan kesehatan seseorang melalui penyakit. Makan singkong lebih sering dikaitkan dengan rendahnya kadar berbagai vitamin dalam tubuh.

Selain itu, singkong memiliki senyawa yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada orang-orang tertentu. Anak-anak lebih rentan terhadap efek samping ini daripada orang dewasa.

Share artikel ini
Reference