manfaat kunyit untuk wajah

Mungkin kamu belum tahu pasti manfaat kunyit untuk wajah, ternyata umbi-umbian herbal ini mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk kesehatan kulit. Kunyit dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk berbagai masakan. Siapa sangka khasiatnya untuk kulit sangat luar biasa?

Kamu mungkin sering melihat produk perawatan kulit yang mengandung kunyit, seperti krim atau masker wajah. Hal ini menjadi bukti bahwa kunyit sudah dipercaya banyak orang sebagai bahan alami yang berguna untuk merawat kulit. 

Manfaat kunyit untuk wajah glowing

cara totok wajah di rumah

Kunyit sebenarnya memiliki banyak khasiat, tetapi manfaat utamanya adalah membuat kulit cerah dan bercahaya. Dikutip dari Good Housekeeping, berikut adalah manfaat spesifik kunyit bagi kulit:

1. Menenangkan peradangan

Kunyit memberikan manfaat anti-inflamasi dan perlindungan dari kerusakan lingkungan. Karena peradangan adalah akar penyebab banyak masalah kulit, meminimalkannya dapat membantu memperbaiki masalah kulit.

2. Mengobati jerawat

Saat dikonsumsi atau dioleskan pada kulit, kunyit dan bahan aktifnya kurkumin telah terbukti memperbaiki lesi jerawat. Kamu bisa membuat pasta dari kunyit, air dan lemon (vitamin C) dan aplikasikan semalaman untuk mengobati jerawat.

3. Menenangkan ruam kulit

Seiring dengan banyaknya masalah kulit, kunyit juga telah digunakan untuk menyembuhkan bekas luka, ruam kulit, luka bakar, dan kondisi kulit tidak nyaman lainnya. Kunyit dipercaya dapat membantu pembaharuan kulit, meskipun tidak sepenuhnya bertanggung jawab untuk itu.

Kunyit Asam untuk Haid: Ramuan Herbal Kaya Manfaat

4. Mencerahkan bintik hitam

Meskipun tidak memperbaiki secara langsung, kunyit topikal membantu perubahan warna atau hiperpigmentasi jika digunakan dalam waktu lama.

5. Mencerahkan kulit

Mungkin salah satu manfaat kunyit yang paling banyak dibicarakan adalah kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Kunyit telah digunakan untuk mengurangi produksi melanin berlebih yang dapat mencerahkan warna kulit.

6. Mencegah kerutan

Studi telah menyarankan kunyit sebagai pengobatan yang mungkin untuk garis-garis halus dan kerutan. Kunyit dapat bekerja untuk meningkatkan nutrisi secara keseluruhan pada tekstur kulit, yang juga dapat membuat kerutan kurang terlihat.

7. Antioksidan tinggi

Kunyit kaya akan antioksidan. Dalam hal perawatan kulit, antioksidan dapat membantu mencegah radikal bebas merusak sel-sel sehat. Ini dapat mencegah timbulnya hiperpigmentasi, bekas luka, dan masalah kulit jangka panjang lainnya.

Kaya akan Nutrisi, Ini Dia Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah

Cara tepat menggunakan kunyit di wajah

Kamu bisa dengan mudah menemukan produk skincare dengan kandungan kunyit untuk menutrisi kulit. Tapi jika kamu ingin menggunakan kunyit alami, ikuti beberapa cara berikut sesuai tipe kulitmu:

  • Kulit berminyak: Campurkan 1/4 sdt kunyit, 1 sdt madu, dan enam tetes minyak zaitun. Oleskan langsung ke kulit yang bersih dan kering, biarkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air.
  • Kulit normal/kering: Campurkan 1/2 sdt kunyit, 2 sdt lidah buaya, 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdt madu. Aplikasikan pada kulit yang bersih dan kering selama 10 menit sebelum dibilas dengan air.
  • Kulit sensitif: Untuk jenis kulit yang lebih sensitif, campurkan 2 sdt kunyit, 6 tetes minyak zaitun, 2 sdt air kelapa, 2 sdt lidah buaya, dan 1 sdt madu. Oleskan langsung ke kulit yang bersih dan kering dan setelah 10 menit, bersihkan masker dengan air.

Efek samping kunyit di wajah

Selama kulit kamu tidak menunjukan reaksi alergi, Dr. Bhanot pada Good Housekeeping, mengatakan bahwa tidak ada efek samping penggunaan kunyit. “Mungkin ada noda kuning pada kulit jika digunakan sebagai masker wajah,” sehingga kamu tidak perlu khawatir akan adanya efek samping di masa yang akan datang.

Umumnya produk skincare di pasaran telah dirancang untuk meminimalkan efek warna noda kuning yang membekas pada kulit. Kamu bisa mencobanya jika tidak mau ribet meracik kunyit sendiri dan membersihkan noda kuningnya.

Jika kamu masih belum melihat hasil apapun setelah pemakaian kunyit pada wajah, kamu bisa konsultasi ke dokter atau menghentikan penggunaannya. Hal ini mungkin menjadi tanda bahwa kunyit tidak cocok untuk kulitmu.

Masker wajah alami dari kunyit, membantu mengurangi masalah kulit terkait peradangan dan iritasi, masker kunyit buatan sendiri mungkin layak kamu pertimbangkan. Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference