Manfaat tidur tanpa bantal
Gaya Hidup Hidup Sehat

Jarang Diketahui, Ini 3 Manfaat Tidur Tanpa Bantal!

Putri Aprillia | Maret 17, 2022
Share

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda soal penggunaan bantal untuk tidur. Ada yang suka pakai bantal saat tidur dan ada yang memilih tidak pakai bantal. Terlepas dari preferensi ini, apakah kamu pernah dengar soal manfaat tidur tanpa bantal?

Ternyata ada banyak manfaat tidur tanpa bantal yang baik untuk kesehatan, lho. Seperti apa infonya? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

Apakah bisa tidur tanpa bantal?

Pertanyaan ini tentu akan dijawab tergantung preferensi masing-masing. Ada orang yang bisa tidur tanpa bantal, ada yang justru tidak bisa tidur jika ia tidak menggunakan bantal untuk menyangga kepala.

Namun faktanya, beberapa penelitian telah membahas manfaat tidur tanpa bantal. Ini akan kita bahas di poin berikutnya. Di sisi lain, ada juga penjelasan medis tidur tanpa bantal berbahaya bagi sebagian orang, terutama mereka yang menderita sakit leher, sakit punggung, atau kyphosis tulang belakang.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk tidur tanpa bantal, kamu disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi posisi tidur yang benar.

Manfaat tidur tanpa bantal

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika tidur tidak menggunakan bantal sebagai penyangga kepala, seperti:

1. Mendukung kesehatan leher dan punggung

Posisi tidur tanpa bantal memungkinkan punggung berada pada posisi natural sehingga kamu tidak akan merasakan sakit punggung keesokan harinya. Di sisi lain, tidur di atas bantal yang terlalu empuk dapat menegangkan otot leher dan mengurangi aliran darah keotak.

Jika kamu memiringkan kepala ke bawah saat tidur dengan bantal, aliran udara ke sistem pernapasan juga akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kamu terbangun dengan sakit kepala keesokan paginya.

2. Tidur menjadi lebih nyenyak

Semua orang pasti ingin tidur dengan nyenyak. Nah, ternyata tidur tanpa bantal bisa membantumu mewujudkannya. Pasalnya, tidur dalam keadaan ini termasuk posisi optimal bagi tubuh untuk beristirahat.

Selain itu, tidur dengan bantal yang keras atau tidak nyaman dapat membutuhkan otot punggung dan leher menjadi sakit. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu tidur dengan tidak nyaman dan sering terbangun tengah malam. Jika hal ini terjadi terus-menerus, kamu bisa mengalami gangguan tidur.

3. Menjaga kesehatan kulit wajah

Percaya atau tidak, tidur tanpa bantal sebenarnya membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Pasalnya, saat tidur dengan bantal, terutama saat tidur menyamping, kulit wajah akan menempel ke bantal. Hal ini menyebabkan pori-pori kulit tidak bernafas sehingga wajah dapat lebih mudah berkeringat dan minyak wajah menjadi bertumbuk.

Dalam hal ini, debu dan kotoran dapat menempel pada wajahmu sepanjang malam, menyebabkan munculnya jerawat. Apalagi jika kamu jarang mencuci sarung bantal yang kamu gunakan.

Risiko tidur tanpa bantal

Meskipun ada beberapa manfaat yang didapatkan jika kamu tidur dengan bantal, ada pula risiko yang terjadi karena memang tidak semua orang disarankan tidur tanpa bantal. Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Postur buruk

Tidur tanpa bantal memang membantumu untuk beristirahat dalam posisi netral. Namun, ini sangat tergantung pada posisi tidurmu. Jika kamu terbiasa tidur tengkurap, kamu disarankan untuk menggunakan bantal. Untuk postur yang baik, kamu juga harus meletakkan bantal di bawah perut.

Sedangkan jika kamu memilih tidur telentang atau menyamping, kamu bisa tidur dengan bantal, tapi gunakanlah bantal yang nyaman, tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk.

2. Sakit leher

Meski tidur tanpa bantal bisa membantu mencegah sakit leher, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya sama sekali. Beberapa orang justru tidak bisa tidur tanpa bantal. Jika dipaksakan, tubuhnya tidak akan nyaman.

Bukan hanya itu, beberapa orang mengalami sakit leher dengan tidur tanpa bantal akibat posisi tubuhnya yang dirasa tidak nyaman.

Tips memulai tidur tanpa bantal

Jika kamu terbiasa tidur dengan bantal dan ingin mengubah kebiasaan ini, kamu mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk bisa tidur tanpa bantal, yaitu:

  • Jika kamu terbiasa menggunakan tumpukan beberapa bantal, kurangi jumlahnya sedikit demi sedikit saat kamu tidur. Kamu juga bisa mengganti bantal dengan kain kasa sebagai pengganti sementara sekarang.
  • Jika kamu terbiasa menggunakan bantal untuk tidur, Gunakan bantal untuk menopang bagian tubuh yang lain. Misalnya, saat tidur tengkurap, gunakan bantal di bawah perut.
  • Tidur dengan kasur yang sesuai untuk mencegah sakit punggung dan leher.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang manfaat tidur tanpa bantal. Bagaimana? Mau coba?

Reference
Share