cara memijat
Hidup Sehat

Cara Memijat Yang Tepat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Imelda Rahmawati | Maret 2, 2022
Share

Cara memijat yang tepat dapat mengatasi nyeri akibat aktivitas. Entah rasa sakit itu disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan atau sebaliknya.

Untuk mengatasi pegal-pegal akibat aktivitas sehari-hari, kamu bisa melakukan cara yang tepat dan beragam manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu pijat?

Pijat adalah kegiatan memberi tekanan pada anggota tubuh, terutama kulit, otot, dan pembuluh darah, dengan teknik atau metode tertentu. Terapi pijat bisa ditemukan di berbagai tempat, mulai dari salon, spa, hingga jasa terapis tradisional yang bisa dipanggil ke rumah.

Berikut adalah jenisnya secara umum, antara lain:

  • Pijat Swedia. Ini adalah teknik lembut yang menggunakan pukulan panjang, menguleni, gerakan melingkar dalam, getaran, dan ketukan. Ini membantu kamu merasa santai dan berenergi.
  • Pijat dalam. Gerakan ini lebih lambat, lebih kuat untuk menekan bagian lapisan otot, serta jaringan ikat yang lebih dalam. Umumnya, untuk membantu mengembalikan otot karena cedera.
  • Pijat olahraga. Biasanya teknik ini ditujukan untuk orang-orang yang terlibat dalam kegiatan olahraga untuk membantu mencegah atau mengobati cedera.
  • Pijat titik pemicu. Berfokus pada area serat otot ketat yang dapat menumpuk di otot kamu setelah cedera atau terlalu sering digunakan.

Manfaat pijat

Pijat umumnya dianggap sebagai bagian dari pengobatan alternatif bagi sebagian orang. Hal ini semakin banyak ditawarkan untuk berbagai kondisi dan situasi medis pada seseorang.

Manfaatnya dapat meliputi:

  1. Kurangi stres dan tingkatkan relaksasi
  2. Mengurangi nyeri otot dan nyeri dan ketegangan
  3. Meningkatkan sirkulasi, energi dan kewaspadaan
  4. Menurunkan detak jantung dan tekanan darah
  5. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa pijat juga dapat mengatasi berbagai hal, antara lain:

  • Khawatir berlebihan
  • Gangguan pencernaan
  • Sakit kepala
  • Insomnia terkait dengan stres
  • Sakit punggung bawah
  • Sakit syaraf
  • Cedera jaringan lunak
  • Cedera olahraga
  • Nyeri sendi temporomandibular
  • Sakit punggung dan leher bagian atas

Selain manfaatnya untuk kondisi atau penyakit tertentu, beberapa orang menikmatinya karena sering kali menghasilkan perasaan nyaman dan enak di badan. Tentunya jika dilakukan dengan cara yang tepat supaya optimal.

Cara memijat

Cara pemijatan yang benar lebih mudah dilakukan saat berada dalam posisi tengkurap. Gunakan matras yang nyaman untuk relaksasi maksimal. Selanjutnya, baluri seluruh area punggung dengan minyak atau losion.

Mulailah dengan arah dari bawah ke atas. Gunakan seluruh telapak tangan kamu dan berikan tekanan lembut. Kemudian, lakukan gerakan searah dari pinggang ke bahu.

Lakukan berulang-ulang hingga otot lebih rileks. Kamu juga bisa melakukan variasi dengan fokus pada titik tertentu yang terasa nyeri. Cara memijat yang benar diakhiri dengan menggosok atau menepuk punggung. Tentu hal ini bisa membuat kulit kamu lebih rileks.

Cara memijat tangan dan kaki

Cara memijat tangan

Jepit ujung jari dengan tekanan yang cukup, tetapi jangan terlalu keras. Lakukan ini selama sekitar 2-3 detik. Ulangi untuk kedua kalinya guna memijat bagian ujung jari. Gunakan satu tangan untuk membungkus tangan lain, letakkan ibu jari kamu di telapak tangan yang lain.

Kemudian, buat gerakan pendek dan tegas dengan ibu jari kamu untuk menekan bantalan tangan kamu.

Cara memijat kaki

Pijat refleksi kaki merupakan metode pengobatan alternatif dengan cara menekan titik-titik tertentu pada area kaki. Terapis percaya bahwa, titik refleksi ini mewakili kondisi organ dan anggota tubuh tertentu. Untuk memulainya kamu bisa mengatur posisi tubuh senyaman mungkin. Lalu,  ambil napas panjang hingga merasa rileks. Tekan titik refleks yang sesuai, lalu lakukan gerakan yang lembut. Kamu bisa melakukan teknik ini sekitar 10 detik, tapi hasilnya bisa langsung terasa.

Cara memijat kepala

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala dengan pijat refleksi pada titik-titik tertentu, seperti tangan, leher, atau bagian lainnya. Melakukan teknik ini sangat cocok bagi kamu yang sering mengalami migrain atau sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel. Berikut caranya, temukan titik mata ketiga, juga dikenal sebagai Yin Tang yang terletak di antara alis, di mana pangkal hidung bertemu dengan dahi.

Kemudian, tekan titik akupresur ini dengan ibu jari dan jari telunjuk kanan selama 1 menit. Lepaskan perlahan.
Lakukan berulang kali hingga area mata terasa lebih nyaman dan sakit kepala berkurang.

Cara ini dipercaya dapat meredakan stres, mengatasi depresi, kelelahan kronis, dan perubahan suasana hati, meningkatkan kreativitas dan mempertajam intuisi.

Cara pijat ibu hamil

Teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya jangan terlalu sering memijat pada tahap awal kehamilan. Hal ini karena pijatan yang salah atau berlebihan pada ibu hamil di trimester pertama berisiko menyebabkan keguguran.

Langkah pertama siapkan minyak terlebih dahulu untuk memudahkan tangan kamu lancar bergerak di kulit. Kamu bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Setelah itu, mulailah memijat tubuh. Berikut caranya:

1. Daerah perut

Pastikan posisi tubuh ibu hamil tidak terlentang saat kamu memijat perutnya, apalagi jika berlangsung lama. Kemudian, mulai lah dengan cara berikut:

  • Tuang minyak secukupnya ke telapak tangan, lalu gosok kedua telapak tangan untuk memberikan sensasi hangat saat menyentuh kulit.
  • Mulailah memijat sisi perutnya ke tengah, perlahan.
  • Kemudian gerakkan tangan kamu ke bawah perut bagian bawah menuju tulang kemaluan, lalu telusuri garis selangkangan hingga naik kembali ke samping perut.
  • Ulangi gerakan ini dengan tekanan lembut. Jangan menekan perut dengan keras.

2. Pijat area punggung

Pertama-tama, mintalah untuk duduk di kursi atau duduk bersila, lalu tambahkan bantal di area perut sebagai pengganjal agar bisa bersandar. Mulailah dengan area tulang belakang dari atas ke bawah di kedua sisi. Lakukan dengan menggunakan ibu jari atau pangkal tangan untuk menekan bagian punggung dengan lembut.

Bahaya salah pijat

Pijat umumnya tidak berbahaya, tetapi terlalu banyak tekanan atau salah teknik bisa berbahaya. Beberapa dampak buruknya adalah, perdarahan organ dalam, kerusakan saraf, kelumpuhan sementara, hingga reaksi alergi terhadap minyak atau krim yang digunakan.

Kunjungi tempat atau klinik yang memang menyediakan terapis profesional untuk melakukan aktivitas ini.

Reference
Share