makan mie instan saat hamil

makan mie instan saat hamil

Wanita yang memasuki masa kehamilan umumnya dianjurkan untuk menjaga asupan makanannya. 

Termasuk di dalamnya ialah menghindari konsumsi produk olahan seperti mie instan yang biasanya tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi ibu dan janin.

Lantas, bolehkah ibu hamil mengonsumsi mie instan? Apa dampak yang bisa ditimbulkan dari mengonsumsinya? 

Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Risiko makan mie instan saat hamil 

Mie instan memang digemari oleh seluruh kalangan. Hal ini dikarenakan cara pembuatannya yang cepat, praktis, dan mudah. Di samping itu, harganya juga sangat terjangkau. 

Meskipun begitu, banyak orang masih memperdebatkan apakah mie instan aman dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, khususnya pada ibu hamil. 

Berdasarkan salah satu penelitian pada National Library of Medicine, mie instan termasuk ke dalam makanan olahan yang mengandung kalori yang rendah. 

Namun sayangnya, mie instan minim akan kandungan nutrisi seperti protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, magnesium, dan kalium. 

Mie instan juga memiliki kandungan antioksidan yang rendah dan memiliki kadar sodium yang tinggi. Konsumsi sodium dari garam yang berlebih dapat mempengaruhi kesehatan.

risiko makan mie instan saat hamil
risiko makan mie instan saat hamil

Beberapa risiko yang bisa ditimbulkan dari mengonsumsi mie instan saat hamil adalah: 

  • Dapat meningkatkan tekanan darah sehingga memiliki risiko terkena hipertensi
  • Dapat meningkatkan kadar kolesterol dan berat badan 
  • Dapat mengganggu kesehatan janin dan menghambat pertumbuhan janin 
  • Meningkatkan kadar gula darah karena dapat menurunkan kadar insulin 
  • Tubuh menjadi sulit menyerap nutrisi karena mie instan memiliki waktu yang lama untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan sembelit 

Meskipun demikian, mengonsumsi mie instan saat hamil sebenarnya tidak berbahaya asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

Namun, jika kamu masih ingin tetap mengonsumsinya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar sajian ini menjadi lebih bernutrisi.

Saran konsumsi mie instan saat hamil 

Walaupun memiliki kandungan nutrisi yang rendah, jika Anda ingin mengonsumsi mie instan, berikut beberapa rekomendasi cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat mie instan lebih sehat dan bergizi: 

  • Coba modifikasi mie instan dengan mencampurnya dengan beberapa sayuran, kacang-kacangan, jamur, telur, daging rebus, tahu, dll. 
  • Gunakan setengah dari kemasan bumbu dan minyak pada mie instan 
  • Mengganti air rebusan dengan kaldu sayuran atau ayam buatan sendiri 
  • Usahakan untuk memilih mie instan yang dibuat dari gandum utuh 

Selain itu, sebenarnya kamu juga bisa mencoba pengganti beberapa makanan sehat lain  sebagai alternatif mie instan, yaitu oatmeal, sandwich, ubi, dan smoothies.

Share artikel ini
Reference