Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan manusia adalah untuk menggerakkan pergelangan tangan sehingga dapat beraktivitas sehari-hari. Mengingat pentingnya tulang ini, kamu perlu mengetahui bagaimana anatomi dan beberapa kondisi penyakit yang mungkin dapat menyerang. Simak selengkapnya berikut ini!

Apa itu tulang pergelangan tangan?

Tulang pergelangan tangan adalah tulang kecil yang berjumlah 8 bagian. Tulang-tulang kecil ini melekat pada tulang panjang, ulna lengan bawah, dan jari-jari, sehingga membentuk seperti sendi.

Pada tulang pergelangan tangan, terdapat sendi radiocarpal dan sendi midcarpal. Sendi-sendi tersebut memungkinkan pergelangan tangan dan jari-jari dapat bergerak ke beberapa sisi sesuai fungsinya.
Jika pergelangan tangan mengalami gangguan, fungsi tangan tentu dapat terhambat, seperti untuk menggenggam erat dan melakukan aktivitas tangan lainnya.

Struktur tulang pergelangan tangan

Tulang pergelangan tangan berupa tulang karpal yang berbentuk tulang persegi kecil, oval, dan segitiga. Gugusan tulang karpal di pergelangan tangan membuatnya kuat dan fleksibel. Jumlahnya ada 8 tulang karpal, yaitu:

  1. skafoid, tulang panjang berbentuk perahu di bawah ibu jari
  2. bulan sabit, tulang berbentuk bulan sabit di samping skafoid
  3. trapezium, tulang berbentuk bujur sangkar di atas skafoid dan di bawah ibu jari
  4. trapesium, tulang berbentuk baji di samping trapesium
  5. capitate, tulang berbentuk oval atau kepala di tengah pergelangan tangan
  6. hamate, tulang berbentuk baji di bawah sisi jari kelingking tangan
  7. triquetrum, tulang berbentuk piramida di bawah hamate
  8. pisiform, tulang sesamoid kecil berbentuk kacang polong (tulang yang tertanam di tendon atau otot) yang berada di atas triquetrum

Selain itu, pergelangan tangan memiliki struktur yang terdiri dari tiga sendi utama yaitu:

sendi radiokarpal

Sendi radiokarpal adalah tempat tulang lengan bawah yang lebih tebal terhubung dengan barisan bawah tulang pergelangan tangan: tulang skafoid, bulan sabit, dan tulang triquetrum. Sendi ini terutama di sisi ibu jari pergelangan tangan kamu.

Sendi ulnokarpal

Sendi ini adalah sendi antara ulna atau tulang lengan bawah yang lebih tipis dan tulang pergelangan tangan bulan sabit dan triquetrum. Ini adalah sisi jari kelingking dari pergelangan tangan kamu.

Sendi radioulnar distal

Sendi ini ada di pergelangan tangan tetapi tidak termasuk tulang pergelangan tangan. Bagian ini menghubungkan ujung bawah radius dan ulna.

Pergelangan tangan kamu terdiri dari delapan tulang kecil yang disebut tulang karpal, atau karpus. Tulang yang berbentuk tidak beraturan ini bergabung dengan tangan kedua tulang lengan bawah yang panjang: radius dan ulna.

Apa fungsi tulang pergelangan tangan?

Dalam anatomi manusia, peran utama pergelangan tangan adalah untuk memfasilitasi posisi tangan yang efektif, penggunaan ekstensor dan fleksor lengan bawah dengan kuat. Selain itu, fungsi tulang pergelangan tangan lainnya adalah untuk mobilitas masing-masing tulang karpal untuk meningkatkan kebebasan bergerak di pergelangan tangan.

Tujuan dari pergelangan tangan kita adalah untuk dapat mendukung berbagai macam gerakan seperti:

  • bergerak ke samping
  • ke depan dan ke belakang
  • ke atas dan ke bawah
  • memutar
  • menekuk

Gangguan tulang pergelangan tangan

Cedera dan kondisi umum pada pergelangan tangan, tangan, dan jari meliputi:

Keseleo

Keseleo terjadi ketika kamu merobek atau meregangkan ligamen. Ini bisa karena peregangan berlebihan, benturan fisik, atau jatuh.

Sindrom impaksi

Disebut juga ulnocarpal abutment, kondisi pergelangan tangan ini terjadi ketika tulang lengan ulna sedikit lebih panjang dari radius. Hal ini biasanya terjadi setelah patah tulang pergelangan tangan sembuh dengan cara yang malunited (atipikal), dan membuat sendi ulnocarpal antara tulang ini dan tulang pergelangan tangan kamu kurang stabil.

Sakit radang sendi

Arthritis dapat terjadi di salah satu pergelangan tangan, tangan, atau sendi jari, termasuk sendi MCP. Kamu bisa mengalami nyeri sendi pergelangan tangan dari arthritis. Ini dapat terjadi dari keausan biasa atau cedera pada pergelangan tangan. Kamu juga bisa mengalami rheumatoid arthritis dari ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh.

Patah

Kamu dapat mengalami patah salah satu tulang di pergelangan tangan, tangan, atau jari karena jatuh atau cedera lainnya.

Cedera stres berulang

Cedera umum pada pergelangan tangan, tangan, dan jari terjadi karena gerakan berulang. Ini termasuk mengetik, mengirim SMS, menulis, dan bermain tenis. Gejalanya meliputi bengkak, mati rasa, dan nyeri.

Sindrom terowongan karpal

Sindrom ini terjadi ketika saraf median tertekan. Sindrom terowongan karpal dapat terjadi akibat ekstensi berulang pada pergelangan tangan, tekanan darah tinggi, atau diabetes.

Fraktur Boxer

Cedera benturan ini biasanya mengenai metakarpal keempat dan kelima. Seringkali, fraktur petinju terjadi ketika kamu menggunakan kepalan tangan tertutup untuk memukul benda keras.

Tips menjaga kesehatan tulang pergelangan tangan

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam menjaga kesehatan tulang pergelangan tangan di antaranya adalah:

Sertakan banyak kalsium dalam pola makan

Sumber kalsium yang baik termasuk produk susu, almond, brokoli, kangkung, salmon kaleng dengan tulang, sarden dan produk kedelai, seperti tahu. Jika kamu merasa sulit untuk mendapatkan cukup kalsium dari makanan , tanyakan kepada dokter tentang suplemen yang tepat untuk dikonsumsi.

Konsumsi vitamin D

Vitamin D sangat baik untuk tulang. Sumber vitamin D yang baik termasuk ikan berminyak, seperti salmon, trout, bandeng, Hering dan tuna. Selain itu, jamur, telur, dan makanan yang diperkaya, seperti susu dan sereal, merupakan sumber vitamin D yang baik. Sinar matahari juga berkontribusi pada produksi vitamin D tubuh.

Olagaraga rutin

Latihan menahan beban, seperti berjalan, jogging, dan menaiki tangga, dapat membantu Anda membangun tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan tulang.
Hindari rokok dan minuman beralkohol

Share artikel ini
Reference