cara menghilangkan kutu rambut

Kutu rambut sangat mudah menyebar dari satu kepala ke kepala lainnya. Cara menghilangkan kutu rambut. Kutu rambut tidak berbeda dengan investasi kutu dimana banyak sekali orang yang terkena kutu rambut sehingga sulit untuk dijabarkan berapa banyaknya.

Kutu rambut merupakan jenis parasit yang dapat bertahan hidup di luar kepala selama 24 jam sehingga tidak heran jika penularannya bisa melalui kontak langsung dari kepala ke kepala.

Banyak situasi yang dapat memicu kutu rambut menular sehingga perlu diantisipasi dengan cepat jika sudah menemukan indikasi terkena kutu rambut. 

Bentuk kutu rambut

Pediculosis capitis merupakan istilah untuk penyakit yang disebabkan kutu rambut. Parasit ini memang tidak membahayakan, namun jika tidak ditangani dengan cepat, kutu rambut akan membuat kepala gatal, tidak nyaman dan bahkan iritasi akibat tergaruk.

Bentuk kutu rambut umumnya sebesar biji wijen 2-3 mm. Warnanya coklat atau keabu-abuan. Parasit kutu rambut dapat bertahan 30 hari di kulit kepala dan biasanya akan mati dalam waktu 12-24 jam jika lepas dari rambut.

Kutu dalam sekali bertelur dapat menghasilkan 130-190 telur sehingga perlu segera dibasmi sampai terbebas dari kutu dan telurnya.

Adapun ciri-ciri saat kamu terkena kutu rambut antara lain:

  • Rasa gatal pada kulit kepala
  • Ada sesuatu yang bergerak dan merayap di kulit kepala
  • Ruam merah muncul pada belakang leher
  • Terdapat bintik putih yang berupa telur kutu pada helaianan rambut

Baca juga: Kenali Gejala Gigitan Kutu Kasur dan Cara Mengobatinya! 

Penyebab adanya kutu rambut

cara agar rambut cepat panjang

Kutu dapat merayap dengan cepat dari satu kepala ke kepala lain jika ada media kontaknya seperti sisir, jepit rambut, handuk, bantal, topi dan benda lain yang umumnya digunakan di dekat kepala.

Terkadang penularannya tidak langsung, yaitu melalui benda yang dipakai bersama dan dipakai bergantian dengan penderita. Situasi umum yang dapat menyebabkan penyebaran kutu rambut antara lain:

  • Berada di lingkungan sekolah 
  • Berada dekat dengan anak-anak lain
  • Tidur atau berada di tempat yang sama
  • Berbagi sisir, handuk dan peralatan lain yang mudah menularkan kutu rambut

Perlu cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat karena bila parasit sudah bertahan, maka telur akan menetas dan menimbulkan kutu rambut baru yang lebih banyak.

Gejala yang akan terasa jika terkena kutu rambut adalah rasa gatal mulai dari kulit kepala, leher hingga telinga. Gatal ini merupakan reaksi kulit karena kulit manusia sensitif terhadap air liur kutu.

Rasa gatal juga terasa karena kutu akan merayap sehingga secara tidak sadar sering menggaruk bagian kulit kepala yang gatal.
Adakah cara menghilangkan kutu rambut yang mudah dan efektif?

Cara menghilangkan kutu rambut

Ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang sudah banyak dipraktikkan oleh penderita kutu rambut, yaitu

1. Serit

Sisir serit mempunyai gigi yang lebih rapat daripada sisir biasa sehingga sering digunakan untuk membasmi kutu rambut. Kutu akna terperangkap dan lepas dari rambut.

Cara ini memang tidak langsung berhasil mengusir kutu rambut, namun bisa diguankan rutin untuk melepas kutu rambut dan telur dari rambut dan kepala.

2. Obat penghilang kutu

Kutu rambut mengandung permethrin dan piperonyl butoxide yang dapat melemahkan saraf rambut sehingga mudah dilepaskan dari kepala.

Gunakan obat penghilang kutu secara berkala yang diakhiri dengan keramas untuk menghilangkan kutu yang sudah lemas karena obat.

3. Lidah buaya

Apa Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh?

Ambil gel lidah buaya dan blender lalu gunakan sebagai masker rambut. Pijat rambut dan tutup, lalu serit rambut untuk membersihkan kutu dan telurnya.

4. Garam

Garam dengan sifat antiseptiknya dapat membunuh kutu rambut. Campurkan garam dan cuka dalam botol spray lalu semprot dan pada rambut dan permukaan kulit. Tutup rapat selama 2-3 jam lalu bilas dan rutin dilakukan 2-3 kali seminggu.

5. Biji buah srikaya

Minyak dari asam lemak srikaya dapat membunuh kutu dan telur. Oleskan pada kepala sebelum tidur dan serit untuk mengambil kutu-kutu mati pada pembungkus rambut.

6. Minyak almond

Parasite kutu dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak almond. Caranya dengan mengoleskan minyak ke seluruh bagian rambut sebelum tidur.

Bungkus rambut rapat dan buka pagi harinya. Sisir dengan serit serta hilangkan sisa minyak almond dengan keramas.

Baca juga: 12 Manfaat Almond Milk yang Sarat Manfaat! 

7. Minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Pakai minyak zaitun di rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dengan rapat 1 malam. Sisir dan keramas rambut di pagi harinya.

8. Minyak tea tree

Bahan alami pengusir kutu ini dapat digunakan dengan campuran 1 sdm minyak tea tree, 1 ons sampo dan 2 sdm minyak zaitun.

Aduk rata dan oleskan pada rambut hingga kulit kepala. Diamkan dan bilas dengan air hangat lalu serit rambut dan lakukan car aini dengan rutin.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa digunakan agar kutu kesulitan untuk berpindah dan berkembang biak. Tetekan 4-6 tetes minyak kepala. Diamkan dan tutup rapat dengan shower cap 6-8 jam. Sisir dan cuci rambut dengan sampo.

10. Minyak kayu putih

Perpaduan minyak kayu putih dengan jeruk nipis dapat digunakan untuk membunuh telur kutu rambut. Oleskan campuran keduanya dan tutup rapat rambut selama 2 jam. Pijat dan bilas rambut hingga bersih.

11. Bawang putih

Aroma tajam dan khas bawang putih dapat menghilangkan kutu rambut. Tumbuk bawang putih 10 siung, tambahkan air perasan jeruk nipis dan oleskan pada rambut. Biarkan 30 menit dan bilas dengan air hangat.

Beberapa bahan ini dapat digunakan untuk membantu membasmi kutu rambut dan telurnya. Lakukan penyisiran 3-4 hari untuk memastikan kutu rambut tidak ada lagi.

Baca juga: Cara Mengobati Kutu Air yang Buat Gatal Kaki dan Tangan! 

Cara membasmi kutu rambut dengan perawatan medis

Cara menghilangkan kutu rambut juga dapat dilakukan dengan perawatan over the counter (otc) untuk kutu rambut dengan bahan-bahan di bawah ini:

12. Pyrethrins

Ekstrak alami krisan, aman untuk anak usia 2 tahun keatas. Bahan ini dapat membunuh kutu hidup da telur kutu. 

13. Lotion permethrin

Perawatan dari lotion ini mirip dengan piretrin alami yang dapat membunuh kutu dan telurnya. Aman digunakan untuk anak usia 2 tahun keatas.

Baca juga: Apa itu Kutu Kemaluan? Yuk Kenali Gejala dan Wujudnya! 

Cara mencegah kutu rambut

Perawatan dapat dibantu dengan penggunaan shampo pembasmi kutu rambut dan lakukan beberapa pencegahan secara mandiri jika kutu rambut telah hilang, seperti:

  • Cuci semua perlengkapan mandi atau tidur dengan air panas, keringkan di bawah terik matahari.
  • Rendam perlengkapan yang dipakai kepala dalam air panas selama 5-10 menit
  • Bersihkan semua bagian rumah dengan penyedot debu.
  • Masukkan barang dalam kantong tertutup agar bebas dari kutu.
  • Hindari pemakaian barang bersama dengan penderita kutu rambut
  • Jaga kebersihan agar terhindar dari penularan kutu rambut
  • Hindari kontak kepala dengan penderita kutu rambut

Berbagai perawatan dan cara menghilangkan kutu rambut haus dilakukan dengan sabar, secara bertahap dan tidak bisa hanya 1-2 kali saja untuk memastikan semua kutu mati dan telur telah dibasmi. Terus pantau dan periksa rambut agar kutu rambut dan telur tidak kembali menyerang.

Share artikel ini
Reference