Jumlah kalori jambu air termasuk sedang untuk ukuran buah, seperti yang kita ketahui bahwa sayur dan buah sangat baik untuk diet. Disamping jumlah kalorinya, kamu juga perlu memperhatikan fakta nutrisi yang tidak kalah penting.

Jambu air secara ilmiah dikenal sebagai syzygium aqueum dan termasuk dalam keluarga botani myrtaceae. Tanaman jambu air ini asli Indonesia dan Malaysia dan tumbuh di semua daerah tropis Afrika dan Asia Selatan, termasuk India dan Thailand.

Kalori dan nutrisi jambu air

makanan untuk penderita infeksi usus

Kalo jambu air berukuran sedang hanya sekitar 25 kkal, buah ini cocok dijadikan camilan saat kamu sedang ingin makan banyak. Jambu air juga mengandung nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, serat, karbohidrat, dan protein. 

Deretan Minuman dan Makanan untuk Penderita Diare, Ada Jus dan Yogurt

Jambu air adalah buah rendah kalori karena kandungan lemak dan kalorinya yang rendah serta kandungan airnya yang tinggi, yaitu sekitar 90%.1 Nilai gizi apel air adalah sebagai berikut: 

  • Kalori 25 kkal 
  • Karbohidrat 5,7 g 
  • Protein 0,6 g 
  • Lemak 0,3 g 
  • Kalsium 29 mg 
  • Magnesium 5 mg 
  • Zat besi 0,07 mg 
  • Kalium 123 mg 
  • Fosfor 8 mg 
  • Seng 0,06 mg 
  • Mangan 0,029 mg 
  • Tembaga 0,016 mg 
  • Vitamin B1 0,02 mg 
  • Vitamin B2 0,03 mg 
  • Vitamin B3 0,8 mg 
  • Vitamin A 17 mg

Manfaat jambu air

makanan untuk penderita gula darah tinggi

Karena jambu air mengandung sangat banyak nutrisi, manfaatnya bagi tubuh tentu sangat banyak juga. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat:

1. Melawan kerusakan akibat radikal bebas

Jambu air kaya akan Vitamin C dan senyawa fenolik lainnya yang disebut flavonoid. Kandungan ini mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, polutan dan bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit kesehatan seperti penyakit jantung, kanker dan radang sendi. 

2. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Vitamin C dalam jambu air meningkatkan produksi sel darah putih dan juga membantu dalam fungsinya, karena merupakan antioksidan, vitamin ini menghilangkan kerusakan oksidatif dan meningkatkan kelancaran fungsinya. Vitamin C juga secara efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal pilek.

3. Meningkatkan kolesterol baik

Jambu air adalah sumber Niacin yang mengatur sintesis kolesterol dalam sistem. Niacin meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi jumlah trigliserida berbahaya dan kolesterol jahat dalam darah.

4. Meningkatkan metabolisme

Mengonsumsi jambu air membantu mempercepat asimilasi karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan, dengan bertindak sebagai katalisator enzim dalam proses biokimia. Hal ini meningkatkan nafsu makan dan metabolisme yang meningkat, sehingga membantu menjaga berat badan yang optimal.

5. Mencegah sembelit

Serat makanan dalam jambu air mendukung sistem pencernaan dalam pergerakan material dan menambah volume pada fses. Hal ini berguna bagi mereka yang memiliki fungsi usus yang tidak teratur atau sembelit. Juga mendukung berat badan yang sehat dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan diabetes.

Makanan Penyebab Sembelit Yang Perlu Kamu Waspadai

6. Menyembuhkan kram otot

Jambu air memiliki jumlah kalium dan air yang cukup. Hal ini meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kram otot yang sering disebabkan oleh rendahnya kadar kalium, natrium, dan dehidrasi.

7. Menghidrasi tubuh

Kandungan air yang melimpah dalam jambu air membuatnya menjadi cara yang sempurna untuk memuaskan dahaga dan mendinginkan tubuh saat cuaca panas, ketika orang sering mengalami dehidrasi. 

Kamu bisa memakannya secara langsung atau diperas menjadi jus yang didinginkan dan diminum, untuk memastikan pasokan air yang cukup dan untuk pengisian elektrolit dalam sel-sel tubuh.

Apakah jambu air baik untuk diet

Jambu air tentu menjadi buah yang sangat baik untuk diet, karena jumlah kalorinya yang kecil dan kandungan nutrisi melimpah. Sesuai dengan namanya, buah ini mengandung air yang banyak sehingga membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, pencernaan lancar, dan metabolisme yang cepat.

Hal tersebut sangat membantu dalam proses diet, terutama penurunan berat badan. Mengonsumsi jambu air dalam jumlah banyak juga tidak akan menimbulkan banyak kalori, asalkan masih dalam batas wajar.

Jadi, jika kamu sedang menentukan menu diet atau camilan sehat, maka jambu air jawabannya! Kamu bisa menemukan buah ini dengan mudah di toko buah atau di supermarket yang sudah dikemas dengan bersih.

____________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference