manfaat lidah buaya untuk wajah

manfaat lidah buaya untuk wajah

Mungkin, kita sudah tidak asing lagi dengan tanaman lidah buaya.

Yap! Lidah buaya adalah tanaman yang dapat kamu temukan di daerah tropis dan telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan karena ada berbagai manfaat lidah buaya untuk wajah.

Bukan tanpa alasan, lidah buaya mengandung manfaat baik buat kulit dan kesehatan karena memiliki nutrisi yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 

Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan merawat kulit yang teriritasi atau iritasi.

Namun, untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa menyimak artikel berikut ini.

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Dalam pengobatan konvensional, lidah buaya digunakan sebagai gel topikal yang bisa langsung kita gunakan di wajah atau kulit.

Sebab, gel lidah buaya ini mengandung bahan yang menenangkan kulit, seperti echinacea dan calendula.

Tak heran, ada berbagai manfaat lidah buaya untuk wajah yang bisa kamu dapatkan kalau rutin menggunakannya sebagai masker.

  • Mengobati luka bakar

Untuk luka bakar ringan, kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya ke area yang terkena hingga tiga kali dalam sehari dan lindungi area tersebut dengan kain kasa. 

  • Meredakan sunburn

Pernahkah kamu bersantai di pinggir pantai atau memiliki aktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam? B

ila ya, kamu bisa meredakan gejala sunburn tersebut menggunakan lidah buaya. Namun, kamu harus tetap menggunakan tabir surya setiap harinya.

  • Lecet

Jika dagu atau dahimu lecet, maka  bisa mengoleskan lidah buaya ke area tersebut untuk menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan cepat. 

  • Menyembuhkan luka kecil

Luka kecil juga bisa disembuhkan kalau menggunakan lidah buaya, lho.

Sebab, struktur molekulnya dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat, mampu meningkatkan aktivitas kolagen, dan melawan bakteri yang tersisa.

Untuk hasil maksimal, gunakan hingga tiga kali per hari.

  • Melembapkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk wajah lainnya adalah melembapkan, terutama jika kamu memiliki tipe kulit yang kering.

Apalagi, Tekstur lembut lidah buaya memang dapat mengunci kelembapan di wajah.

  • Menyembuhkan luka di mulut

Pernah memiliki luka di mulut yang menyerupai sariawan? Tak perlu khawatir, manfaat lidah buaya juga termasuk menyembuhkan luka tersebut.

Sebab, lidah buaya dapat membantu mengobati virus herpes yang juga merupakan penyebab sariawan. Oleskan gel lidah buaya ke luka mulut dua kali sehari sampai hilang.

  • Mengurangi gejala eksim

Eksim atau pembengkakan kulit memang bisa mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Untungnya, efek pelembap lidah buaya dapat membantu meringankan kulit kering dan gatal yang terkait dengan eksim. Gel lidah buaya ini juga dapat membantu meringankan dermatitis. 

  • Meredakan psoriasis

Selain eksim, manfaat lidah buaya untuk wajah juga dapat membantu meredakan peradangan dan gatal akibat psoriasis.

Untuk hasil maksimal, oleskan gel lidah buaya dua kali sehari ke area kulit yang terkena.

  • Meredakan jerawat

Punya jerawat yang tumbuh di wajah? Tenang saja, lidah buaya memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati jerawat meradang.

Untuk mengaplikasikannya, kamu hanya perlu mengoleskan gel dengan kapas langsung ke jerawat tiga kali sehari.

Cara membuat masker lidah buaya

Bagaimana? Setelah mengetahui manfaat lidah buaya untuk wajah di atas, kamu pasti jadi makin semangat untuk menggunakan masker yang terbuat dari lidah buaya, bukan?

Tak perlu khawatir, kami juga ingin membagikan rekomendasi cara membuat masker lidah buaya yang dapat kamu jadikan acuan di rumah. 

Jika ingin menggunakan masker lidah buaya yang langsung dari tanamannya, pilih tanaman dewasa yang berumur setidaknya beberapa tahun supaya konsentrasi bahan aktifnya lebih tinggi.

Berikut langkah membuat masker lidah buaya yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

  1. Pilih 3-4 daun sekaligus yang teksturnya tebal.
  2. Pastikan daunnya sehat dan bebas dari jamur atau kerusakan.
  3. Potong daun lidah buaya yang dekat dengan batang karena sebagian besar nutrisinya yang bermanfaat ditemukan di pangkal daun.
  4. Hindari akarnya.
  5. Cuci dan keringkan daunnya.
  6. Potong ujung yang berduri dengan pisau.
  7. Pisahkan gel bagian dalam dari bagian luar daun. 
  8. Biarkan getah kuning mengalir dari daun untuk kamu buang.
  9. Potong gel lidah buaya menjadi irisan atau kubus.

 

Jika ingin tekstur masker yang halus, setelah memisahkan lidah buaya dari bagian luar daunnya, masukkan lidah buaya ke dalam blender dan saring bahannya untuk menghilangkan ampas.

Nah, itu dia penjelasan mengenai manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara membuat maskernya.

Perlu diingat, jika dalam sekali pemakaian kemudian wajahmu mengalami kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan masker lidah buaya. 

Share artikel ini
Reference