Lagu Lebaran menjadi hal yang tidak bisa terpisahkan dari perayaan Hari Raya Idul Fitri sehingga suasana menjadi penuh kegembiraan dan refleksi diri melalui lirik-lirik lagunya yang mendalam. 

Dari lagu-lagu klasik hingga yang lebih modern, banyak sekali lagu lebaran yang dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi terkenal di Indonesia. Bagi yang merindukan suasana lebaran, mendengarkan lagu-lagu religi Indonesia untuk lebaran bisa menjadi cara yang tepat untuk merayakan momen tersebut.

Yuk simak sejumlah rekomendasi lagu lebaran yang bisa kamu dengarkan pada ulasan berikut ini.

Rekomendasi lagu lebaran indonesia

Berikut sejumlah rekomendasi lagu lebaran yang cocok untuk kamu dengarkan di hari kemenangan ini. 

1. Lebaran Sebentar Lagi – Bimbo

Lagu ini meriah dan sangat cocok untuk perayaan lebaran. Liriknya tentang bagaimana kita harus bersatu dan bahagia pada saat Idul Fitri, sambil menikmati makanan lezat dan suasana yang penuh keceriaan.

2. “Ramadhan Tiba” – Opick

Meskipun lagu ini lebih tentang bulan Ramadan atau ketika berpuasa, tetapi sangat tepat untuk diputar saat perayaan lebaran. Opick memiliki vokal yang khas dan penuh perasaan dalam lagu ini, yang memberikan nuansa khusyuk dan suka cita pada saat yang sama.

3. Selamat Lebaran – Ungu

Lagu Selamat Lebaran merupakan lagu yang paling populer dari Ungu. Lagu ini mengajak pendengar untuk bersyukur di hari kemenangan dan merayakan momen spesial bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Makan Menu Makanan Sehat saat Lebaran 2023, Why Not?

4. Dengan NafasMu – Ungu

Lagu Dengan NafasMu bukan lagu Lebaran secara khusus, namun lagu ini kerap diputar saat momen Lebaran tiba. Lagu ini mengajarkan untuk selalu bersyukur atas kasih sayang Tuhan yang selalu menyertai kita.

5. Bila Tiba – Ungu

Lagu Bila Tiba menjadi salah satu lagu wajib di hari Lebaran. Lagu ini menceritakan tentang kebahagiaan umat Muslim di hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

Deretan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Mudik Lebaran 2023

6. SurgaMu – Ungu

Lagu SurgaMu mengajarkan kita untuk selalu mengingat dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah. Lagu ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk terus memperbaiki diri dan memperbaiki hubungan dengan Tuhan.

7. Haddad Alwi & Sulis – Ya Thoybah

Lagu ini merupakan lagu sholawat yang sangat populer di Indonesia. Liriknya yang penuh dengan doa dan harapan membuatnya cocok didengarkan di hari Lebaran.

8. Tompi – Ramadhan Datang

Lagu ini menceritakan tentang kegembiraan umat muslim menyambut bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Nada musiknya yang ceria dan liriknya yang penuh semangat cocok didengarkan di hari Lebaran.

Tips jalani lebaran di rumah saja

resep kue kering untuk lebaran yang enak

Selain mendengarkan lagu lebaran, kamu juga bisa jalani lebaran dengan menyenangkan di rumah, berikut tipsnya. 

1. Membuat hidangan khas Idul Fitri

Membuat hidangan khas Idul Fitri bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan membuat suasana meriah. Kamu bisa mencoba membuat ketupat, opor ayam, rendang, atau hidangan lainnya yang biasanya disajikan saat Idul Fitri.

2. Dekorasi rumah dengan tema Idul Fitri

Mendekorasi rumah dengan tema Idul Fitri juga bisa membuat suasana meriah dan penuh sukacita. Kamu bisa menggunakan hiasan seperti lampu-lampu warna-warni, karangan bunga, atau hiasan lain yang sesuai dengan tema Idul Fitri.

3. Buat hadiah atau kartu ucapan

Kamu dan keluarga juga bisa mengirimkan hadiah atau kartu ucapan Idul Fitri kepada keluarga dan teman-teman. Jika kamu ingin berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang membutuhkan, kamu dapat memberikan sedekah atau zakat pada hari raya ini.

4. Berkumpul dengan keluarga

Meskipun tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar, kamu masih bisa berkumpul dengan keluarga inti di rumah. Kamu bisa bermain game bersama atau menonton film.

5. Berbagi dengan orang lain

Jangan lupa untuk berbagi dengan orang lain, seperti tetangga atau keluarga yang membutuhkan. Kamu bisa memberikan makanan atau bantuan lainnya untuk lebih meriah.

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference