Susu Penambah Berat Badan

Susu Penambah Berat Badan

Apakah kamu ingin menaikkan berat badan supaya memiliki proporsi tubuh yang ideal? Kamu membutuhkan kalori ekstra untuk bisa menambah berat badan. Nah, salah satu caranya, yaitu dengan minum susu penambah berat badan.

Namun, apakah mengonsumsi susu penambah berat badan aman dan efektif membantu menaikkan berat badan? Lebih lengkapnya, mari simak penjelasan detail mengenai kandungan dan cara mengonsumsinya yang benar berikut ini.

Apa itu susu penambah berat badan?

Susu penambah berat badan adalah jenis susu yang memiliki lebih banyak kandungan lemak, protein, dan nutrisi lain yang baik untuk menaikkan berat badan seseorang.

Seperti diketahui, kenaikkan berat badan dapat terjadi karena kalori yang dikonsumsi lebih banyak daripada kalori yang dibakar. Nah, dengan mengonsumsi susu jenis ini, kamu bisa mendapatkan kalori ekstra untuk menaikkan berat badan.

Susu jenis ini mengandung lemak yang kaya kolesterol. Meskipun demikian, mengonsumsi susu jenis ini tidak akan menyebabkan peningkatan kolesterol darah secara signifikan bagi bagi kebanyakan orang.

Kamu dapat mengonsumsi susu ini dengan ditambahkan ke banyak resep atau dinikmati sendiri, sehingga mudah untuk mengonsumsi lebih banyak kalori tanpa mengubah pola makan kamu secara drastis.

Baca juga: 12 Makanan Penambah Berat Badan Ibu Hamil

Apa saja kandungan dalam susu penambah berat badan?

Susu penyubur kandungan

Secara alami, susu memiliki kandungan tinggi kalsium dan sering diperkaya dengan vitamin D. Kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan tulang. Susu juga mengandung vitamin A yang mampu meningkatkan kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Selain nutrisi tersebut, Susu juga mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang cukup banyak. Kandungan lemak yang terkandung dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis susu. Berikut ini jumlah kandungan lemak dan kalori dalam, 1 cangkir susu (240ml):

  • Susu full cream, mengandung 150 kalori dan 8 gram lemak
  • Susu dengan reduce-fat 2%, mengandung 125 kalori dan 5 gram lemak
  • Susu dengan reduce-fat 1%, mengandung 100 kalori dan 2,5 gram lemak
  • Susu skim, mengandung 80 kalori dan 0-1 gram lemak

Sementara itu, protein yang terkandung dalam susu, yaitu whey dan kasein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Kapan sebaiknya susu penambah berat badan dikonsumsi?

Menurut salah satu studi yang diterbitkan dalam International Journal of Exercise Science pada Mei 2017, minum susu pada saat malam hari sebelum tidur dapat menghasilkan respon anabolik dan sintesis protein yang lebih baik dibanding dikonsumsi siang hari.

Dengan kata lain, minum susu di malam hari dapat membantu menikmatkan massa otot. Selain itu, dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine ditemukan bahwa minum susu jenis ini tiga kali sehari juga diperbolehkan selagi memperhatikan kesehatan tubuh.

Memilih susu yang cocok untuk menaikkan berat badan

Susu Skim Rendah Lemak

Beberapa orang mungkin tidak toleran terhadap laktosa, yaitu gula alami dalam susu. Jika hal tersebut terjadi, kamu mungkin akan mengalami jejala intoleransi laktosa, seperti gas, kembung, atau ketidaknyamanan perut setelah mengonsumsi produk susu.

Beberapa orang mungkin juga alergi terhadap protein dalam susu seperti kasein dan whey yang dapat menyebabkan reaksi kulit dan perut kembung.

Untuk memilih jenis susu yang tepat, kamu perlu menyesuaikannya dengan kondisi kesehatan tubuhmu secara menyeluruh. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk mengonsumsi susu penambah berat badan sebaiknya dilakukan sesuai anjuran dokter gizi, agar bobot tubuh kamu dapat meningkat secara aman dan proporsional.

Saran penyajian susu penambah berat badan

Jika kamu tertarik untuk meningkatkan konsumsi susu untuk menaikkan berat badan, ada beberapa cara untuk menambahkannya ke dalam diet sehari-hari.

Misalnya, kamu bisa memasukkannya ke dalam makanan bergizi lainnya, seperti telur, oatmeal, smoothie, dan sup atau semur. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan susu ke dalam minuman kopi atau teh.

Minum segelas susu dengan makanan adalah cara mudah lain untuk meningkatkan asupan kalori dan protein untuk membantu penambahan berat badan. Meskipun semua jenis susu kaya akan protein dan nutrisi yang bermanfaat, kamu juga perlu mengonsumsinya bersama dengan makanan kaya nutrisi lainnya.

Share artikel ini
Reference