Salah satu masalah kulit wajah yang mengganggu adalah bintik hitam. Penyebab bintik hitam di wajah adalah hiperpigmentasi, di mana kulit memproduksi lebih banyak melanin dari biasanya.

Di Indonesia yang merupakan daerah tropis, masalah hiperpigmentasi banyak disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir, yuk, cari tahu apa saja cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang bisa kamu terapkan!

Penyebab muncul bintik hitam di wajah

Penyebab utama bintik hitam di wajah adalah paparan sinar matahari. Sinar UV dari matahari dapat dengan cepat membakar kulit, membuatnya kering dan meradang.

Jika kulit wajah yang tanpa pelindung sinar matahari terpapar sinar ultraviolet dalam waktu lama, tubuh akan terus menerus memproduksi melanin dalam jumlah besar. Sehingga, akan menggelapkan kulit, tetapi juga memunculkan bintik hitam di wajah.

Selain sinar matahari, penyebab bintik hitam di wajah lainnya antara lain:

  • Hiperpigmentasi pasca inflamasi. Ini sering disebut sebagai PIH (post-inflammatory hyperpigmentation), di mana bintik hitam muncul setelah kulit mengalami peradangan, seperti jerawat, luka, atau eksim.
  • Hormon. Produksi hormon yang meningkat atau berfluktuasi dapat menyebabkan timbulnya bintik hitam pada kulit wajah, seperti saat wanita sedang menstruasi atau hamil.
  • Keturunan. Jika keluargamu cenderung memiliki bintik hitam di wajah, kemungkinan kamu memiliki bintik-bintik juga. Karena genetik, bintik hitam ini lebih sulit dihilangkan. 

Baca juga: Ini 9 Cara Atasi Penuaan Dini pada Wajah! 

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah

Kulit akan menjadi gelap dan muncul bintik hitam karena sinar UV memicu produksi melanin (zat berpigmen pada kulit dan rambut) dalam jumlah banyak. Hal tersebut sebenarnya untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV. 

Namun, hal tersebut dapat mengganggu penampilan kamu, bukan? Berikut ini beberapa cara menghilangkan bintik hitam di wajah.

1. Cuci muka minimal dua kali sehari

Mencuci wajah secara teratur membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, bakteri, kotoran, minyak dan riasan dari wajahmu.

Namun, kamu perlu memperhatikan apakah sabun wajah yang kamu gunakan cocok untuk kulitmu. Hal ini berpengaruh pada kulit karena kondisi kulit setiap orang berbeda-beda.

Ada orang yang memiliki kulit kering, cenderung berminyak, atau kulit sensitif.

2. Pakai pembersih wajah

jenis jenis toner

Jika kamu memiliki jerawat dan bintik hitam, kamu harus mencari bahan perawatan kulit yang tepat. Pencuci muka untuk jerawat yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat bisa menjadi pilhanmu.

Jika kamu memiliki jerawat yang parah, gunakan pembersih yang mengandung benzoil peroksida.

3. Cuci muka setelah berkeringat

Keringat dari kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Mulailah mencuci muka sebelum dan sesudah Anda mencoba berolahraga.

Menurut American Academy of Dermatology, cuci muka dengan lembut saat mencuci muka. Jika dilakukan secara kasar dan cepat, akan mengiritasi dan menggosok kulit terlalu keras. Hal ini dapat memperburuk peradangan dan jerawat.

4. Pakai masker

Gunakan masker wajah secara rutin untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Lakukan ini secara teratur untuk mengecilkan pori-pori, serta mengurangi jerawat dan bintik hitam di wajah. Gunakan masker sekali atau dua kali seminggu.

Baca juga: Kulit Sehat dengan Masker Wajah Alami, Inilah Bahan dan Caranya!

5. Pakai tabir surya

Tabir surya atau sunscreen memiliki banyak manfaat, seperti mencegah kanker kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan dini, dan melembabkan kulit.

Menggunakan tabir surya dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari sinar UV, termasuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

Cara menghilangkan bintik wajah secara alami

Masker Wajah Alami untuk Kulit
masker wajah alami

Selain cara di atas, ada beberapa cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami, mudah dan aman. Meskipun efektivitasnya masih diteliti lebih lanjut, berikut beberapa cara menghilangkan bintik wajah secara alami yang bisa kamu coba.

1. Madu

Penggunaan madu merupakan cara alami untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Madu memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat bagi kulit dan mencerahkannya. Terutama yang memiliki bekas jerawat.

Kamu bisa mengoleskan madu langsung ke permukaan kulit. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Lidah buaya

Salah satu cara menghilangkan bintik hitam secara alami adalah dengan menggunakan lidah buaya. Caranya, pecahkan sedikit lidah buaya, peras daging lidah buaya, dan oleskan cairan lidah buaya langsung ke bintik hitam di wajahmu.

3. Cuka apel

Sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah, gunakan kapas untuk mengoleskan cuka sari apel pada bintik hitam di wajah. Kemudian, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

Ekstrak teh hijau

Untuk merasakan manfaat teh hijau untuk kesehatan wajah, rendam kantong teh hijau dalam air mendidih selama 3-5 menit.

Selanjutnya, tempelkan kantong teh ke wajah di mana kamu pada bintik hitam di wajah. Lakukan ini dua kali sehari.

Susu

Susu mengandung asam laktat yang  membantu mengatasi penggelapan pada wajah. Cukup rendam kapas  dalam susu dan oleskan ke kulit wajahmu dua kali sehari. Ulangi sampai kamu benar-benar melihat efeknya.

Itu dia beberapa cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang bisa kamu coba. Agar kamu bisa merasakan semua khasiat bahan-bahan di atas lebih cepat, jangan lupa gunakan tabir surya saat beraktivitas di dalam atau luar ruangan ya. 

Share artikel ini