penyebab uban di usia 30

Apa penyebab uban di usia 30? Biasanya ada yang berpendapat jika hal itu disebabkan oleh strest. Namun, berlawanan dengan kepercayaan populer, stres belum terbukti menyebabkan rambut beruban apalagi menjadi penyebab beruban di usia 30 tahun.

Para ilmuwan tidak tahu persis mengapa beberapa orang beruban lebih awal, tetapi gen memainkan peran besar, loh.

Juga, beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara uban di usia 30 tahun dan kepadatan tulang yang lebih rendah di kemudian hari. Namun pada tahun 2007, sebuah penelitian terhadap sekitar 1.200 pria dan wanita California, Amerika tidak menunjukkan hubungan semacam itu.

Penyebab uban di usia 30

Apakah Uban Boleh Dicabut?

Ada banyak penyebab selain usia yang menyebabkan rambut seseorang memutih. Berikut penjelasannya.

1. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dapat menyebabkan uban prematur.

Satu laporan tahun 2015 dalam jurnal Development mencatat berbagai studi kekurangan vitamin D-3, vitamin B-12, dan tembaga serta kaitannya dengan rambut beruban. Ditemukan kekurangan nutrisi memengaruhi pigmentasi, menunjukkan warna dapat kembali dengan suplementasi vitamin.

Sebuah studi tahun 2016 yang dilaporkan dalam International Journal of Trichology mengamati faktor-faktor yang berkaitan dengan uban prematur pada anak muda India di bawah usia 25 tahun. Ditemukan kadar feritin serum yang rendah, yang menyimpan zat besi dalam tubuh, vitamin B-12, dan kolesterol baik HDL-C umum terjadi pada peserta dengan rambut beruban prematur.

2. Genetika

Uban prematur pada rambut seseorang sebagian besar terkait dengan genetika, menurut laporan tahun 2013 di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology.

Ras dan etnis juga berperan. Uban prematur pada orang kulit putih dapat dimulai sejak usia 20 tahun, sementara seseorang dapat beruban di usia 25 tahun di antara orang Asia, dan 30 tahun pada populasi Afrika-Amerika, menurut penelitian tahun 2013 yang sama.

8 Cara Merawat Rambut Rusak Sampai Ke Akar

3. Stres oksidatif

Sementara beruban sebagian besar bersifat genetik, stres oksidatif dalam tubuh dapat berperan ketika proses tersebut terjadi sebelum waktunya. Stres oksidatif adalah banyaknya jumlah radikal bebas di dalam tubuh yang tidak bisa dilawan oleh antioksidan.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel, berkontribusi terhadap penuaan dan penyakit.

Terlalu banyak stres oksidatif dapat meningkatkan perkembangan penyakit, termasuk vitiligo kondisi pigmen kulit. Vitiligo juga dapat memutihkan rambut karena kematian sel melanin atau hilangnya fungsi sel.

4. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis, termasuk penyakit autoimun, dapat meningkatkan risiko seseorang untuk beruban lebih awal. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 menunjukkan adanya hubungan antara kelainan rambut dan disfungsi tiroid.

Rambut putih juga umum terjadi pada alopecia areata, kondisi kulit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut di kulit kepala, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Saat rambut tumbuh kembali, rambut cenderung memutih karena kekurangan melanin.

Urutan Hair Care Yang Tepat Agar Rambut Sehat Berkilau

5. Stres

Stres dianggap dapat menyebabkan rambut menjadi putih sebelum waktunya. Namun, penelitian belum secara meyakinkan membuktikan hal ini.

Ada studi penelitian yang bertentangan tentang stres penyebab uban ini. Satu studi dari New York University, yang dilaporkan di Nature Medicine, menemukan bahwa sel-sel yang bertanggung jawab atas warna rambut dapat habis saat tubuh sedang stres.

Studi lain menunjukkan bahwa stres mungkin berperan, namun hanya sebagian kecil dari gambaran yang lebih besar di mana penyakit dan faktor lain turut berkontribusi menimbulkan uban.

6. Merokok

Sebuah studi dari tahun 2013 yang dilaporkan dalam Italian Dermatology Online Journal, menunjukkan bahwa perokok 2 1/2 kali lebih mungkin untuk mulai beruban sebelum usia 30 tahun dibandingkan bukan perokok.

Sebuah studi tahun 2015 di Journal of American Academy of Dermatology juga menunjukkan bahwa merokok terkait dengan uban dini pada pria muda.

7. Pewarna rambut kimia dan produk rambut

Pewarna rambut kimia dan produk rambut, bahkan sampo, dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Banyak dari produk ini mengandung bahan berbahaya yang menurunkan melanin.

Hidrogen peroksida, yang ada di banyak pewarna rambut, adalah salah satu bahan kimia berbahaya tersebut. Penggunaan produk yang memutihkan rambut secara berlebihan juga pada akhirnya akan menyebabkannya memutih.

Uban pada wanita

Beberapa wanita mungkin mulai beruban di usia 30-an atau 40-an. Tetapi bagi yang lain, prosesnya mungkin dimulai sejak mereka berusia 20 tahun.

Pada wanita, uban biasanya dimulai tepat di sekitar pelipis dan kemudian bergerak menuju bagian atas kulit kepala. Rambut tubuh dan wajah juga bisa berubah menjadi abu-abu – tetapi seringkali lebih lambat dari rambut di kepala.

Warna rambut berasal dari zat yang disebut melanin, yang dibuat oleh folikel rambut. Warna rambut bergantung pada distribusi, jenis, dan jumlah melanin — yang semuanya hidup di lapisan tengah batang rambut (disebut korteks).

Ada berbagai macam warna di luar sana, mulai dari pirang, abu, hingga hitam tengah malam. Tapi fakta: Hanya ada dua jenis pigmen warna rambut — gelap dan terang. Keduanya berbaur bersama untuk membentuk nuansa ini.

Melanin tidak berproduksi dengan kecepatan yang sama selamanya. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut menghasilkan lebih sedikit melanin, yang menyebabkan lebih sedikit warna, dan akhirnya, rambut beruban.

Alasan lain rambut menjadi abu-abu ialah terkait dengan proses kimianya. Sel-sel di rambut secara alami menghasilkan sedikit hidrogen peroksida. Biasanya, enzim yang disebut katalase memecah hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen.

Namun, seiring bertambahnya usia, kamu menghasilkan jumlah katalase yang lebih rendah, yang memungkinkan hidrogen peroksida menumpuk. Penumpukan ini dapat merusak sel penghasil pigmen, yang menyebabkan rambut beruban atau putih.

Cara menutup uban

cara merawat rambut smoothing

Nah, jika kamu sedang mencari beberapa metode alami untuk menutupi uban tanpa pewarna, berikut beberapa caranya.

1. Kopi

Kopi adalah salah satu cara konvensional dan tanpa syarat untuk menutupi uban dengan mudah. Jika kamu ingin mendapatkan rambut yang lebih gelap dan mencegah rambut beruban sepenuhnya, gunakan kopi secara teratur. 

Cukup ambil satu cangkir kopi dan campurkan dengan satu cangkir air. Kamu juga bisa menambahkan 2-3 sendok bubuk kopi dan biarkan hingga larut. Biarkan bubuk kopi larut sepenuhnya lalu oleskan pada rambut. Biarkan selama satu jam dan bersihkan dengan air dingin. 

Menggunakan kopi espresso adalah salah satu kopi terbaik yang bekerja dengan baik. Kopi mengandung pigmentasi yang menodai rambut, sehingga membuat rambut lebih gelap, berkilau, dan sehat.

2. Henna

Salah satu cara paling populer dan lembut untuk merawat rambut beruban adalah dengan menggunakan bubuk henna. Henna adalah bubuk daun yang pada dasarnya membantu merawat uban bila digunakan setiap bulan. Henna hadir dengan pigmentasi warna alami, sehingga menutupi akar abu-abu dengan mudah. 

Campurkan satu cangkir bubuk henna dengan dua cangkir jus lemon. Kamu juga bisa menambahkan satu sendok yogurt dan cuka ke dalamnya. Campur bersama dan oleskan pada kulit kepala. Henna adalah pewarna alami yang mengandung sifat antibakteri dan antivirus. Daunnya juga mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala.

3. Obat lada hitam

Lada hitam mengandung pigmentasi alami yang dapat membantu menggelapkan rambut dengan mudah. Menggunakan lada hitam tidak hanya dapat menggelapkan rambut beruban tetapi juga mengondisikannya secara alami, membuat rambut lembut, terhidrasi, dan kenyal.

Ambil 2 gram lada hitam dan haluskan untuk membuat pasta. Tambahkan satu cangkir yogurt ke dalamnya, kemudian oleskan pada akar rambut. Biarkan selama satu jam dan kemudian bersihkan dengan air dingin. 

Jangan menggosok mata saat mengoleskan masker ini karena dapat menyebabkan iritasi!

4. Cuka sari apel

Karena enzim esensial yang ada dalam cuka sari apel, ia dapat membantu melestarikan melanin di folikel rambut, sehingga mencegah rambut beruban. Menggunakan cuka sari apel membantu menjaga kulit kepala tetap terhidrasi dan lembab.

Ambil satu cangkir cuka sari apel dan tambahkan dua cangkir air ke dalamnya. Tuangkan larutan ini ke rambut dan biarkan selama setengah jam. Cuci bersih dengan air dingin nanti.

5. Kulit kentang

Kulit kentang mengandung banyak pati yang berfungsi sebagai pewarna, sehingga memperlambat rambut beruban dan menggelapkan folikel rambut dengan mudah. 

Kupas beberapa kentang dan kumpulkan kulitnya. Sekarang, ambil dua cangkir air dan rebus satu cangkir kulit kentang. Biarkan mendidih selama beberapa waktu dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihanmu. 

Bila sudah suam-suam kuku, tuangkan cairan ke rambut dan basahi setiap helai rambut. Bilas dengan air.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference