obat telat datang bulan yang ampuh

Siklus haid kamu sering terlambat dan tidak teratur? Tentunya ini perlu diperhatikan lebih cermat, apalagi bagi kamu dan pasangan yang ingin mendapatkan momongan. Haid yang tidak teratur tentu akan mempengaruhi ovulasi dan masa subur.

Obat telat datang bulan dianggap sebagai salah satu cara untuk melancarkan haid. Obat ini sama dengan obat penyubur kandungan karena cara kerjanya sama. Apakah aman menggunakan obat tertentu untuk melancarkan haid yang tidak teratur? Yuk simak dalam ulasan ini.

Penyebab telat datang bulan

Datang bulan yang tidak teratur memang terkadang membuat senewen, ya. Penyebabnya juga beragam dan terjadi karena berbagai faktor. Beberapa penyebab telat datang bulan antara lain:

  • Obesitas
  • Stres
  • Berat badan turun
  • Kebiasaan merokok
  • Kelebihan hormone prolactin
  • Pcos atau polycystic ovary syndrome
  • Penyakit kronis
  • Gangguan tiroid
  • Menopause dini

Apakah telat datang bulan selalu menjadi tanda kehamilan?

Apakah telat datang bulan tanda kehamilan

Masih banyak wanita yang mengira bahwa telat datang bulan selalu menjadi tanda kehamilan, walau ini salah satu penyebabnya, namun bukan satu-satunya. Jika kamu mengalami telat datang bulan namun sudah memastikan diri bahwa bukan kehamilan yang menjadi penyebabnya, sebaiknya kamu segera konsultasi untuk mengetahui penyebabnya.

Dokter dapat memberikan rekomendasi yang tepat sesuai dengan penyebab datang bulan yang terlambat. Catat setiap siklus dan perubahan yang terjadi dalam tubuh sehingga dapat membantu dokter untuk menemukan penyebab pasti dari telat datang bulan. Ada beberapa rekomendasi obat telat datang bulan yang biasanya dokter berikan. Apa saja?

Rekomendasi obat telat datang bulan

Obat telat datang bulan bekerja dengan merangsang hormone yang diproduksi tubuh untuk dapat memicu ovulasi seperti hormon perangsang folikel (SFH) dan hormon luteinizing (LH). Jenis obat telat datang bulan yang mungkin direkomendasikan oleh dokter antara lain:

1. Gonadotropin

Jenis obat ini disuntikkan dalam tubuh agar dapat melancarkan menstruasi. Beberapa jenis hormon gonadotropin yang sering digunakan antara lain:

  • Human chorionic gonadotropin (HCG)
  • Follicle-stimulating hormone (FSH)
  • Gonadotropin-releasing hormone agonist (GNRH Agonist)

Jenis hormon ini dapat merangsang indung telur menjadi lebih aktif dan datang bulan menjadi lancar. Namun ada efek samping umum yang dapat terjadi seperti memar dan bengkak, rahim juga dapat menjadi lunak akibat banyaknya penumpukan cairan.

2. Clomiphene

Jenis obat ini sering diberikan kepada wanita dengan ovulasi tidak teratur. Dikenal juga sebagai penghambat estrogen, wanita yang meminum obat ini dapat berovulasi 7 hari setelah meminum dosis terakhir dan datang bulan pun akan datang.

Pada saat estrogen terhambat, kerja kelenjar hipotalamus dan hipofisis di otak melepaskan hormon GNRH (gonadotropin-releasing hormone), FSH (follicle-stimulating hormone) serta LH (luteinizing hormone) sehingga dapat merangsang ovarium untuk dapat menghasilkan sel telur lebih banyak.

3. Progestin

Hormone buatan ini mempunyai fungsi seperti progesteron, memproduksi hormon di ovarium, kelenjar adrenalin dan plasenta. Hormone ini mengendalikan dan mengatur siklus haid serta dapat mempersiapkan tubuh untuk bersiap dalam pembuahan.

Efek yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi obat ini antara lain sakit kepala, pusing, keputihan, nyeri payudara, perut kembung hingga hilang hasrat seks. Jenis obat ini juga merupakan bahan aktif yang bisa disuntikan dalam KB spiral atau suntik KB.

4. Bromocriptine

Dokter biasanya akan memberikan resep dokter sesuai kebutuhan kamu. Jenis obat ini dapat mengobati gangguan karena tubuh kelebihan prolaktin. Datang bulan tidak lancar dapat disebabkan karena hal ini. Jenis obat yang diberikan dapat berubah kapsul dan tablet dengan dosis yang telah disesuaikan.

Beberapa gejala yang perlu kamu waspadai seperti mal, muntah, diare mulas, kram perut, sakit kepala dan sebagainya bisa terjadi dan dapat juga menyebabkan perubahan pada gula darah baik itu menjadi tinggi atau rendah. Sebelum mengonsumsinya, diskusikan dengan dokter dan jika obat ini tidak berpengaruh atau berdampak pada tubuh.

5. Pil KB

Pil KB bisa menjadi obat telat datang bulan karena obat ini dapat bekerja untuk meningkatkan produksi protein bernama globulin dimana zat ini berfungsi untuk mengikat hormone seks. Fungsi dari protein ini sendiri yaitu dapat mengikat hormone androgen utama atau testosterone yang ada di dalam darah.

Jika aktivitas hormone ini berkurang, maka haid bisa lancar. Namun ada beberapa efek samping pil kn seperti kenaikan berat badan, perut kembung, nyeri payudara, suasana hati tidak menentu hingga pendarahan yang tidak teratur.

Jenis obat telat datang bulan ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi menstruasi yang sering terlambat, namun tentunya konsumsi obat ini harus dengan rekomendasi dokter ya.

Cara mengobati telat datang bulan secara alami

Dalam beberapa kasus terlambat datang bulan, mungkin dokter akan langsung merekomendasikan dan memberikan resep baik itu terapi hormon atau pil KB. Namun untuk kamu yang tidak ingin mengonsumsi obat pelancar haid, kamu bisa lakukan beberapa tips berikut ini di rumah:

Olahraga rutin

Lakukan olahraga ringan selama 30 menit per hari agar mengurangi gejala menstruasi dan juga nyeri haid. Olahraga ringan seperti yoga, renang, jalan kaki dan bersepeda dapat memperbaiki siklus menstruasi.

Pertahankan berat badan sehat

Berat badan sehat berhubungan dengan pla makan sehingga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Kelebihan berat badan sering dikaitkan dengan hormon dan dapat memengaruhi siklus haid.

Ubah pola makan

Pola makan seimbang bisa membuat kelenjar adrenal, hipotalamus dan hipofisis bekerja dengan baik sehingga dapat meningkatkan kadar progesteron dan ovulasi teratur. Perbanyak makanan bergizi, khususnya folat sehingga dapat memperbaiki siklus haid.

Cukup istirahat dan pola tidur

Penuhi kebiasaan tidur yang baik untuk dapat memperbaiki ritme sirkadian tubuh. Sebaiknya pergi tidur dan bangun di waktu yang sama sehingga dapat memperbaiki kesehatan dan memengaruhi siklus haid.

Kurangi stres

Pada saat stres, kelenjar adrenal mengeluarkan kortisol dan progesterone untuk mengurangi rasa cemas, namun hal ini berdampak pada siklus haid. Hindari stres dengan melakukan meditasi, hobi atau mengobrol dengan teman, ya.

Apakah obat telat datang bulan harus diresepkan dokter

Obat telat datang bulan dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak diinginkan seperti lemas, mual, muntah, pusing, hilang selera makan dan sebagainya. Tentunya reaksi setiap orang juga berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya apabila sudah mengonsumsi jenis obat ini.

Demi menghindari efek negatif yang tidak kamu inginkan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter apabila terdapat masalah pada siklus haid, ya. Jika kamu mengonsumsi namun tidak terdampak apapun, hal itu juga harus disampaikan ke dokter untuk dilakukan penanganan yang tepat.

Kapan harus ke dokter

Terkadang kamu khawatir mengenai siklus yang tidak teratur dan hal itu perlu disampaikan ke dokter. Kapan sebaiknya kamu pergi ke dokter?

  • Saat menstruasi teratur menjadi tidak teratur.
  • Memiliki pertumbuhan rambut extra pada bagian wajah, dada, perut, dagu.
  • Siklus berlangsung lebih lama dari 7 hari, terasa berat dari haid biasanya.
  • Tidak mengalami haid lebih dari 45 hari.
  • Sering mengalami kram dan sakit perut parah.
  • Haid tidak teratur selama lebih dari 3 tahun.

Jika kamu mengalami hal-hal diatas, kamu bisa segera berkonsultasi dengan dokter dan dokter mungkin akan meresepkan obat telat datang bulan serta rekomendasi perubahan gaya hidup agar menstruasi kembali lancar.

Share artikel ini
Reference