makanan untuk penderita PCOS

Ladies, PCOS atau polycystic ovary syndrome merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan kelainan hormon androgen dan umumnya menyerang wanita.

Obesitas menjadi faktor risiko seorang wanita terkena PCOS dan mengalami gangguan pada metabolisme dan organ reproduksi sehingga wanita dengan PCOS cenderung sulit hamil.

Wanita yang sering mengalami gangguan menstruasi perlu menyadari betul bahwa ini adalah faktor risiko PCOS.

Jumlah kista pada rahim akan lebih banyak daripada wanita tanpa PCOS dan hormon androgen diproduksi berlebih.

Gangguan ini tentunya mengganggu infertilitas sehingga sulit melakukan program hamil dan gangguan metabolisme seperti diabetes, jantung hingga gangguan pembuluh darah.

Diet yang tepat akan membantu wanita dengan PCOS dapat mencegah gangguan ini semakin memburuk. Ketahui jenis makanan untuk penderita PCOS di bawah ini yuk!

10 makanan untuk penderita PCOS

pcos diet

Mengatur pola makan yang tepat dan menjaga aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk mengatasi dan mencegah PCOS semakin parah.

Ada baiknya pertahankan berat badan ideal dan atur pola makan dengan jenis makanan rendah kalori. Jenis makanan untuk penderita PCOS terbaik antara lain:

1. Sayuran

Konsumsi sayuran hijau sangat baik untuk penderita PCOS karena jenis makanan ini membantu nutrisi tetap terpenuhi dan  mencegah PCOS semakin parah.

Jenis sayuran yang dapat dikonsumsi seperti sayuran hijau, brokoli, kembang kol, tomat, terong, jamur dan masih banyak lagi.

2. Lemak sehat

Asupan lemak sehat bisa didapat dari biji-bijian, ikan, telur, alpuka, minyak zaitun dan masih banyak lagi.

Lemak sehat bisa dicampurkan dalam masakan atau dressing salad sesuai dengan keinginan.

Makanan dengan lemak sehat sangat baik untuk penderita PCOS sebagai nutrisi lengkap untuk tubuh.

3. Kaya antioksidan

makanan yang mengandung antioksidan

PCOS diketahui dapat diperparah dengan tingkat stres. Semaki stres makan kondisi PCOS akan semakin memburuk.

Wanita dengan PCOS perlu menjaga dan mengelola stres dengan konsumsi makanan tinggi antioksidan seperti berbagai buah beri, cokelat hitam, dan kacang pecan. 

4. Anti inflamasi

Makanan anti inflamasi diperlukan agar daya tahan tubuh semakin baik dan menghindari peradangan yang sering terjadi karena PCOS.

Jenis makanan anti peradangan antara lain kayu manis, the hijau, cokelat hitam, kelapa, zaitun, kunyit dan kacang-kacangan.

5. Kedelai organik utuh

Wanita dengan PCOS memerlukan makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan seperti kedelai organic utuh.

Kandungan isoflavon pada kedelai dapat meningkatkan kebersihan program hamil. Kamu dapat mengonsumsi tempe, miso atau edamame untuk memperoleh nutrisi terbaik ini.

6. Protein tanpa lemak

sumber makanan yang mengandung protein

Makanan untuk penderita PCOS selanjutnya adalah protein tanpa lemak.

Penderita PCOS perlu menjaga asupan agar berat badan tetap stabil dan kenyang lebih lama dengan protein tanpa lemak. Konsumsi secara rutin untuk mencegah PCOS semakin parah.

7. Tinggi serat

Makanan dengan tinggi serat dapat membantu menurunkan kolesterol dan kadar gula darah. Beberapa makanan dengan kandungan serat tinggi seperti buah jeruk, ara, kiwi, beri, pir.

Sayuran tinggi serat dapat dipilih seperti bayam, brokoli dan labu. Selain itu jenis makanan lain seperti gandum utuh, legum, reseal dan kacang bisa menjadi pilihan diet PCOS.

8. Protein dan biji utuh

Penderita PCOS paling tidak harus mengonsumsi 20% lemak, 30% protein dan 50% karbohidrat.

Dengan diet protein, sayuran dan biji-bijian, kondisi PCOS akan mudah diatasi dan mencegah keluhan ini semakin parah.

9. Makanan indeks glikemik rendah

Makanan dengan indeks glikemik rendah menjadi makanan yang perlu dikonsumsi karena asupan kalori perlu dibagi-bagi dari waktu ke waktu.

Jenis makanan dengan ig rendah yaitu buah-buahan. Buah dari dikonsumsi langsung atau dibuat jus/smoothies yang disantap bersama dengan oatmeal.

10. Makanan alami tanpa proses

Penderita PCOS perlu menghindari makanan olahan karena jenis makanan ini memerlukan proses panjang sehingga akan menghilangkan nutrisi pada bahan makanan.

Selain itu konsumsi makanan segar dan alami akan meningkatkan kesehatan wanita dengan PCOS lebih baik.

Biar Lancar, Santap 10 Makanan untuk Penderita Ambeien Ini

Pantangan makanan untuk penderita PCOS

minum kopi saat hamil muda

Makanan untuk penderita PCOS perlu diberikan untuk membantu PCOS tidak semakin parah.

Meskipun kemungkinan kecil untuk sembuh, menghindari beberapa makanan juga dapat mencegah penyakit berbahaya lain seperti kanker rahim dan diabetes.

Berikut jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita PCOS:

  • Susu. Konsumsi susu harus dihindari atau dikurangi bagi penderita PCOS karena kandungan gula dan lemaknya sangat tinggi. Jika ingin, ganti dengan susu rendah lemak dan rendah gula agar tetap aman untuk penderita PCOS.
  • Daging olahan. Daging olahan mengandung lemak jenuh yang dapat mengganggu serat kesuburan dan ini sangat pantang untuk penderita PCOS. Hindari jenis makanan ini jika ingin tetap melakukan program hamil dengan lancar.
  • Karbohidrat olahan. Kadar gula tinggi terdapat pada karbohidrat olahan yang membuat ovarium dapat semakin terganggu. Jenis karbohidrat olahan harus dihindari dan ganti dengan karbohidrat tinggi dari roti gandum atau nasi merah.
  • Kafein. Mengonsumsi kafein sama halnya dengan merokok yang dapat menurunkan hormon estrogen dan androgen pada wanita. Jika semakin banyak diproduksi, hormon ini dapat menyebabkan sel telur sulit berkembang dan dilepaskan.
  • Gula. Kadar insulin bagi wanita PCOS terkadang sudah tinggi sehingga jika kadarnya berlebihan akan sulit mengontrol gula darah. Gula merupakan pantangan wanita PCOS dan sebaiknya ganti dengan gula alami dari buah yang lebih sehat.

Jenis makanan yang baik untuk penderita PCOS dan pantangan ini memang sebaiknya diperhatikan agar tidak memperparah PCOS dan memicu penyakit lainnya.

Untuk diet terbaik yang bisa dilakukan setiap hari, cobalah untuk konsultasi dengan dokter agar program hamil bisa dilakukan dengan lancar.

Share artikel ini
Reference