manfaat oatmeal untuk wajah

manfaat oatmeal untuk wajah

Mengonsumsi oatmeal di pagi hari mungkin merupakan salah satu cara paling sehat untuk memulai hari karena kaya akan zat besi, protein, vitamin B1, dan serat.

Mengonsumsi oatmeal secara teratur juga dapat membantu mengatur kadar gula darah, melindungi dari penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi sistem saraf. 

Terlepas dari khasiatnya untuk kesehatan tubuh, tahukah kamu bahwa manfaat oatmeal untuk wajah juga sangat bervariasi?

Jika kamu memiliki kulit kering, gatal, atau iritasi, oatmeal bisa menjadi salah satu solusi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. 

Apa saja manfaat oatmeal untuk wajah? 

Untuk kulit, biasanya dokter menganjurkan pemakaian jenis oatmeal koloid. Oatmeal koloid dibuat dengan menggiling biji oat menjadi bubuk halus.

Bahan ini dianggap sebagai emolien, yaitu zat yang berfungsi melembutkan dan menyejukkan karena mengandung lemak, protein, vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang terbukti bermanfaat bagi kulit. 

Salah satu artikel tahun 2018 dalam National Library of Medicine menyatakan bahwa bahan ini memiliki sifat anti peradangan dan antioksidan yang baik.

Penelitian lain juga menegaskan bahwa oatmeal koloid dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar matahari. Berikut adalah manfaat oatmeal untuk wajah: 

1. Membersihkan kulit 

Oatmeal mengandung senyawa yang disebut saponin yang merupakan pembersih alami. Oatmeal dapat bekerja sebagai eksfoliator yang baik untuk membersihkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati pada wajah. 

2. Melindungi kulit dari kerusakan 

Kandungan flavonoid dalam oatmeal mampu menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari aktivitas sehari-hari termasuk sinar UV, polutan keras, bahan kimia dalam kosmetik, dll. 

3. Melembabkan dan menghidrasi kulit 

Oatmeal bisa sangat bermanfaat bagi orang dengan kulit berminyak atau berjerawat karena mengandung lemak alami yang cepat meresap untuk menghidrasi kulit. 

4. Membantu menyembuhkan jerawat 

Oatmeal dapat menyerap sebum (minyak) berlebih dari wajah dan memiliki sifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

5. Memperbaiki kondisi kulit dan mengurangi peradangan 

Oatmeal kaya akan polisakarida dan lipid yang membantu mempertahankan kelembaban sehingga dapat mencegah kulit kering dan mengelupas karena iritasi.

Selain itu, oatmeal kaya akan vitamin E, yang memiliki antioksidan kuat untuk membantu mengurangi noda dan bekas luka pada kulit. 

6. Mencerahkan kulit

Meski belum dipastikan secara sains, banyak yang berhasil menggunakan oatmeal untuk mengurangi bintik hitam dan mencerahkan warna kulit.

Hal ini mungkin karena oatmeal mengandung sejumlah senyawa pencerah kulit, termasuk asam amino dan vitamin B, yang memungkinkannya mengatasi hiperpigmentasi. 

7. Mencegah penuaan 

Antioksidan dalam oatmeal dapat merangsang produksi elastin dan kolagen untuk membuat kulit terasa lebih kenyal dan kencang. 

8. Membantu pengobatan beberapa masalah kulit 

Beberapa penelitian merekomendasikan oatmeal koloid untuk membantu mengobati cacar ular, eksim, psoriasis, atau gejala kulit kering dan iritasi lainnya. 

Apakah ada efek samping oatmeal untuk wajah? 

Banyaknya manfaat oatmeal untuk wajah mungkin membuat beberapa dari kamu bertanya-tanya apakah bahan ini memiliki efek samping atau tidak. 

Sebenarnya, oatmeal tidak begitu memiliki efek samping kecuali jika memiliki alergi khusus terhadap oatmeal.

Jika seseorang mengidap kondisi ini, maka disarankan untuk bertanya kepada dokter atau ahli medis sebelum menggunakan oatmeal sebagai perawatan wajah. 

Kamu juga perlu waspada jika bukan menggunakan oatmeal sebagai bahan alami. Kamu wajib membaca cara penggunaan setiap produk buatan oatmeal dan usahakan untuk membaca beberapa larangan produk jika ada. 

Umumnya oatmeal dikenal sebagai bahan yang aman dan ringan untuk kulit, bahkan dapat digunakan pada kulit bayi yang lembut sekalipun. 

Bagaimana cara pakai oatmeal untuk wajah? 

Jika hendak diaplikasikan pada wajah, oatmeal koloid biasanya dapat digunakan sebagai pembersih atau masker wajah.

Selain membahas efek samping dan manfaat oatmeal untuk wajah, kamu juga dapat menyimak cara pemakaian oatmeal untuk wajah berikut ini:

Pembersih wajah dari oatmeal koloid 

  • Campur setengah cangkir oatmeal koloid mentah dengan sepertiga cangkir air mendidih 
  • Aduk secara merata untuk membentuk pasta kental 
  • Oleskan pada wajah lalu pijat pelan 
  • Bilas dengan air hangat dan lap wajah hingga bersih 

Masker wajah dari oatmeal koloid 

  • Campurkan 1/2 cangkir oatmeal koloid, 1 butir telur, 1 sdm minyak almond, setengah buah pisang yang sudah tumbuk, dan 1 sdm madu ke dalam wadah
  • Aduk hingga tercampur rata semua bahan 
  • Oleskan masker secara menyeluruh pada wajah
  • Biarkan selama 15 menit 
  • Bilas dengan air dan lap wajah hingga bersih 

Jika kamu tidak memiliki bahan-bahan lain di atas, kamu dapat menggantinya dengan mencampurkan susu cair bersama oatmeal koloid.

Share artikel ini
Reference