cara mencari topik pembicaraan

Apakah kamu merasa bingung untuk memulai topik pembicaraan? Entah itu dengan orang baru, orang tua, sahabat, sahabat, atau pasangan. Tenang, kamu tidak sendirian.

Mengetahui cara memulai percakapan adalah keterampilan sosial yang berharga. Apakah kamu ingin mengesankan klien potensial, memulai percakapan dengan crush, atau mengobrol dengan kenalan baru, mengetahui cara memulai percakapan dapat membantu kamu merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam berbagai situasi sosial.

Jangan ragu untuk memulai percakapan dengan orang lain. Berikut adalah berbagai cara mencari topik pembicaraan yang menarik untuk lawan bicara kamu.

Cara memulai pembicaraan tanpa menyinggung topik sensitif

hubungan yang sehat

Ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk memulai percakapan dengan seseorang, di antaranya

1. Hiburan dan seni

Ini adalah topik pembicaraan yang menarik untuk anak laki-laki dan perempuan. Kamu dapat mendiskusikan buku, musik, film, atau restoran, bertukar rekomendasi dan pendapat tentang topik yang dibahas.

Namun, jika lawan bicara kamu belum membaca buku atau menonton film yang dimaksud, tidak perlu terlalu detail. Cari bahan obrolan alternatif yang kamu berdua sukai.

Rekomendasi Drama Korea Rating Tertinggi Yang Wajib Kamu Tonton

2. Makanan

Contoh topik pembicaraan ini juga menjadi favorit karena banyak yang menyukainya. Berbicara tentang rekomendasi makanan atau kuliner seru di restoran legendaris di beberapa kota membuat suasana supaya lebih santai.

Tak sebatas rekomendasi kuliner, materi pembahasan seputar makanan juga bisa mencakup gaya hidup sehat.

Namun, ada baiknya untuk terus membicarakan topik-topik positif dan menghindari keluhan tentang makanan yang tidak kamu sukai.

3. Hobi

Cara mencari topik pembicaraan yang selalu menarik adalah tentang hobi. Tidak harus hobi yang sudah lama ditekuni, bisa juga dengan hal baru yang sedang dicoba.

Saat mendengarkan orang lain berbicara tentang hobinya, pastikan untuk mengajukan pertanyaan lanjutan agar percakapan tetap mengalir.

4. Kampung halaman

Kamu juga dapat mengangkat topik seputar tempat asal atau tempat tinggal kamu saat berbasa-basi.

Bisa jadi dengan membandingkan situasi dulu dan sekarang atau mengapa kamu memutuskan untuk merantau. Siapa tahu ada kesamaan antara orang lain dan kamu yang membuat percakapan semakin menarik. Selain itu, kamu juga bisa saling bercerita masa kecil kamu di kampung halaman untuk saling tahu satu sama lain.

Baca juga:

Tips ngobrol dengan gebetan

rebound relationship

Terkadang, mengobrol dengan gebetan memang susah-susah gampang. Namun, tak dipungkiri bahwa topik pembicaraan penting bagi pasangan. Sebab, hal itu bisa membantu mempererat ikatan sebuah hubungan.

Berikut adalah beberapa cara menemukan topik yang menyenangkan untuk dibicarakan dengan pasangan kamu.

1. Membicarakan hal-hal terbaru di media sosial

Cara mencari topik pembicaraan bisa di mana saja, termasuk di sekitar kamu. Membicarakan hal-hal terkini yang sedang hangat dibicarakan bisa membuat kamu dan pasangan terlibat dalam suasana diskusi yang menyenangkan.

Kamu bisa dengan mudah mencari berbagai topik apa saja di media sosial baik yang kamu dapat dengan mudah menemukan topik obrolan terbaru dari media sosial. Mendiskusikan apa yang sedang tren dan mengeksplorasi perspektif satu sama lain dapat membantu kamu dan pasangan untuk saling memahami.

2. Tanyakan bagaimana harinya

Menurut terapis keluarga dan konselor perkawinan, topik percakapan sederhana seperti ini memungkinkan seseorang membicarakan apa yang berhasil dan tidak berhasil sepanjang hari. Ini dapat memperkuat koneksi dan menghibur satu sama lain jika hari tidak berjalan seperti yang diharapkan.

3. Bicara tentang hobi baru

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melakukan hobi baru dengan sangat antusias. Dengan topik seperti ini, hidup tidak lagi terasa monoton atau membosankan.

Kamu dan pasangan bisa menemukan hobi yang sama-sama disukai atau hobi masing-masing. Either way, itu bisa menjadi topik pembicaraan yang menyenangkan.

4. Rencanakan masa depan

Bagi pasangan yang berencana memasuki jenjang yang lebih serius, cara mencari topik pembicaraan yang menarik juga bisa mengenai masa depan.

Apa yang akan kalian lakukan dalam jangka pendek hingga jangka panjang bersama, tujuan atau impian apa yang ingin kalian kejar, apa yang akan kalian lakukan ketika sudah mencapai level yang lebih serius, dan seterusnya.

Senang rasanya bisa berbagi impian, harapan, dan impian bersama pasangan. Selain itu, bahan percakapan seperti ini membuat Kamu dan pasangan tidak berkutat pada rutinitas sehari-hari.

Apa Sajakah Ciri Komunikasi yang Sehat Di antara Pasangan Suami Istri?

5. Jujurlah satu sama lain

Cara mencari topik selanjutnya adalah dengan bermain truth tanpa dare bersama pasangn. Jika kamu ingin lebih mengenal pasangan kamu, cobalah memainkan permainan seperti kebenaran atau tantangan, tetapi tanpa tantangan.

Jadi, lakukan saja yang sebenarnya, yaitu saling menanyakan pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur. Dengan demikian, kamu bisa saling mengenal lebih dekat dengan pasangan.

Penyebab obrolan jadi membosankan

Jika kamu merasa bosan dengan obrolan, mungkin ada sesuatu yang terjadi. Ini dia berbagai alasan mengapa obrolan kamu menjadi membosankan, di antaranya:

1. Mungkin kamu tidak tertarik dengan orang yang kamu ajak bicara

Ketika benar-benar ingin tahu dan sangat tertarik untuk mengenal orang yang diajak bicara, tidak perlu bersusah payah mengajukan pertanyaan yang acak, mencari sesuatu yang membuat lawan bicara tertarik.

Apa pun alasannya, jika kamu tidak dapat mengerahkan minat yang tulus, percakapan akan terasa membosankan dan tidak memuaskan bagi kamu pada akhirnya.

2. Salah satunya adalah pendengar yang buruk

Banyak orang adalah pendengar yang buruk, meskipun banyak dari orang-orang ini berpikir sebaliknya tentang diri mereka sendiri. Tidak ada yang mengalah satu sama lain hanya untuk mendengar cerita secara bergiliran dan memahami satu sama lain. Hanya berpegang teguh pada ego masing-masing cerita.

3. Topik pembicaraan kurang menarik

Topik yang kurang menarik bagi lawan bicara kamu juga bisa menjadi salah satu penyebab percakapan kamu menjadi membosankan. Tidak ada topik seru yang melibatkan lawan bicara, mungkin kamu perlu mendalami topik pembicaraan apa yang disukai lawan bicara.

Sebenarnya mencari topik pembicaraan yang menarik untuk kamu diskusikan bisa lebih beragam. Jangan terjebak dalam obrolan yang dangkal dan sensitif.

Share artikel ini
Reference